Cara Mengatur Jalur Kerjasama Politeknik dengan Perusahaan

Mungkin diantara Anda masih banyak yang belum mengetahui mengenai bagaimana cara mengatur jalur kerjasama politeknik dengan perusahaan.

Jawabannya memang bisa hadir dalam berbagai macam cara. Namun yang paling umum biasanya hadir dalam bentuk bantuan program pendidikan.

Misalnya memberikan beasiswa untuk mahasiswa jurusan tertentu yang memiliki kualifikasi tinggi serta mendapatkan jaminan untuk bekerja di perusahaan yang mengajak kerjasama apabila berhasil mencapai IPK yang sudah ditentukan.

Beasiswa ada yang diberikan untuk tingkat pendidikan D3 maupun D4.

Bagaimana proses kerjasama politeknik dapat dilaksanakan?

Umumnya, jumlah peserta yang diikutsertakan dalam program ini akan disesuaikan dengan jumlah orang yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.

Jurusan yang diikutsertakan dalam program ini adalah program yang biasanya memiliki hubungan dengan bidang yang ada di perusahaan yang berpartisipasi dalam kerjasama politeknik tersebut.

BACA JUGA  Perbedaan Pemakaian Do, Does, serta Did (Kursus Bahasa Inggris)

Program pendidikan hasil kerjasama tersebut umumnya akan berlangsung selama 6 semester. Beban studi yang dibutuhkan oleh mahasiswa D3 adalah 120 SKS sementara untuk mahasiswa D4 adalah sebanyak 8 semester.

Ada juga perusahaan yang mewajibkan mahasiswa untuk magang di perusahaan mereka selama 6 bulan lamanya.

Terkadang, ada juga perusahaan yang memberikan uang saku dan bantuan kepada mahasiswa yang mengikuti program ini.

Tugas akhir dari mahasiswa yang mengikuti program hasil kerjasama politeknik ini juga umumnya perlu memiliki hubungan dengan perusahaan yang mengajak kerjasama.

Mahasiswa terbaik juga sering diberikan penghargaan oleh perusahaan yang ikut dalam kerjasama politeknik serta mendapat jaminan untuk bekerja di perusahaan tersebut setelah lulus nanti.

Bagaimana cara beasiswa diberikan kepada mahasiswa?

BACA JUGA  Pengertian Seni Budaya Dan Fungsinya

Umumnya beasiswa diberikan dengan cara ditransfer ke rekening milik mahasiswa yang bersangkutan.

Kekurangan dari program kerjasama politeknik ini adalah terkadang mahasiswa tidak bisa masuk ke jurusan yang diinginkannya dan perlu mengikuti jurusan yang sesuai dengan perusahaan yang melakukan kerjasama.

Namun, program ini tidak salah untuk dicoba terutama bisa Anda menginginkan pengalaman bekerja di perusahaan besar.

Itulah sedikit informasi mengenai cara mengatur jalur kerjasama politeknik dengan perusahaan untuk Anda yang masih belum mengetahuinya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website https://www.poliwangi.ac.id/.