Manfaat Briket Arang Tempurung Kelapa yang Harus Kamu Tahu!

Pasti kamu sudah pernah mendengar mengenai briket arang tempurung kelapa. Briket arang tempurung kelapa ini ternyata mempunyai beberapa manfaat loh. Pada artikel ini akan dibahas mengenai manfaat briket arang tempurung kelapa.

Briket arang tempurung kelapa disebut juga dengan Coconut Shell Briquette, biasanya digunakan untuk kebutuhan memasak, membakar tungku, serta bisa juga digunakan dalam proses memanggang untuk skala industri.

Briket arang tempurung kelapa ini mempunyai beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan bahan bakar konvensional lain, misalnya menghasilkan tingkat panas yang tinggi, ramah lingkungan.

Selain itu briket arang tempurung kelapa juga merupakan salah satu produk Go Green Energy. Ingin tahu lebih jelasnya? Langsung saja simak penjelasan mengenai briket arang tempurung kelapa di bawah ini.

Briket Arang Tempurung Kelapa Sebagai Energi Alternatif

Manfaat Briket Arang Tempurung Kelapa yang Harus Kamu Tahu!

Lapisan terluar dari buah kelapa, biasa disebut batok kelapa ini memang terkenal mempunyai manfaat yang lumayan besar. Itu karena batok kelapa ini men jadi bahan utama untuk pembuatan briket arang yang menjadi solusi bahan bakar alternatif yang banyak dibutuhkan saat ini.

Setelah tempurung kelapa ini diproses menjadi arang tempurung kelapa dan kemudian dibuat menjadi briket arang kelapa, ini bisa digunakan untuk pengganti bahan bakar kayu. Jadi tidak perlu lagi ada penebangan pohon untuk diambil kayunya dan dijadikan bahan bakar.

BACA JUGA  Apa itu Kode Verifikasi Berupa OTP?

Satu lagi hal yang menarik, tempurung kelapa ini harganya tergolong murah dan lebih tahan lama atau awet waktu dibakar jika dibandingkan dengan kayu.

Tidak cuma itu saja, jumlah kalori atau energi panas yang dihasilkan oleh briket tempurung arang kelapa ini juga lumayan tinggi, ini menjadikan proses memasak menjadi lebih cepat matang.

Manfaat Briket Arang Tempurung Kelapa (Coconut Shell Charcoal Briquette)

Briket arang tempurung kelapa ini biasa dimanfaatkan untuk kebutuhan memasak. Masyarakat biasanya memanfaatkan briket ini untuk memasak berbagai jenis masakan yang cara mengolahnya harus dibakar dahulu misalnya Barbeque, steak, atau yang lebih sering kita lihat yaitu sate.

Selain itu, masih di Timur Tengah, briket arang juga biasa digunakan untuk membakar pewangi ruangan. Di Eropa dan juga Amerika, briket arang tempurung kelapa ini dimanfaatkan sebagai penghangat ruangan. Tapi juga sering digunakan dalam pembakaran tungku untuk proses memasak.

Jadi, pada intinya briket adalah bahan yang bisa dibakar, biasanya dimanfaatkan sebagai bahan pengganti dari arang konvensional yang biasanya kita pakai.

Briket arang ini mempunyai beberapa macam bentuk, misalnya yaitu bentuk kotak (kubus), hexagonal, silinder, dan bundar/bulat. Tujuannya yaitu supaya mendapatkan hasil yang maksimal dari kandungan arang tersebut, serta membuat produk briketnya menjadi terlihat lebih menarik dan juga rapi.

BACA JUGA  Vendor studio podcast berpengalaman

Mesin Briket Arang

Dalam proses pembuatan briket itu memang membutuhkan beberapa mesin sesuai dengan yang dibutuhkan, meskipun banyak juga produsen yang membuat briket arang tempurung kelapa ini menggunakan cara tradisional, tapi tidak sedikit juga yang menggunakan berbagai macam mesin briket arang segala bahan.

Tujuannya yaitu untuk bisa menghasilkan briket arang tempurung kelapa yang mempunyai kualitas bagus dan tahan lama, dan juga mendapatkan sisi efisiensi dan produktivitas yang tinggi ketika proses pembuatannya.

Alat atau mesin yang biasa digunakan yaitu sebagai berikut:

1. Mesin Pengayak Arang

2. Mesin Pengecil Ukuran Arang

3. Mesin Penepung arang / Diskmill

4. Mesin pencampur adonan

5. Mesin Pengulen adonan arang

6. Mesin Pencetak briket

7. Oven Pengering briket

8. Mesin Pemotong Briket

Demikian artikel mengenai manfaat briket arang tempurung kelapa, semoga bermanfaat yaa!