Cara Membuat Arang Kayu Dengan Drum

Howdy kawan kawan semua, di artikel ini saya akan membagikan tentang cara membuat arang kayu dengan drum, nah bagi kalian yang ingin membuat arang yuk simak sampai selesai.

Cara membuat arang

cara membuat arang kayu dengan drum

A. Gunakan drum

Putuskan di mana Anda ingin menyalakan api. Anda bisa membakar kayu di halaman rumah atau di tempat yang tidak mengganggu orang lain. Periksa lingkungan sekitar ada peraturan atau tidak.
Siapkan tong logam. Gunakan drum ini untuk memuat kayu. Pilih drum yang ukurannya sesuai dengan jumlah arang yang ingin Anda buat. Gunakan tong dengan tutup anti lebur agar tetap aman saat dibakar.
Pilih kayu yang ingin Anda arang. Pilih kayu kering. Anda juga bisa menggunakan kayu ek atau ceri. Carilah toko yang menjual kayu atau minta izin untuk memotong kayu. Potong kayu menjadi potongan-potongan 4 inci.
Isi drum dengan kayu kering. Isi drum sampai penuh dengan kayu kering dan tutup rapat, tetapi tidak kedap udara.
Bersiaplah untuk menyalakan api. Beli atau kumpulkan kayu untuk membuat api yang akan bertahan 3-5 jam. Nyalakan api di lokasi pilihan Anda. Gali lubang di tengah untuk menempatkan drum. Pastikan drum ditutupi dengan kayu.
Nyalakan api. Jika Anda menggunakan kayu berukuran besar, diamkan selama 3 jam. Diamkan sampai api padam dan arang sudah dingin.
Angkat arang. Saat Anda membuka drum, Anda menggunakan arang yang sudah jadi sebagai bahan bakar untuk membuat bahan makanan atau kebutuhan Anda.

B. Penggunaan dua drum

Beli snare drum dan kick drum. Pertama, Anda perlu menyiapkan drum 30 galon dan drum 55 galon untuk menampungnya.
Buat saluran bahan bakar pada drum besar. Gunakan gergaji besi untuk membuat potongan persegi di bagian bawah kick drum. Ukurannya paling 12 ” 20 kali ” agar dapat dimasukan bahan bakar.
Buat lubang kecil di bagian bawah drum. Bagian lubang ini digunakan sebagai penghantar panas ke drum yang lebih kecil agar kayu di dalamnya dapat terbakar. Selanjutnya, buat lubang 5-6 1/2 inci di bagian bawah drum.
Isi snare drum dengan kayu kering. Potong kayu ceri menjadi potongan-potongan 5 inci dan letakkan di dalam drum, lalu tutupi.
Kemudian siapkan drum besar. Tempatkan dua batu di dasar kick drum. Kemudian letakkan dua batu lagi di atas batu pertama.
Tempatkan snare drum di atas batu. Pastikan gendang ini dapat menampung gendang yang besar, jika tidak gunakan batu bata atau batu yang lebih kecil untuk bagian bawah dan penutup.
Kemudian nyalakan dalam drum besar dan panggang selama 7-8 jam. Menggunakan kayu bakar untuk membuat api, masukkan bahan-bahan ini secara bergantian melalui lubang-lubang di bagian bawah drum.
Biarkan itu berakhir. Setelah 7-8 jam, semua bahan akan terbakar di kayu. Biarkan api yang membara padam dan arangnya dingin lalu angkat.
Keluarkan arang. Keluarkan arang dari snare drum dan simpan untuk referensi di masa mendatang.

BACA JUGA  Daftar Kampus di Kabupaten Subang yang Berkualitas

Manfaat Arang Bagi Kesehatan

1. Mengatasi keracunan dan overdosis obat

Arang sudah sering digunakan sebagai penawar racun sejak zaman dahulu. Saat ini, arang tidak hanya digunakan sebagai penawar racun, tetapi juga sebagai pengobatan awal untuk overdosis obat. Arang dapat mengikat berbagai jenis obat dan racun untuk mencegah racun tersebut diserap oleh tubuh.

2. Mengatasi diare

Satu studi mengatakan arang juga dapat membantu diare. Arang memiliki kemampuan untuk mengikat bakteri penyebab diare dan membuat bakteri itu tidak dapat diserap oleh usus sehingga membantu melawan diare.

3. Mengatasi gas

Arang juga sering digunakan sebagai obat alternatif untuk mengobati kembung dan kram perut. Arang bisa membantu tubuh untuk mengikat zat yang berpotensi sebagai pembuat gas berlebih pada sistem pencernaan. Biasanya zat tersebut berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

BACA JUGA  Tips Lolos seleksi UI di tahun ini

4. Menurunkan kolesterol

Arang memiliki manfaat yaitu dapat mengurangi kolestrol jahat dengan cara mengikat kolestrol di usus. Dengan kemampuan ini, kolesterol yang diserap dari makanan lebih sedikit, sehingga kadar kolesterol darah lebih terjaga.

5. Pemeliharaan fungsi ginjal

Arang juga dikatakan membantu menjaga dan meningkatkan fungsi ginjal, terutama pada penderita gagal ginjal kronis. Arang dapat membantu ginjal untuk menyaring racun dari darah, sehingga dapat mempermudah perkerjaan ginjal.

6. Mempercepat penyembuhan luka

Arang juga dipercaya dapat mempercepat penyembuhan luka, terutama pada luka yang sulit sembuh seperti ulkus diabetik.

Bubuk arang aktif, yang ditempatkan di atas luka terbuka dan dibungkus dengan kain kasa, dapat membantu membuang nanah dan racun, sehingga mempercepat penyembuhan luka.

7. Dapatkan masker wajah

Dalam dunia kecantikan, arang juga digunakan sebagai bahan pembuatan masker wajah. Dipercaya bahwa arang dapat menyerap bakteri dan kotoran dari kulit. Sehingga kulit kalian akan sehat, bersih, dan aman dari jerawat.

Okehh kawan kawan sekian dari artikel cara membuat arang kayu dengan drum, nah untuk mempermudah membuat arang kalian bisa menggunakan mesin briket arang kelapa, nah pastikan kalian membeli mesin dari tempat yang berkualitas.