Cara Memberi Pakan Lele Yang Benar dan Tepat

Cara memberi pakan lele – Salah satu aspek kebersihan ternak lele merupakan proses pemberian pakan. Proses pemberian pakan juga berpengaruh dengan kualitas air, meratanya pertumbuhan ikan, dan tingkat kematian. Beberapa hal ini berkaitan dengan pemberian pakan ternak lele yang dipelihara.

 1. Berilah Pakan Secara Teratur

Cara Memberi Pakan Lele

Pemberian pakan ikan lele lebih baik dilakukan secara teratur. Tentukan kapan dan berapa kali dalam sehari waktu pemberian makan. Minimal dua kali. Misalnya dalam sehari dilakukan 2 kali, pagi dan sore, atau 3 kali, pagi, siang, dan malam.

Untuk pemberian pakan 3 kali sehari, waktunya pagi hari dapat dilakukan di jam 8 sampai jam 9, siang antara 1 sampai dan malam jam di antara jam 8 sampai jam 9. Dari pengalaman, jika pemberian pakan dilakukan terlalu pagi, lele kurang akan nafsu makanya.

2. Sesuaikan Dengan Ukuran Pelet

Cara Memberi Pakan Lele

Di pasaran beredar pelet ikan lele dalam berbagai aneka macam ukuran, sesuaikan dengan ukuran untuk setiap masa pertumbuhan pada ikan lele. Mulai dari pelet yang kecil lalu secara bertahap dinaikkan ukurannya menjadi pelet ukuran yang lebih besar. Pelet yang besar dapat menyulitkan ikan lele untuk makan.

3. Basahi Pelet Sampai Mengembang

Lele termasuk jenis ikan yang akan rakus dan sangat suka dengan makan. Untuk menghindari terlalu banyak makanan yang masuk ke perutnya, lembabkan pelet dengan cara diperciki air atau basahi pelet menggunakan air secara merata lalau diamkan beberapa menit agar volume pelet mengembang. Lele akan makan jumlah pelet lebih banyak dalam kondisi pelet ditebar kering dibandingkan jika pelet di basahi air terlebih dulu.

BACA JUGA  Manajemen Produksi Kentang Stick

Pelet kering nantinya dapat mengembang di dalam perut ikan lele. Sehingga perut lele akan menjadi sesak dan dapat mengganggu kesehatan lele hingga timbulnya kematian. Ikan yang kekenyangan salah satu indikatornya merupakan menggantung diam dalam posisi miring di bawah permukaan air.

4. Tambahkan Probiotik

Lebih baik selain dibasahi, pakan ikan juga dicampur dengan probiotik dan vitamin. Satu paket botol yang berisi dua dapat kalian beli dengan mudah di toko makanan ikan. Selain baik bagi ikan, probiotik juga dapat menjaga kualitas air dan menguraikan sisa-sisa bahan organik dalam kolom sehingga tidak dapat mengganggu kesehatan ikan.

5. Beri Makan Secukupnya

Pemberian pelet ikan dilakukan dengan penebaran secara berangsur-angsur, jangan sesekali kalian masuk atau lempar ke dalam kolam, sekiranya ikan tidak akan bernafsu lagi mengejar makanan, penebaran pakan segara dihentikan. Hal ini dilakukan agar dapat menghindari banyaknya pelet tersisa yang akan tenggelam di dasar kolam dan dapat mempengaruhi kualitas air kolam. Terlebih lagi pemberian pakan tambahan yang bersifat langsung tenggelam ke dasar air kolam seperti bekicot dan keong. Air kolam yang terlalu banyak tersisa pakan ikan akan turun akan kualitasnya secara drastis. Sisa makanan dapat mengakibatkan perubahan pH pada air dikarenakan membuat air akan bersifat asam.

Kuantitas pemberian pakan pada pagi hari, siang dan malam hari dapat berbeda, biasanya pada waktu malam, nafsu akan makan lebih tinggi dan makan dalam jumlah yang lebih banyak.

BACA JUGA  Hastag Tiktok Agar Cepat Fyp - Simak Cara Berikut

6. Tebarkan Secara Merata

Tebarkan pakan ikan secara merata, terutama pada kolam yang tingkat kepadatan tinggi. Kepadatan kolam yang tinggi akan menyulitkan ikan bergerak menggapai pakan, dengan tebar secara merata diharapkan semua ikan akan mendapatkan jatah makanannya. penebaran yang tidak merata akan mengakibatkan banyak ikan lele yang mempunyai ukuran yang terlalu jauh berbeda.

7. Jaga Kondisi Kolam Tetap Tenang

Setelah pemberian pakan, jaga kondisi kolam tetap tenang dikarenakan pakan tidak dimuntahkan keluar kembali oleh ikan. Hindari aktivitas yang mengejutkan dan dapat mengganggu acara pencernaan makanan oleh ikan seperti pergantian air, melemparkan sesuatu dengan keras ke dalam kolam seperti penaburan kapu atau garam, atau memasukkan jaring untuk menangkap beberapa ikan dalam kolam.

Dan itulah dia pembahasan tentang cara memberi makan lele, semoga artikel saya dapat membantu kalian dalam memberi pakan pada lele. Bagi kalian yang mau tahu tentang mesin pelet ikan kalian bisa klik link yang berwarna. Semoga bermanfaat!.