Permainan Egrang Dari Batok Kelapa

Egrang Batok Salah satu permainan tradisional Indonesia yang fungsinya melatih ketangkasan dalam berjalan adalah permainan egrang. Permainan tradisional ini pun ada dua macam bahannya yaitu yang pertama ada yang menggunakan bambu  dan ada yang menggunakan batok kelapa, untuk permainan egrang batok kelapa ini. Permainan ini di mainkan menggunakan tempurung  atau batok kelapa yang diberi tali yang fungsi nya sebagai pengaman.

Asal Usul Permainan Egrang Batok

Permainan Egrang Batok kelapa asalnya dari Sulawesi Selatan. Akan tetapi, permainan ini juga terkenal di daerah lainnya, seperti di kalangan masyarakat suku Bugis. Mereka menyebut permainan ini dengan nama “majjeka.” Sementara itu, di Bogor permainan ini dinamakan “bakiak batok.”  Di daerah jawa, permainan ini disebut “jejangkungan”. Egrang kini sudah berkembang pesat  dan sudah menjadi salah satu permainan tradisional khas Indonesia, egrang batok sudah menambah kekayaan tradisional di Indonesia.

Cara Membuat Egrang Batok

Untuk bermain egrang batok diperlukan batok atau tempurung kelapa yang diberi tali. Cara membuatnya adalah dengan menyiapkan 2 batok kelapa yang telah dibersihkan. Kemudian bentuk batok kelapa menjadi setengah lingkaran. Setelah itu, amplas batok kelapa hingga halus dan bersih dari serabut kelapa. Buat lubang di bagian tengah batok kelapa lalu masukkan tali yang telah disiapkan. Gunakan tali yang kuat dan tak membuat gatal ketika dipegang. Masukan lah tali ke setiap lubang di tiap bagian batok yang sudah di lubangi, kemudian ikat mati di kedua lubang tersbut. Jangan lupa untuk menyesuaikan panjang tali dengan tinggi tubuh pemain.

BACA JUGA  Tips Menggunakan Mesin Print Expired Date untuk Mencetak Label

Cara Bermain Egrang Batok

  1. Naik ke atas batok kelapa kemudian jepit tali di antara jari jari kaki.
  2. Pegang lah tali egrang dengan erat erat kemudian mulailah berjalan

 

Untuk Bermain egrang secara berkelompok , biasanya aka nada ada lomba adu cepat sampai garis finish atau garis akhir.

 

  1. Buat dahulu garis awal atau start lalu buat lagi garis finish
  2. Setiap pemain akan berada di belakang garis dengan posisi sudah menginjak batok.
  3. Ketika orang yang bertugas menjadi wasit lalu sang wasit meniup peluit makan perlombaan sudah dimulai dan semua pemain berlari menuju garis finish.
  4. Pemenangnya adalah yang berhasil mencapai garis akhir terlebih dulu.
BACA JUGA  4 Tips Sederhana Memutihkan Kulit Badan Menyeluruh Secara Alami

Manfaat Bermain Egrang Batok

  1. Melatih kemampuan kinestetik
  2. Melatih konsentrasi
  3. Melatih kekuatan otot keseimbangan
  4. Bagus untuk pertumbuhan fisik
  5. Menumbuhkan sikap sportif, toleransi, disiplin dan jiwa sosial