Pengganti Kantong Kresek Untuk Pedagang

Hallo semua,gimana kabar kalian?semoga sehat selalu ya.Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengganti kantong kresek untuk pedagang.

Kantong Kresek

Kantong plastik atau kantong plastik adalah kantong kemasan yang terbuat dari plastik (polyolefin atau polyvinyl chloride),kantong plastik digunakan untuk memuat dan mengangkut barang konsumsi. Sisi bawah dan kiri/kanan tas umumnya direkatkan dengan mesin segel plastik, tetapi ada kantong plastik yang direkatkan atau dijahit menjadi satu.

Jenis-jenis kantong kresek

PP (polipropilena)

Kantong plastik berbahan PP (polypropylene) merupakan plastik yang paling banyak digunakan di Masyarakat.
Karena sifatnya yang bening (bening/transparan), kantong plastik PP banyak digunakan untuk mengemas barang-barang konsumsi yang akan disajikan dalam warna/bentuk, seperti makanan ringan, pakaian, sepatu dan lain-lain.

LLDPE (Linear Low Density Polyethylene)

Dengan struktur kimia LDPE (Low Density Polyethylene), kantong plastik PE menjadi pilihan utama bagi perusahaan industri yang membutuhkan kemasan dengan daya tahan tinggi dan elastisitas yang kuat.
Struktur berdensitas rendah pada material PE ini membuat plastik memiliki kekuatan lentur yang kuat sehingga mampu menahan gaya tarik/perpanjangan yang besar saat digunakan, sehingga cocok untuk kemasan industri alat berat (misalnya Sparepart, otomotif, elektronik, komponen furnitur. ). ) serta industri yang menggunakan cairan (misalnya bahan kimia, perikanan, dll.).
Jenis plastik ini umumnya tersedia di pasaran dalam berbagai ukuran dengan menggunakan linear low density polyethylene (LLDPE) dengan tampilan fisik yang sedikit kurang jernih/mengkilap dibandingkan grade LDPE yang sebenarnya.
Bahan LLDPE ini umumnya dipilih oleh produsen kantong plastik dengan pertimbangan harga yang lebih terjangkau masyarakat dengan tetap menjaga kualitas dan daya tahan.

HDPE (Polietilen Densitas Tinggi)

Kantong Plastik HD dengan struktur kimia HDPE (High Density PolyEthylene) adalah sejenis kantong plastik dengan ketahanan panas yang tinggi. Kemampuan ini disebabkan oleh struktur kepadatan tinggi dari molekul polimer plastik.
Kantong plastik HD umumnya dibagi menjadi tiga kategori yaitu:
Tas HD polos (polybag)
HD Crackle Bag (tas belanja).
Kantong sampah HD (kantong pembuangan)
Tas HD Polos (Tas Poli HD)
Kantong plastik sederhana HD (polybag) umumnya aman digunakan sebagai kemasan makanan (food quality). Karena kemasan ini juga bisa digunakan sebagai wadah sambal, maka pouch ini dikenal dengan nama Plastik HD Anti Panas. (HDATP).

BACA JUGA  Cara Membuat Siomay Tepung Terigu Homemade

OPP (Polypropylene Kepanasan)

Kantong plastik OPP dikenal dengan kejernihannya yang seperti kaca – karenanya sering disebut sebagai plastik kaca berguna untuk mengemas produk yang ingin memamerkan bentuk dan warnanya yang menarik.
Kemasan ini banyak terdapat pada wadah untuk mengemas roti, kaos, kartu undangan, boneka, piringan hitam (CD), alat tulis, dan produk jadi yang perlu disajikan lebih menarik.

Apa Saja Dampak Pengganti Kantong Kresek Pada Lingkungan?

Plastik merupakan salah satu bahan yang dibutuhkan untuk kehidupan kita sehari-hari.Namun sayangnya, proses penguraian plastik sangat lama dan penumpukan plastik dapat mempengaruhi sejumlah ekosistem di lingkungan.Salah satu dampak yang paling signifikan adalah rusaknya biota laut.Menurut penelitian dari Universitas Georgia pada tahun 2010, ada antara 4,7 dan 12,7 juta ton sampah di lautan.

Selain kehidupan laut, sampah plastik juga berkontribusi terhadap pencemaran tanah dan udara.Sama seperti ketika seseorang membakar sampahnya sendiri di rumah dan di tumpukan sampah itu ada sampah plastik.Sampah plastik yang dilaporkan menghasilkan emisi karbon dioksida (CO2) yang tidak sehat bagi lingkungan Anda.

Pengganti Kantong Kresek

Nah, sekarang kamu sudah memahami dampak dari penggunaan kantong plastik pada lingkunganTerdapat berbagai jenis bahan dan barang yang bisa kamu gunakan sebagai pengganti kanting plastik.Berikut ini barang tersebut.

Kantong belanja parasut

Mudah untuk dibawa karena kamu dapat melipatnya, kamu bisa menyimpannya dalam tas dan tidak akan menghabiskan banyak tempat.

Tas karung goni

Kalau kamu punya karung goni di rumah kamu bisa mendaur ulangnya menjadi tas karung goni yang dapat kamu gunakan untuk berbelanja kebutuhan.

BACA JUGA  cara membuat jagung bakar yang simple

Tas kanvas

Tas kanvas juga salah satunya yang murah dan mudah ditemukan di pasaran,tas kanvas tidak hanya berguna untuk mengganti kantong plastik, beberapa brand lokal juga membuat tas kanvas tetap terlihat modis untuk digunakan sehari-hari.

Tas spunbond

Tas ini umumnya dapat kamu beli dengan mudah di minimarket terdekat. Sangat praktis kalau kamu lupa membawa kantong belanjamu sendiri.

Perlu diingat, karena sekarang sudah menjadi komoditas dan dijual hampir ditiap minimarket atau supermarket, tas ini jadi sangat mudah dimiliki.

Terkadang kasir akan langsung memberikannya sebagai alternatif.Sayangnya, kalau tas ini jadi menumpuk di rumah dan malah jadi tidak terpakai. Sebaiknya kamu dapat mendaur ulangnya atau kamu berikan bagi yang butuh.

Pasalnya tas spunbound terbuat dari bahan polypropylene, sebuah bahan sintetis yang terbuat dari plastik.Kalau kamu buang begitu saja bahan ini akan sulit untuk terurai.

Kantong plastik organik

Alternatif ini cocok bagi kamu pemilik bisnis, kamu bisa menggantinya dengan kantong plastik organik.Terdapat beberapa jenis kantong plastik organik, umumnya yang digunakan sekarang berbahan dasar dari rami.

Itu tadi berbagai alternatif pengganti kantong plastik yang dapat kamu mulai gunakan.Perlu diingat, meminimalisir penggunaan kantong plastik adalah satu dari berbagai cara untuk gaya hidup berkelanjutan.Selain meminimalisir plastik, terdapat aksi-aksi lainnya yang dapat kamu lakukan untuk gaya hidup ramah lingkungan.

Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk meminimalisir berbagai jenis limbah.Bicara limbah, kamu juga dapat meminimalisir limbah cair di lingkunganmu dengan mulai menggunakan deterjen ramah lingkungan.

Jika anda mau mencacah atau menghancurkan plastik anda dapat menggunakanĀ mesin pencacah plastik.Mesin pecacah plastik dapat dibeli diĀ rumah mesin,disana juga banyak mesin-mesin penggiling lainnya.Sekian dari saya terimakasih