Cara Membuat Roti Tawar Panggang yang Mudah

Selamat datang, bertemu lagu dengan saya di artikel cara membuat roti tawar panggang ini.

Cara Membuat Roti Tawar Panggang Puding

Bahan-bahan:

  • 7 lembar roti tawar
  • 200 ml susu cair
  • 50 gram gula pasir
  • 50 gram mentega
  • Garam secukupnya
  • 2 buah telur
  • Keju yang diparut
  • 3 buah kurma
  • Chocochips secukupnya

Cara Membuat Roti Tawar Panggang:

  1. Siapkanlah mentega di dalam panci kemudian nyalakan kompor lalu cairkan. Jika 50 gram dirasa kurang manis gula pasir dapat ditambahkan sesuai dengan selera.
  2. Selanjutnya siapkan keju serta parut terlebih dulu, jika sudah sisihkan. Siapkan kurma lalu pisahkan dari bijinya. Potong kurma menjadi bagian-bagian kecil.
  3. Jika tidak menyukai kurma, maka dapat diganti dengan menggunakan anggur kering atau pun bahan lainnya sesuai keinginan.
  4. Siapkan wadah untuk menuang semua bahan yang dibutuhkan. Masukkan telur dan gula pasir lalu kocok guna mixer hingga gulanya larut.
  5. Tambahkanlah garam lalu masukkan mentega ke dalamnya. Kocok lagi sampai semua menyatu dan tampak sedikit mengembang.
  6. Masukkan susu cair lalu kocok sebentar hingga semuanya merata. Susunlah roti pada loyang sesuai dengan keinginan. Lalu tuang adonan telur serta bahan lainnya yang telah menyatu. Taburkan chocohips serta keju sesuai dengan keinginan.
  7. Siapkan ovenatau pemanggang, kemudian panggang sekitar setengah jam dengan suhu sebesar 180°.
  8. Jika sudah matang angkat lalu tunggu sampai menjadi hangat baru dikeluarkan dari loyang. Bisa langsung dimakan pada saat itu juga atau jika ingin lebih nikmat, maka bisa dimasukkan ke dalam kulkas dan puding roti panggang sudah siap dinikmati.
Baca Juga: Cara Masak Ayam Rica Rica Kemangi yang Lezat

Roti Tawar

Manfaat Roti Tawar

1. Sumber Karbohidrat

Roti tawar dikenal sebagai pengganti dari makanan pokok kita, yaitu nasi. Roti tawar mempunyai kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Sehingga dalam mengonsumsi beberapa lembar roti tawar untuk menu sarapan dapat membuat kamu tetap kenyang dan tidak kehabisan tenaga dalam melakukan aktivitas.

2. Baik untuk Kesehatan Tulang

Ternyata roti tawar yang sehat juga mempunyai kandungan kalsium yang cukup yang pastinya baik untuk menjaga kesehatan tulang. Buat kamu yang memiliki keinginan supaya kesehatan tulangnya tetap terjaga serta terhindar dari penyakit seperti osteoporosis, pertimbangkanlah mengonsumsi roti tawar yang sehat dalam kehidupan sehari-hari.

3. Mencukupi Kebutuhan Vitamin

Roti tawar, khususnya roti gandum utuh itu memiliki kandungan vitamin B serta mineral. Jadi bukan hanya menjaga kesehatan tubuh dari serangan penyakit kronis, tetapi juga dapat membantu mencukupi kebutuhan vitamin.

4. Mengatasi Kapalan

Roti tawar ternyata juga bisa menjadi obat dari masalah pada kulit seperti kapalan. Menurut dari  keterangan blogunik, kamu cukup merendam roti tawar ke dalam cairan cuka untuk kemudian letakkan di bagian kaki yang terkena kapalan selama semalaman supaya kapalan di kaki menghilang.

5. Menurunkan Berat Badan

Siapa di antara kamu yang berputus asa karena selalu gagal diet atau dengan kata lain menurunkan berat badan? Tenang, ada banyak cara untuk mendapat berat badan ideal. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi roti tawar ketika sarapan pagi hari.

Usahakan dalam memilih roti tawar pilihlah roti tawar dengan kandungan nutrisi yang lebih banyak.

6 Menjaga Kesehatan Kulit

Salah satu manfaat dari mengonsumsi roti tawar lainnya yaitu untuk menjaga kesehatan kulit. Roti gandum bisa mencegah penuaan dini berkat kandungan vitamin E-nya yang dikandungnya. Selain itu, kandungan vitamin B serta protein dalam roti gandum bisa membuat kulit wajah kamu tetap sehat.

Nah, sampai di sini pembahasan tentang manfaat mengonsumsi roti tawar beserta ulasan mengenai macam-macam roti tawar yang sering dikonsumsi masyarakat dunia. Bagimana, Kamu semakin semangat serta tertarik untuk menjadikan roti tawar menjadi menu sarapan sehari-hari? Jika kamu tertarik untuk menjadikan roti tawar sebagai menu makan kamu.

Cara Membuat Roti Tawar Susu

Bahan Tang Zhong :

  • Tepung cakra 25 gram
  • Susu cair 125

Bahan Biangnya :

  • Ragi 2 sendok teh
  • Air hangat  30 ml
  • Gula pasir 2 sendok teh

Bahan Lainnya :

  • Tepung cakra sebanyak  330 gram
  • Gula pasir sebanyak 40 gram
  • Krim kental sebanyak 70 ml
  • Mentega sebanyak 30 gram
  • Garam sebanyak  1/2 sendok teh
  • Telur sebanyak 1 butir

Cara Membuat Roti Tawar Susu:

  1. Siapkan bahan tang zhong sambil diaduk hingga tidak ada adonan yang bergumpal. Lalu masak bahan tang zhong di atas api yang kecil hingga bahan tang zhong kelihatan mengental sekitar 2 menit. Kemudian angkat serta dinginkan.
  2. Selanjutnya yaitu campurkan bahan biangnya, lalu diamkan sekitar 15 sampai 20 menit hingga kelihatan beruih serta mengembang.
  3. Siapkan wadah lalu campurkan telur, adonan biang, krim kental, adonan tang zhong atau pun tepung terigu beserta gula pasir. Aduk lalu uleni sampai adonan kalis.
  4. Setelah itu masukkan ke dalam plastik dan pukul lalu rolling pin sampai adonan kalis sekitar 15 menit.
  5. Diamkan kurang lebih 15 menit, lalu gilas adonan secara memanjang lalu gulung adonan sambil di padatkan.
  6. Masukkan adonan ke loyang roti tawar yang berukuran 10x20x10 cm.
  7. Lalu diamkan adonan sekitar 1 jam atau sampai adonan mengembang sekitar 1 cm dari permukaan loyang. Tutuplah loyangnya.
  8. Panaskan oven kurang lebih 15 menit menggunakan suhu kisaran 200 derjat celcius. Panggang adonan roti kurang lebih 35 menit sampai matang.
  9. Apabila telah matang, angkat dan keluarkan dari loyang.
  10. Biarkan dingin dan potong roti sesuai dengan selera.
  11. Sajikan dengan toping.

 

Semoga cara membuat roti tawar panggang dapat bermanfaat dan manfaat dari roti tawar beserta cara pembuatannya. Kunjungi Cara Membuat Roti Manis Panggang Enak dan Lezat.

Terimakasih dan selamat mencoba…