Cara Membuat Kue Lapis legit Dengan Oven Listrik

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan resep tentang Cara Membuat Kue Lapis legit Dengan Oven Listrik

Lapis legit merupakan makanan penutup warisan Belanda yang sudah dimodifikasi dengan sentuhan lokal. Penambahan rempah seperti kayu manis, cengkih, dan bunga pala membuat aromanya begitu khas Indonesia. Namun, dibalik kelezatan dan kepopulerannya,  membuat lapis legit sungguh rumit. Salah satu kunci sukses untuk membuat lapis legit terletak pada metode pemanggangan. Berikut tips yang dapat Baking Lovers ikuti:

 

1. Perhatikan suhu oven

Panaskan oven di suhu 200 ℃ sebelum mulai memanggang, demikian juga dengan loyangnya. Perhatikan suhunya agar jangan sampai turun. Jika oven sudah panas, matikan api bawah. Gunakan api atas untuk pemanggangan setiap lapis kue. Hal yang tak kalah penting adalah kenali karakteristik oven

2. Sabar saat memanggang

Ini dia tips mendasar yang wajib Baking Lovers taati agar kue lapis legit yang dibuat bisa cantik paripurna. Tak sekadar memanggang biasa, lapis legit dibuat dengan cara memanggang adonan selapis demi selapis.

Agar ketebalannya presisi, adonan dapat ditimbang atau dituang menggunakan sendok takar. Setiap adonan dipanggang hingga kematangannya pas (tekstur adonan tidak kaku karena overbaked, dan tidak lumer karena underbaked) kurang lebih selama 5 menit, tergantung oven masing-masing.

Untuk lapisan terakhir, posisikan loyang ke arah pintu oven yang sudah dibuka agar tidak timbul gelembung. Setelah warna menjadi kecokelatan merata, pindahkan loyang ke rak bagian paling atas oven. Kecilkan api, panggang kurang lebih 10 menit. Hal ini dilakukan agar seluruh bagian kue matang merata dan untuk mengeringkan bagian pinggirnya.

3. Jangan menekan permukaan kue dengan terlalu kuat

Saat memanggang tiap lapis kue, jangan lupa tekan permukaannya menggunakan alat penekan lapis legit. Proses ini dilakukan agar permukaan tiap lapisan kue menjadi rata (tidak miring sebelah).

BACA JUGA  Menganti Password Instagram Agar Akun Lebih Aman

4. Pecahkan gelembung yang mungkin muncul

perhatikan adonan lapis legit yang baru dimasukan ke dalam oven. Jika terdapat gelembung, maka pecahkan dengan lidi yang agak panjang agar bisa menjangkau bagian dalam loyang. Gelembung dapat menimbulkan bercak hitam pada permukaan lapis legit.

1. Cara Membuat Kue Lapis legit Dengan Oven Listrik

Cara Membuat Kue Lapis legit Dengan Oven Listrik

Bahan-bahan

  • Sediakan 30 kuning telur
  • Siapkan 280 gr gula halus (ayak dlu ya)
  • Gunakan 350 gr mentega wisjman (wisman)
  • Siapkan 1 sachet susu bubuk dancow (27 gr)
  • Sediakan 1/4 sdt pasta vanila

Langkah-langkah:

  1. Siapkan bahan. Mixer mentega dengan gula halus sekitar 15 menit hingga kental dan mengembang.
  2. Campur satu per satu kutel dan trus mixer kurleb 10 menit. Terakhir tambahkan pasta vanila dan susu bubuk, mixer rata saja ya.
  3. Preheat oven 250 dercel api atas. Tuang 4 sdm adonan ke loyang yg sudah dialasi kertas baking. Ratakan dan panggang di suhu 250 dercel (rak paling bawah) api atas selama 10 menitan. Dipantau trus yaa agar ga gosong hehe. Kalau uda kecoklatan, segera keluarkan dan tusuk gelembung yg ada dgn tusuk gigi. Ratakan permukaan kue dgn smoother kue sebelum dituangi dgn adonan dalam jumlah yg sama. Ulangi hingga adonan habis.

Ingat yaa dijagain kuenya agar ga gosong. Makin tinggi lapisan, makin cepat pula durasi pemanggangan karna makin dekat dengan sumber api. Silakan mencoba, semoga bermanfaat

Resep Lapis Legit:

Bahan-Bahan Lapis Legit:

  • 700 gram butter atau mentega kalengan (merek sesuai selera)
    Bila menggunakan salted butter tidak perlu tambah garam (bila menggunakan unsalted butter bisa tambahkan sekitar 1 gram garam)
  • 900 gram kuning telur (kurang lebih dari 60 butir )
  • 430 gram gula halus (gula biasa diblender sampai halus agar pengocokan butter lebih cepat)
  • 50 gram susu bubuk full cream
  • 60 gram terigu serba guna
  • 3 sdm susu kental manis
  • 1 sdt bumbu spekoek
BACA JUGA  Pakan Kambing Fermentasi Kering

Cara Membuat Lapis Legit:

  1. Campur butter dengan garam, kocok dengan kecepatan sedang, lalu tambahkan susu kental manis, kocok sampai kental dan putih, sisihkan. Di tempat terpisah, kocok kuning telur dan gula halus sampai adonan kental dan mengembang, sisihkan. Di tempat lain, campur semua bahan kering (terigu, spekuk dan susu bubuk).
  2. Setelah itu campur kocokan kuning telur ke kocokan butter, secara bertahap dan berselang-seling dengan memasukkan bahan kering. Kocok rata dengan mixer kecepatan rendah.
  3. Siapkan loyang 20x20x7cm (kalau pakai setengah resep) atau loyang 22x22x8cm (kalau satu resep). Loyang dialasi kertas roti dan alasnya dioles mentega tipis-tipis. Dinding loyang jangan dioles ya
  4. Gunakan satu ukuran sendok untuk memasukkan adonan. Aku menggunakan cup pengukur (measurement cup) ukuran 1/4 cup untuk tiap lapisnya.
  5. Untuk 2-3 lapis pertama, hidupkan api atas dan bawah (ini kalau pakai oven listrik kayak punyaku ya). Karena oven listikku itu panasnya kurang rata, sehingga ketika memanggang lapisan pertama tanpa menghidupkan api atas, niscaya permukaannya tak kunjung mengering.
  6. Setelah 3 lapis, matikan api bawah dan teruskan perjuanganmu (hihihi) memanggang selapis demi selapis adonan lapis legit sampai habis semua adonannya. Setelah habis, hidupkan api bawah dan panggang lagi selama 10 menit. Ohya, kalau permukaan lapis legitnya sudah mengering di tahap ini, tutupi dengan aluminium foil ya, supaya tidak gosong.

Demikian Artikel ini semoga bermanfaat