Mengenal Serat Sabut Kelapa yang Jarang Diketahui

Pada artikel yang satu ini kita akan belajar bersama yaitu tentang Mengenal Serat Sabut Kelapa yang jarang diketahui. Karena jarang orang yang tau tentang kegunaan serat sabut kelapa ini, orang hanya menggunakan sabut kelapa untuk bahan bakar, sebenrnya funsi sabut kelapa lebih dari hanya sekedar menjadi bahan bakar berikut ini informasinya.

Mengenal Serat Sabut Kelapa

Sabut adalah bagian dari mesocarp (selimut) yang berupa sabut kelapa kasar. Sabut yang biasa disebut limbah ini hanya ditimbun di bawah tegakan kelapa kemudian dibiarkan membusuk atau mengering. Sebagian besar digunakan untuk kayu bakar.

Secara tradisional, orang mengolah sabut menjadi tali dan menganyamnya menjadi air terjun. Padahal sabut kelapa masih memiliki nilai ekonomi yang baik. Ketika sabut kelapa terurai, dihasilkan serat sabut (cocofiber) dan serbuk sabut (cococoir).

Namun, produk utama sabut adalah serat sabut. Beragam produk turunan akan muncul dari produk cocoafiber yang manfaatnya luar biasa. Di banyak negara, termasuk Indonesia, sabut kelapa diolah menjadi pupuk tanaman.

Manfaat Serat Sabut Kelapa

Ternyata masih ada bagian lain dari kelapa yang bisa dimanfaatkan, yakni sabut kelapa. Meski termasuk jenis limbah, namun manfaat sabut kelapa bisa dimanfaatkan dalam banyak hal. Apa saja manfaat sabut kelapa? Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Membuat sapu ijuk

Sapu ijuk seolah menjadi semacam peralatan rumah tangga yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan bersih-bersih ibu rumah tangga atau pembantu rumah tangga. Ya, sapu ijuk merupakan salah satu jenis sapu yang salah satunya dibuat dengan memanfaatkan limbah yang diperoleh dari pengolahan kelapa yaitu sabut kelapa.

Manfaat sabut kelapa kering biasanya akan diolah dengan cara ini. Pada akhirnya akan membentuk serat-serat tipis yang diikat dan disatukan membentuk sapu ijuk yang sering kita gunakan sehari-hari.

2. Media Pembakaran Pengganti Kertas

Mereka yang sering membuat arang dari sabut kelapa juga harus sering menggunakan sabut kelapa untuk membakar sabut kelapa. Anda juga bisa melihat aktivitas pemanfaatan sabut kelapa sebagai alat pembakaran di restoran Padang sebagai alternatif kertas. Hal ini dikarenakan sifat sabut kelapa yang mudah terbakar dan dapat menimbulkan kebakaran yang baik.

BACA JUGA  7 Gerak Cara dalam Senam Irama, Ada Looppas sampai Galoppas

3. Pembuatan pupuk organik

Siapa sangka, ternyata manfaat sabut kelapa bisa diolah dan juga dijadikan sebagai salah satu jenis pupuk organik. Terbuat dari sabut kelapa, pupuk organik ini mampu mengekstraksi air 60% lebih banyak daripada pupuk biasa. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat bagi daerah yang curah hujannya lebih sedikit atau daerah yang mengalami kekeringan.

Selain itu, sabut kelapa juga mengandung unsur hara dan mineral yang sangat bagus untuk pertumbuhan tanaman, sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk organik.

4. Menetralisir bau air dan semen pada kolam ikan yang dibuat

Bagi para pengusaha ikan baik itu ikan hias maupun ikan yang dipelihara di kolam semen, sabut kelapa sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Ya, sabut kelapa sering digunakan untuk menetralkan kadar air di kolam yang baru dibangun, dan juga digunakan untuk menghilangkan bau semen dari kolam.

5. Pembuatan Briket Ramah Lingkungan

Ternyata, sabut kelapa juga memiliki manfaat yang besar untuk membuat briket. Selama ini seperti yang kita ketahui briket hanya terbuat dari batu bara, namun ternyata briket juga bisa diolah dan dibuat dari limbah, salah satunya sabut kelapa.

Hal ini tentu menjadi temuan yang menarik, karena selain ramah lingkungan, biaya produksi pembuatan briket akan jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan batu bara.

6. Membuat Kerajinan Tangan

Indonesia merupakan negara dengan berbagai suku bangsa. Selain berbagai suku bangsa tersebut, Indonesia juga memiliki berbagai kerajinan tangan yang unik dan menarik. Salah satu kerajinan tangan yang menarik adalah pemanfaatan sabut kelapa yang dibuat menjadi bentuk tas, dompet, serta bentuk hiasan dan pajangan lainnya.

BACA JUGA  Cara Menanam Rumput Gajah Mini

7. Membuat Jaring Kakao

Cocoa Net merupakan salah satu bentuk olahan manfaat sabut kelapa dalam bentuk jaring. Jaring kelapa ini biasa digunakan untuk mencegah terjadinya longsor pada daerah yang terdapat anak tangga, sehingga dapat mengurangi terjadinya longsor pada suatu daerah.

8. Sama seperti bahan dan pelapis tempat tidur pegas

Bagi Anda yang belum tahu, banyak jenis jok dan spring bed alias ranjang yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar yang diolah dari sabut kelapa. Ya, sabut kelapa sebagai sabut kelapa diolah terlebih dahulu menjadi serat kakao.

Kemudian menjadi satu sebagai lembaran, kemudian dipasok ke pabrik jok mobil atau pabrik spring bed dan kemudian dijual di pasar.

9. Membuat Keset

Manfaat lain dari sabut kelapa yang perlu Anda ketahui, dan mungkin sudah Anda ketahui, adalah digunakan sebagai keset. Tikar ini mengandung bahan baku yang hampir sama dengan sapu ijuk dan ijuk. Biasanya tikar yang terbuat dari sabut kelapa disimpan di luar rumah.

10. Membuat Cocomesh

Cocomesh adalah sabut kelapa yang sangat bagus untuk membantu dalam proses reklamasi tambang, pantai atau hutan. Sabut kelapa memiliki sifat bahan sabut kelapa yang mampu menyimpan air dalam jangka waktu yang lama sehingga meningkatkan permukaan tanah dengan bahan untuk mempertahankan kelembaban.

Mampu mempengaruhi struktur tanah sehingga lebih mudah ditanam dengan biji atau semai, apalagi kokomesh sebagai pengganti tanah saat menanam benih atau bibit tanaman.

(Bagi anda yang sedang mencari cocomesh anda dapat menemukanya di Rumah Sabut, di dalam Rumah Sabut juga terdapat alat lainya yang dapat membantu pekerjaan anda)

Nah itulah tadi informasi yang dapat saya bagikan tentang mengenal serat sabut kelapa, semoga bermanfaat.