Trik Membelah Atau Mengupas Batok Kelapa Dengan Mudah

Trik Dan Cara Mengupas Batok Kelapa

Kelapa yang dari sabang sampai dengan marauke selalu ada kelapa dimana mana, apalagi tinggal di daerah yang dekat dengan pantai dan laut, pasokan kelapa tak akan menjadi sulit untuk daerah lainnya Mulai dari kulit, daun, batok dan daging juga semua nya bisa dimanfaatkan oleh para masyarakat Indonesia. Kelapa yang masih utuh gelondongan biasanya tekstur nya sangat keras dan berat.

Kulit nya yang begitu tebal dan ukuran buah nya yang hanya segenggam tangan orang dewasa pun bisa lebih besar lagi sebanyak dua kali lipat,  dan sekarang kita akan lanjut ke pembahasan cara mengupas batok kelapa tua dengan benar.

Ada kelebihan lain yang dimiliki oleh kelapa yaitu bisa dijadikan sebagai cocopeat, kalian juga harus lebih tau cara membuat cocopeat dan bagi kalian yang ingin memulai bisnis sabut kelapa.

Baca Juga: Permainan Egrang Dari Batok Kelapa

Mengupas batok kelapa tua.

Kebanyakan orang orang lebih suka kelapa muda, yang karena air nya lebih banyak  dan lebih segar daging nya pun enak dan lembut. Dari kelapa tua mungkin kamu Cuma bisa dapat satu gelas besar  air kelapa tua saja. Tapi, itu kembali ke preferensi dan tujuan kita masing masing. Karena, bukan berarti kelapa tua tidak berkurang, tapi kegunaannya yang berbeda.

Berikut cara mengupas kelapa muda yang mudah, ikutilah cara ini

1.Gunakan pisau yang tajam

Kunci keberhasilan mengupas kelapa muda yakni pada penggunaan dan cara memakai pisau nya.

Pak iwan, seroang pedagang grosir kelapa muda di daerah parung, jawa barat, memberikan tips mengupas kelapa “Untuk kupas kelapa gak ad acara khusus, yang paling penting alat sama tatakan datar saja yang dibutuhkan”, kata Pak iwan

BACA JUGA  Cara Membuat Jasuke Mozarella

Mengupas kelapa harus menggunakan golok ataupun pisau yang tajam. Membuka buah kelapa tidak bisa hanya menggunakan pisau dapur biasa. Pada dasar nya, mengupas kelapa di mulau dari bagian atas kelapa.

Cara pertama, tancapkan golok secara miring di bagian atas kelapa. Jika sudah, lakukan hal yang sama pada sekeliling atas kelapa hingga bagian atas bisa datar dari kulit kelapa hijau

Setelah tahap berikut, kamu bisa di lanjutkan tahap berikut nya tetapi tergantung dengan olahan kelapa yang kamu inginkan. Jika kamu mengupas kelapa langsung di minum, pak iwan menyarankan untuk membalik posisi kelapa, bagian atas menjadi bawah dan mengupas bagian bawahnya dengan berhati hati.

Kupas kelapa secara melingkar pada bagian bawah hinga kelapa menunjukan air yang bisa di minum. Lalu kamu bisa menyantap langsung air kelapa nya, lain dengan hal nya jika kamu ingin mengambil semua isi air dan daging kelapa

“Kupas sembarang juga tidak masalah, kalua mau langsung ambil dagingnya , tetapi hati hati”

Kamu bisa menancapkan golok atau pisau secara vertical atau tegak mulai lah dari bagian atas kelapa. Selanjutnya lakukan pada sisi sebelah nya hingga sabut kelapa bisa di ambil. Jika sabut sudah membentuk ruang hingga batok kelapa terlihat kamu pun dapat menyelesaikan untuk membuang semua sabut kelapa dengan tangan. Dan jangan lupa gunakan lah sarung tangan kain supaya tangan anda tidak terluka

BACA JUGA  Program Unggulan Pelatihan Pra Purnabakti untuk Pembekalan

Menurut Pak iwan, mengupas kelapa muda tidak sesulit mengupas yang sudah tua. Sabut kelapa muda lebih mudah di lepaskan dari pada kelapa tua. Jadi, waktu yang kita butuhkan pun tidak terlalu banyak.

Peringatan

Jangan pernah membuka kelapa dengan menggigitnya. Kelapa tidak akan terbuka dan gigi anda bisa patah.

Berhati hatilah ketika memukul kelapa menggunakan palu. Anda harus memukul nya dengan kuat, tetapi jangan terlalu keras agar tetap bisa mengendalikan palu, jangan sampai tangan anda terpukul palu secara tidak sengaja

Jangan memasukan kelapa ke dalam oven apabila air nya belum di buang. Jika di biarkan terlalu lama. Kelapa bisa saja meledak dan air nya berubah menjadi uap yang menciptakan tekanan tinggi di dalam oven.

Tips

  • Air di dalam buah kelapa bukan santan, tetapi air kelapa yang rasanya manis. Air ini merupakan bagian dari pertumbuhan kelapa yang warna dan rasanya akan berubah, tergantung tingkat kematangan kelapa. Santan merupakan produk yang dihasilkan dengan memeras daging kelapa yang berwarna putih, biasanya menggunakan air panas. Meskipun begitu, Anda juga bisa membuat santan sendiri.
  • Anda juga bisa membelah kelapa dengan melemparkannya pada batu. Ini membuat kelapa pecah sehingga Anda bisa mendapatkan dagingnya

Baca Juga: Cara Mengupas Batok Kelapa