cara meningkatkan kualitas bakso agar kenyal

Jaga Agar Bakso Tahan Lama

 

Cara menyimpan sebuah bakso dengan cara yang benar akan dapat membantunya lebih awet dan menjadikan rasanya makin enak. Yuk, simak caranya berikut ini:

 

Sebelum bakso disimpan,baiknya rebus dulu bakso hingga benar-benar matang dengan sempurna atau tanak.

Jika bakso sudah selesai direbus, tiriskan dan biarkan hingga baksonya dingin.

Jika stock bakso kalian cukup banyak, simpan dengan cara dimasukkan ke wadah dari plastik sedikit-sedikit sesuai dengan kebutuhan. Misal jika stock bakso sebanyak 2 kg, simpan menjadi empat bagian dengan masing-masing dari bagian seberat 500 gram.

Simpan bakso kalian di dalam kotak makanan atau plastik yang kedap udara. Masukkan bakso ke dalam freezer.

Jika kalian ingin memasak bakso, ambil bakso dengan secukupnya, biarkan hingga esnya mencair kemudian direbus dengan air mendidih.

Bakso bisa disajikan secara langsung atau disajikan bersama sama dengan bahan pelengkap lain seperti kuah, taburan bawang goreng, pangsit goreng, mie, tahu dan lain sejenisnya.Itulah cara menyimpan bakso agar bisa tahan lama. Dengan cara penyimpanan bakso di dalam freezer yang tepat, bakso bisa bertahan hingga sampai satu bulan.

 

Tekstur

 

Tekstur yang kenyal dan mengembang menjadi salah satu kunci kelezatan dari sebuah bakso. Kalau kalian buat sendiri, kalian bisa saja mengatur langsung tingkat dari kekenyalan bakso tersebut. Tanpa perlu lagi menggunakan bahan kimia, bakso kalian bisa lebih mengembang dan juga kenyal.

BACA JUGA  Cara Menyimpan Anggur di Kulkas Dalam Waktu Lama

 

Jangan kalian lupa untuk membuat kuah kaldu yang segar dan juga enak supaya sajian bakso kalian makin tambah lengkap. kalian bisa mempraktikkan tips ini untuk membuat bakso daging sapi yang kenyal dan mengembang, berikut untuk modal kalian jualan.

 

Bakso bisa menjadi lebih nikmat jika teksturnya bisa kenyal dan juga padat. Sayangnya membuat sebuah bakso yang cukup kenyal tidaklah semudah seperti kelihatannya. Beberapa dari penjual bakso kerap saja menambahkan boraks pada resep dari bakso mereka supaya bsa menjadi lebih kenyal.

 

Padahal hal tersebut sama sekali tak disarankan karena sangat berbahaya. Alih-alih pakai boraks, kalian bisa saja menggunakan cara dan bahan yang sangat lebih aman untuk membuat bakso kalian menjadi lebih kenyal. Misalnya hanya dengan menambahkan es batu atau juga bubuk agar-agar pada adonan bakso kalian. Contoh cara agar lebih kenyal.

 

1.      Gunakan daging sapi segar

 

Hal yang pertama perlu kalian perhatikan untuk membuat sebuah bakso sapi yang cukup sempurna yaitu dengan pemilihan daging yang begitu segar. Itulah mengapa sering kita temukan tempat penggilingan bakso di dekat tempat pemotongan daging, karena sebuah daging sapi yang masih segar sangat bagus untuk dijadikan menjadi bahan utama pembuatan bakso. Pilih daging segar yang bebas dari lemak, seperti bagian paha sapi bagian dalam.

BACA JUGA  cara memilih baju thrift

 

2.      Perhatikan perbandingan bahan

 

Untuk menghasilkan tekstur sebuah bakso yang sangat pas, kalian harus benar-benar memperhatikan sebuah perbandingan dari bahannya. Sebagai panduan, kalian bisa mencoba membuat sebuah perbandingan antara daging sapi giling dan dari tepung tapioka. Dengan perbandingan dari setiap 250gr daging, gunakan 40gr tapioka, 100gr es batu, dan 1 sdm garam .

 

Perhatikan bahan

 

Salah satu cara agar membuat bakso jadi kenyal dan kres adalah dengan memerhatikan penggunaan dari bahannya. Bahan untuk membuat sebuah bakso di antaranya ialah daging, tepung, dan juga berbagai aneka bumbu. Gunakan daging yang cukup segar agar bakso kalian jadi lebih kenyal dan lezat.

 

Untuk bagian tepungnya sendiri, kalian bisa menggunakan tepung sagu, tepung sagu aren, ataupun bisa juga tepung tapioka. Konon katanya pedagang bakso menggunakan salah satu dari tepung tersebut untuk bisa mendapatkan tekstur bakso yang cukup kenyal. Namun agar supaya dagingnya terasa dan menjadi lebih kenyal, rasio dari daging harus lebih banyak dari pada tepung