Perbedaan CV dengan Resume

Perbedaan CV dengan Resume

Saat melamar pekerjaan, perusahaan terkadang meminta CV dan resume. Dua dokumen ini sering dianggap sama walau aslinya berbeda, sehingga sering membuat kebingungan jika diminta untuk mengirim keduanya. Oleh karena itulah perlu diketahui bagaimana cara bikin CV dan resume.

Perbedaan CV dengan Resume

CV merupakan dokumen berisi informasi mengenai biodata diri, riwayat hidup, dan pengalaman kerja. Sedangkan resume merupakan dokumen singkat berupa rangkuman pengalaman kerja hingga riwayat pendidikan. Berikut ini penjelasan mengenai perbedaan keduanya agar tahu cara bikin CV dan resume.

  1. Informasi yang Ditampilkan

Informasi yang ditampilkan pada CV jauh lebih lengkap dibandingkan resume. Penjelasan mengenai pengalaman kerja dan riwayat pendidikan pada CV sangatlah detail dan terperinci. Berbeda halnya dengan CV, resume hanya menampilkan informasi secara ringkas.

BACA JUGA  Tingkatkan Efisiensi Operasional dengan Implementasi ERP Manufaktur

Dalam CV terdapat urutan-urutan informasi yang harus sesuai. Mulai dari riwayat pendidikan, pekerjaan, hingga semua pencapaian harus ditulis secara lengkap dan detail. Sedangkan resume hanya berisikan informasi yang relevan saja.

  1. Panjang dan Jumlah Halaman

Salah satu perbedaan yang paling mencolok antara kedua dokumen ini adalah panjang dan jumlah halaman. Resume yang dibuat singkat, ringkas, dan padat biasanya berisikan hanya satu halaman saja. Sedangkan CV, karena informasi yang ditampilkan detail dan terperinci, panjangnya pun menyesuaikan dengan informasi yang ditampilkan dengan panjang mencapai 2 hingga 3 halaman.

  1. Tujuan

CV dan resume juga memiliki tujuan yang berbeda. Pada dasarnya CV bertujuan untuk merangkum semua kualifikasi yang dimiliki oleh seseorang, mulai dari akademik, prestasi, hingga sertifikasi kemampuan. CV memiliki sifat luas karena dapat terus diupdate seiring waktu.

BACA JUGA  Manfaat Daging Keong Sawah

Berbeda dengan CV yang terkesan bebas dan luas, resume harus dibuat dengan menyesuaikan pekerjaan apa yang akan dilamar. Itulah mengapa resume hanya dapat digunakan untuk melamar satu pekerjaan saja. Karena sifatnya yang lebih spesifik dibandingkan CV.

Melalui penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa ada beberapa poin penting yang dapat dipahami mengenai ciri dan penggunaannya. Semoga dapat menjawab kebingungan mengenai perbedaan keduanya dan dapat membantu untuk membedakan cara bikin CV dan resume.