Agar Bimbingan Skripsi Lancar Coba Terapkan Trik Berikut!

Agar bimbingan skripsi lancar, mahasiswa haruslah mempunyai tips-tips khusus guna ‘menjinakkan’ dosen pembimbing. Dosen pembimbing adalah dosen yang ditugaskan membimbing dan mendampingi mahasiswa dalam mengerjakan dan menyelesaikan skripsi. Tujuannya jelas, supaya mahasiswa terarah dalam membuat skripsi, benar dalam pengerjaan sesuai kaidah keilmuan. Kami menyediakan jasa pembuatan skripsi kedokteran berkualitas agar bimbingan skripsi lancar.

Akan tetapi, dosen pembimbing justru sering dianggap sebagai batu sandungan. Dosbing, sebuatan akrab dosen pembimbing, disinyalir menjadi biang kerok terlambatnya kelulusan. Dari mulai susah ditemui, super teliti sampai revisi berkali-kali, senang menuntut ini itu, cuek, ketus, dan masih banyak lagi.

Agar Bimbingan Skripsi Lancar

 

8 Tips Agar Bimbingan Skripsi Lancar

Sebenarnya ada sebuah seni untuk menghadapi dosbing agar bimbingan skripsi lancar. Sehingga nantinya, kolaborasi dosbing dengan mahasiswa yang baik dalam bimbingan akan menghasilkan kualitas skripsi yang baik. Anda bisa coba tips menghadapi dosen pembimbing berikut agar pembuatan skripsi Anda cepat selesai.

 

1. Jangan Terlalu Memilih Dosen Tertentu

Beberapa perguruan tinggi mengizinkan mahasiswa untuk memilih dan mengajukan dosbingnya sendiri. Meskipun pada akhirnya keputusan akhir tetap ada pada pihak kampus. Jika Anda diberi kesempatan request dosbing, pilih yang keahliannya paling sejalan dengan tema skripsi Anda. Pastikan kepakarannya sesuai dengan apa yang Anda teliti. Jangan terlalu fanatik ke dosen tertentu, apalagi hanya karena dosen tersebut baik hati.

 

2. Hubungi Dengan Sopan

Masing-masing dosen pembimbing memiliki karakter masing-masing. Ada yang kaku, ada pula yang kekinian. Bagaimanapun beliau adalah para pengajar Anda yang harus dihormati. Jika sedang berkomunikasi, pastikan untuk menjaga sopan santun.

BACA JUGA  Jangan Kerjakan Hal Ini Saat Membersihkan Kamar Mandi

Perhatikan waktu saat menghubungi, jangan sampai menghubungi dosbing larut malam. Jangan lupa juga untuk selalu mengucapkan salam dan menyebutkan identitas, menggunakan bahasa baku, menggunakan kata “maaf”, “tolong”, “terimakasih”, serta menghubungi untuk keperluan yang benar-benar penting saja.

 

3. Persiapkan Bimbingan Dengan Baik

Sebelum bertemu dosen untuk bimbingan persiapkan diri Anda dengan baik, agar tidak seperti kertas kosong ketika ditanya. Hal-hal yang perlu disiapkan antara lain:

Baca buku dan referensi lain terkait skripsi Anda
Pastika Anda memahami skripsi Anda susun dengan baik, misalnya variabel penelitiannya, alasan memilih metode penelitian tertentu, analisis yang digunakan apa, dan sebagainya.
Buat daftar pertanyaan terkait hal-hal yang masing membuat Anda bingung tenatang penelitian skripsi
Siapkan kelengkapan adminstratif yang diperlukan, misalnya surat dan dokumen yang perlu ditandatangani.

 

4. Pahami Kebiasaan Dosen

Perhatikan karakter dan kebiasaan dosen pembimbing Anda. Ada dosen yang suka menjelaskan dengan cerita panjang lebar, ada pula dosen yang ingin serba praktis dan cepat. Ada dosen yang suka bimbingan secara berkelompok, ada pula yang suka berkomunikasi lewat surel, bahkan ada juga dosen yang meminta hanya hubungi di hari-hari tertentu. Pahami karakter dan kebiasaan beliau, bertindaklah sesuai dengan karakter dan kebiasaanm tersebut.

BACA JUGA  6 Langkah Pilih Tempat Pelatihan Bahasa Inggris yang Bagus

 

5. Jangan Dosbing Membuat Menunggu

Jangan sampai membuat dosen pembimbing menunggu saat bimbingan dengan alasan terlambat. Di beberapa kasus dosen sampai marah dan tidak ingin bertemu mahasiswa untuk bimbingan. Lebih baik datang lebih awal dan menunggu beliau di depan ruangannya, karena ingat dosen tidak hanya sibuk membimbing skripsi Anda.

 

6. Dosbing Adalah Partner Dalam Menyusun Skripsi

Tidak salah ketika Anda ingin mengemukakan ide dan gagasan kepada dosen pembimbing meskipun pendapat beliau berbeda. Skripsi memang karya mahasiswa bukan dosen, tetapi jangan sampai menutup diri dari masukan dan kritik dosbing. Komunikasikan dengan baik jika terdapat perbedaan pendapat untuk mencari jalan tengahnya.

 

7. Revisi Adalah Perbaikan

Jangan patah semangat saat dosen pembimbing meminta revisi. Ingatlah bahwa Anda sedang berjuang mendapatkan hasil yang terbaik, dan revisi adalah jalan untuk mencapai skripsi yang baik. Hal-hal baik tidak muncul begitu saja tanpa perbaikan dan pembelajaran.

 

8. Ucapkan Terima Kasih

Jangan lupa menyampaikan terima kasih pada dosen atas masukan dan revisiannya. Bagaimanapun beliau adalah orang yang berjasa membantu Anda menyelesaikan skripsi dengan baik.