Cara Merawat Ikan Gurame yang Mudah Untuk Pemula

Mungkin dari kita masih ada yang belum tahu cara merawat ikan gurame bukan?.Nah,maka dari itu untuk Anda yang pemula,simak langkah-langkah cara merawat ikan gurame yang mudah untuk pemula berikut.sebelum ke penjelasan, simak baik-baik pengertian/mengenal ikan gurame berikut ini Yaa.

Mengenal Ikan Gurame

Gurame (Osphronemus gouramy) merupakan jenis ikan air tawar yang populer sebagai ikan konsumsi di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Selain itu, gurami sering dipelihara di akuarium. Selain dikenal sebagai gurami, ikan ini juga memiliki beberapa nama lokal seperti ikan gurame, grameh, kaloi, kali dan lain-lain.

Cara Merawat Ikan Gurame

Cara Merawat Ikan Gurame

Cara merawat gurame yang mudah untuk pemula,berikut ini cara merawat ikan gurame untuk pemula ada dua jenis ikan gurame yaitu ikan gurame dewasa dan anakan gurame.berikut cara merawat ikan gurame dewasa:

Merawat Ikan Gurame Dewasa

1. Air tenang untuk ikan gurame

Jika ingin memelihara ikan gurame, maka ada baiknya jika memperhatikan kesiapan menyediakan tempat tinggal bagi ikan-ikan tersebut, tidak ribet, namun patut diingat. Saat ini, jika Anda benar-benar ingin membudidayakan ikan ini, ada baiknya Anda mencari air yang tenang terlebih dahulu untuk ikan yang satu itu agar ikan gurame yang Anda budidayakan akan nyaman tinggal.

2. Suhu air yang tepat untuk ikan Gurame

Sebagai salah satu jenis ikan air tawar, sebenarnya beberapa akan membutuhkan suhu yang tepat di kolam Anda agar tetap nyaman, apalagi jika Anda sudah siap menyediakan kolam Anda sebagai tempat tinggal. Untuk saat ini, ikan mas sebenarnya bisa hidup di kolam dengan suhu antara 24-28 derajat Celcius, sehingga tidak melaporkan suhu kolam di bawah suhu tersebut.

3. Perhatikan asupan protein ikan ini

Ikan gurame memang merupakan ikan yang menawan, bahkan mampu hidup hingga umur yang cukup panjang, yang menjadi keunggulan saat membudidayakan ikan jenis ini.Anda juga dapat membuat asupan proten berupa pelet menggunakan mesin giling sekam Jika Anda memang ingin membudidayakan ikan ini, sebaiknya perhatikan asupan protein ikan ini, karena ikan ini tidak hidup di alam liar, Anda perlu berhati-hati.

4. Ikan ini juga membutuhkan oksigen yang cukup

Beberapa orang sering melakukan kesalahan, terutama saat hendak membudidayakan ikan mas, terutama di area yang dijadikan kolam. Untuk saat ini, jika Anda benar-benar ingin membudidayakannya, coba perhatikan apa yang membuat ikan Anda hidup dengan baik, yaitu dengan mendapatkan oksigen yang cukup ke kolam Anda.

Cara Merawat Anak Ikan Gurame

1. Pindahkan telur ke dalam wadah

Saat anda membudidayakan ikan gurame tentunya anda akan berada disana,sementara ikan yang anda hasilkan memiliki bayi atau telur yang telah berhasil dilepaskan dari tempat pemijahan. Tentu saja, Anda tidak ingin telur gagal saat dikeluarkan bukan?, salah satu cara untuk memastikan Anda tidak gagal adalah dengan memasukkannya ke dalam wadah khusus.

2. Coba pisahkan telur dari sarangnya

Setelah Anda memasukkannya ke dalam wadah, cara lain yang bisa Anda lakukan cukup mudah yaitu Anda bisa memisahkan telur dari sarangnya. Perlu Anda ketahui bahwa telur yang Anda pisahkan dari sarangnya dapat mempercepat proses pertumbuhan ikan sehingga nantinya ikan yang Anda miliki akan lebih diuntungkan.

3. Masukkan kembali ke dalam air bersih

Pemisahan telur dari sarangnya harus dilakukan dengan sangat hati-hati agar telur yang Anda pegang tidak pecah saat Anda memisahkannya. setelah proses pemisahan selesai, coba pindahkan telur yang sudah dipindahkan dipindahkan, Anda bisa mencoba memasukkannya kembali ke dalam wadah dengan air bersih.

4. Berikan cairan tambahan

Setelah membersihkan telur dari sarangnya, meski dengan proses yang agak lama, karena penuh dengan perhatian. Jadi setelah jaraknya ke air yang jauh lebih bersih, Anda dapat mencoba memasukkan suplemen Anda ke dalam wadah yang berfungsi sebagai ruang hidup. Sehingga nantinya ikan yang anda miliki akan selalu terpelihara dengan baik.

5. Masukkan telur ke dalam udara dengan oksigen dan pemanas

Karena wadah yang Anda siap menerima suplemen, langkah selanjutnya adalah memasukkan oksigen ke dalam wadah yang sudah disiapkan.

Suplemen dapat mencegah perkembangan larva ikan, sehingga dengan memberikan oksigen dan pemanasan, Anda dapat juga meningkatkan potensi pertumbuhan benih yang dikembangkan.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mencari mesin-mesin untuk keperluan tertentu, kunjungi situs web  rumah mesin.

Nah,itu tadi cara merawat ikan gurame untuk pemula yang mudah.semoga bermanfaat bagi Anda dan orang di sekitar.terima kasih telah membaca artikel ini,dan sampai jumpa di artikel yang selanjutnya Yaa!.