Pengertian SEO OFF PAGE, Manfaat dan Keuntungannya!

SEO itu sendiri terdiri dari 2 tipe dalam pengoptimalan hasil tujuan pencarian yaitu On Page dan Off Page. Tujuan utama dari SEO yaitu menaikkan traffic dan page ranking dimesin telusur. Tetapi apakah anda sudah mengetahui pengertian SEO OFF PAGE? Pada artikel berikut akan dibahas mengenai pengertian SEO OFF PAGE, manfaat dan keuntungannya.

 

Pengertian SEO OFF PAGE

SEO OFF PAGE adalah optimasi yang difokuskan secara eksternal atau dari luar website. Dalam melakukan optimasi SEO, pembenahan website secara internal saja tidaklah cukup. Anda perlu menerapkan SEO OFF PAGE untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dalam meningkatkan score website di Google.

Ada banyak faktor eksternal yang dapat membantu Anda dalam melakukan optimasi SEO. Namun, masih ada banyak orang yang sering melakukan kesalahan dan berpikir bahwa SEO OFF PAGE hanya berbicara mengenai link building saja. Tetapi nyatanya, ada berbagai macam penerapan SEO OFF PAGE yang dapat Anda lakukan.

 

Manfaat SEO OFF PAGE

1. Meningkatkan Peringkat di Pencarian Google

Dengan menggunakan SEO off-page, penyebaran mesin pencari Google meningkat sehingga akan membuat website muncul di halaman utama Google. Semakin baik teknik yang Anda gunakan, semakin cepat posisi website Anda di pencarian Google akan meningkat.

2. Dapat Meningkatkan Peringkat Halaman Situs Web

Algoritma yang akan memberi peringkat situs web di halaman pencarian Google. Algoritma ini yang digunakan untuk memilih peringkat situs web dibandingkan dengan situs web lain secara nasional dan global. Ini juga cara untuk mengetahui seberapa populer situs web tersebut dan membandingkannya dengan situs web lain.

3. Untuk Menarik Pengunjung Website Unik

Pengunjung unik yaitu jumlah pengunjung dari IP tertentu disitus web pada waktu tertentu. Dengan banyaknya unique visitor itu akan menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan sebuah website dan juga dapat meningkatkan reputasi situs web.

Reputasi situs web yaitu catatan bagaimana peringkat situs web dihalaman pencarian Google. Untuk mengetahui reputasi sebuah website, anda dapat mengukur baik buruknya sebuah website dalam pencarian Google.

BACA JUGA  Cara Penggemukan Untuk Sapi Limosin

Sedangkan untuk SEO Off Page berkaitan dengan hal-hal di luar laman seperti backlink dan upaya pemasaran melalui kanal yang lainnya. Dua strategi ini memiliki tujuan untuk menaikkan edrank dan engagement website secara maksimal.

4. Meningkatkan Peringkat Mesin Pencari

Jika tujuan pembuatan website-mu yaitu menjaring banyak pencarian sehingga banyak pengunjung online  yang datang, maka optimasilah SEO On Page. Fokuskan pada beberapa hal yang dapat meningkatkan peringkat mesin pencari dari artikel dan SEO yang hendak diangkat di dalamnya.

Mesin pencari bisa meningkat melalui SEO Off Page dengan bantuan dan analisis dalam PageRank. Pada dasarnya, sangatlah mudah menjadikan PageRank sebagai SERP. Tingkatan dalam SERP merupakan hasil dari peringkat website ketika telah melakukan optimasi. Hasil yang maksimal bisa menjadikan website anda lebih cepat dideteksi mesin pencari, sehingga pembaca lebih mudah menangkap konten melalui Google.

Baca Juga : Apa Kegunaan SEO?

Keuntungan SEO OFF PAGE

seo

1. Memasarkan Website Lebih Luas

SEO Off Page biasanya akan memberikan bantuan untuk memasarkan website dengan menghadirkan leads atau ‘ikan-ikan’ baru pada kolam website yang sudah disiapkan. Melalui SEO On Page akan memungkinkan anda untuk menjangkau audien lebih luas melalui sarana online.

SEO Off Page juga bisa digunakan dalam email marketing produk, mengoptimalkan link buildingdomain autority, dan media sosial yang lain. Pemasaran di luar konten menjadi tanggung jawab penuh dari SEO Off Page, supaya website bisa menjamah lebih banyak pemirsa.

2. Berguna untuk Pertumbuhan Jangkauan

SEO On Page tentunya akan memberikan perhatian penuh para konten yang mudah dibaca, mudah dimengerti, dan cepat terdeteksi Google. SEO Off Page tentunya akan memaksimalkan konten dari website dengan mempromosikannya, dan menjadikan link yang digunakan memiliki kredibilitas tinggi sesuai standar SEO.

Jangkauan dalam perkembangan SEO Off Page bisa dapat anda rasakan ketika menggunakan strategi yang tepat dalam menerapkannya. Manfaatkan semau backlink yang anda ketahui, manfaatkan media sosial, dan belajar mengembangkan website. Langkah ini bisa memaksimalkan proses SEO Off Page di lamanmu.

BACA JUGA  Makanan Tahan Lama

3. Menaikkan Trafik Organik dan NonOrganik

Untuk trafik non organik biasanya masuk ke dalam tugas SEO Off Page. Banyak cara yang bisa dilakukan seperti melakukan adsense pada Google, Youtube atau media sosial lainnya. Dengan bantuan pemasaran dari SEO On Page dan SEO Off Page, diharapkan trafik pada website menjadi semakin baik, sehingga menghasilkan input yang meningkat seiring berjalannya waktu.

4. Dapat Memunculkan Keunikan Website

Untuk SEO Off Page, kinerja website akan dianalisis, kemudian dikerahkan supaya bisa mencapai hasil yang diinginkan (SERP). Semakin tinggi SERP sebuah website, maka akan semakin besar juga peluangnya untuk mendapatkan backlink dari website lainnya yang kredibel. Dengan tingginya nilai SERP, maka website anda bisa menempati laman pencarian teratas, sehingga akan menghasilkan trafik yang baik.

5. Memaksimalkan Performa Website

Proses marketing yang melibatkan SEO On Page dan SEO Off Page tentunya akan saling melengkapi satu sama lain. Oleh karena itu, memaksimalkan SEO On Page untuk menghadirkan konten yang bermutu akan berdampak yang baik untuk performanya. Tidak hanya itu saja, menyerahkan kemudi pemasaran ke luar laman dengan strategi SEO Off Page juga tak kalah pentingnya demi naiknya edrank dan engagement dengan pembaca.

Website yang memiliki performa yang cemerlang, pasti bisa semakin banyak mendatangkan manfaat, baik untuk pemilik website, maupun pembacanya.  Website yang punya banyak trafik juga bisa berkesempatan menjaring lebih banyak view dilain kesempatan. Hal ini tentu baik untuk membangun branding website supaya lebih dipercaya.

 

Itu tadi merupakan pengertian seo off page, manfaat dan keuntungannya. Semoga artikel ini bermanfaat!