Pembuatan Keset Sabut Kelapa yang Mudah

Mungkin masih ada yang belum tahu cara pembuatan keset sabut kelapa bukan?.Nah,maka dari itu perhatikan pembuatan keset sabut kelapa berikut.Sebelum ke penjelasannya simak baik-baik pengertian keset dan sabut kelapa berikut ini Yaa.

Pengertian Keset

Keset adalah alat pembersih yang terbuat dari serat atau serat kaku yang biasanya dilekatkan atau direkatkan dalam satu bagian tipis.

Bentuk keset hampir selalu berubah, mulai dari bahan kain, bulu bawah, tali, benang hingga ikat dari serat alam. Awalnya, keset memiliki bentuk persegi panjang, tetapi bentuk aslinya bervariasi dalam berbagai bentuk dan digunakan untuk kaki seperti biasa. Keset yang bisa diikat bisa dibingkai seperti kayu agar tahan lebih lama, baik yang terbuat dari karet maupun atom.

Pengertian Sabut Kelapa

Sabut kelapa merupakan bagian dari mesocarp (selimut) yang berupa serabut kelapa kasar. Kelapa biasa disebut limbah yang hanya ditumpuk di bawah tegakan kelapa dan kemudian dibiarkan membusuk atau kering. Sebagian besar digunakan untuk kayu bakar. Secara tradisional, masyarakat mengolah kelapa menjadi tali dan menganyamnya menjadi kesed.

Padahal kelapa masih memiliki nilai ekonomi yang baik. Saat terurai, kelapa akan menghasilkan sabut kelapa (coconut fiber) dan kelapa bubuk (coconut fiber). Namun, produk inti dari kelapa adalah sabut kelapa. Produk sabut kelapa akan menghasilkan berbagai macam produk turunan yang manfaatnya sangat luar biasa. Di beberapa negara, termasuk Indonesia, kelapa diolah menjadi pupuk tanaman.

BACA JUGA  Walaupun Krisis Karna Pandemi, Tren Pencarian Rumah Secara Online Tetap Tumbuh

Langsung saja kita ke pembahasannya yaitu : Pembuatan Keset Sabut Kelapa,Nah bagi kalian yang baru memulai bisnis cocomesh jaring sabut kelapa.wajib untuk membaca artikel ini.

Pembuatan Keset Sabut Kelapa

Pembuatan Keset Sabut Kelapa

Peralatan dan Bahan yang dibutuhkan :

  • Sabut Kelapa
  • Palu
  • Pisau/Gunting besar buat finishing

Proses Pembuatan :

  1. Siapakan tepat buat menganyam sabut (bisa dengan tiang memanjang)
  2. Siapkan tali yang akan dijadikaan alur untuk di anyam.
  3. Anyam sabut kelapa (seperti menenun), masukkan dari atas, ditata sejajar sampai semua tersisi penuh.
  4. Setiap kali dapat satu baris,repatkan dengan memukul2 dari atas agar keset penuh & kuat.
  5. Rapikan dengan pisau/gunting sisa-sisa sabut kelapa.

Pembuatan Keset Sabut Kelapa yang Mudah

Bahan:

  • Sabut Kelapa
  • Palu
  • Pisau atau gunting

Cara Membuat Keset sabut kelapa:

  1. Siapkan yang tepat untuk menenun sabut (bisa dengan tiang yang memanjang)
  2. Siapkan tali yang akan menjadi alur untuk menenun.
  3. Anyaman sabut kelapa (seperti tenun) dari atas, disusun sejajar sampai semuanya penuh.
  4. Tiap kali mendapat antrean, tolak dengan pukulan dari atas agar matras penuh & kuat.
  5. Potong dengan pisau / gunting sisa sabut kelapa.
BACA JUGA  Cara Konsumsi Vco Untuk Diet

Fungsi Keset Sabut Kelapa

Pembersih

Kelapa dapat membersihkan telapak kaki lebih bersih dibandingkan tikar bahan lainnya karena sabut kelapa dapat membersihkan kotoran pada kaki secara maksimal karena berupa ijuk di sela-sela jari kaki.

Bahan baku sudah tersedia

Karena bahan baku sabut kelapa adalah sabut kelapa kering yang mudah ditemukan, tikar kelapa ramah dan mudah ditemukan di kios kecil di sebelah kanan.

Tidak berubah warna

Tikar kelapa terbuat dari bahan alami, jadi warna yang diberikan adalah warna asli kelapa, jadi kita tidak perlu khawatir warnanya akan memudar atau luntur.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mencari mesin-mesin untuk pembuatan cocomesh jaring sabut kelapa, kunjungi situs web rumah mesin

Nah,itulah tadi pembuatan keset sabut kelapa yang bisa anda coba di rumah sebagai peluang usaha.Semoga bermanfaat bagi anda dan orang”di sekitar.Terima kasih telah membaca artikel ini.Sampai jumpa di artikel yang selanjutnya Yaa!.