Cara Membuat Sayuran Kering Instan

Apa tujuan membuat sayuran kering instan? Selain mudah dan praktis dibawa kemana-mana, sayuran kering instan juga merupakan salah satu cara pengawetan makanan agar tidak tumbuh jamur dan bakteri jahat.

Ditambah lagi dari segi daya tahan, sayuran kering instan memiliki umur simpan yang lebih lama dibandingkan makanan tanpa pengeringan. Selain itu, sayuran kering juga memiliki nutrisi yang sama dengan makanan konvensional atau tanpa proses pengeringan.

Inti dari membuat sayuran kering adalah Anda harus menjaga kelembapan dan suhu tetap rendah serta menjaga sirkulasi udara tetap baik agar kualitas dan nutrisi dari makanan kering yang Anda buat tetap terjaga.

Anda bahkan dapat membuat sayur kering sendiri di rumah dengan menggunakan dehidrator, microwave, oven, atau menjemur makanan di bawah sinar matahari.

Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat sayuran kering instan yang dapat kamu praktekkan sendiri di rumah.

Beberapa Metode Pembuatan Sayuran Kering Instan

Beberapa Metode Pembuatan Sayuran Kering Instan

1. Menggunakan Microwave

Microwave biasanya digunakan untuk menghangatkan atau memanggang makanan. Nah, kali ini Anda bisa menggunakan microwave untuk mengeringkan sedikit makanan seperti sayuran, daun,buah, dan rempah-rempah.

Hanya saja, pecinta makanan atau sayuran kering mengatakan bahwa jika Anda mengeringkan makanan menggunakan microwave, tekstur makanan menjadi terlalu renyah.

Pastikan Anda tidak memanggang terlalu lama untuk mendapatkan tekstur terbaik yang Anda inginkan.

Jika Anda ingin mengeringkan beberapa sayuran atau rempah-rempah, Anda cukup meletakkan beberapa lembar di atas tisu. Pastikan juga kondisi sayur atau daun herbal tersebut kering atau tidak basah.

Kemudian masukkan ke dalam microwave selama 2-3 menit. Jangan terlalu lama. Jika dirasa teksturnya tidak terlalu kering, Anda bisa mengulangi penjemuran selama 30 detik agar lebih renyah.

2. Menggunakan Dehidrator/Mesin Pengering Makanan

Alat ini dirancang khusus untuk membuat makanan kering yang berkualitas. Dehydrator/mesin pengering makanan sangat dianjurkan dalam pembuatan makanan kering karena memiliki suhu yang ideal dan dapat menjaga kualitas makanan kering.

Dehydrator menyediakan panas yang diperoleh dari elemen listrik serta ventilasi kecil untuk menjaga sirkulasi udara.

Jika Anda menyukai makanan yang kering, belilah dehidrator/mesin pengering makanan yang baik untuk mendapatkan makanan kering berkualitas baik.

3. Oven | Sayuran Kering Instan

Oven adalah alat yang paling populer di kalangan ibu-ibu. Berbeda dengan microwave yang harus menggunakan listrik, ada juga oven yang bisa dipanaskan langsung di atas kompor atau kompor.

Meskipun dapat digunakan untuk mengeringkan makanan menjadi makanan kering, sistem pengeringan oven membutuhkan waktu 2-3 kali lebih lama dibandingkan dengan menggunakan dehidrator. Hal ini dikarenakan oven tidak memiliki kipas untuk sirkulasi udara sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk mengering. Selain itu, oven menggunakan lebih banyak energi daripada dehidrator.

Anda juga perlu memperhatikan cara pengeringan menggunakan oven. Pastikan oven berada pada pengaturan yang hangat untuk mencegah makanan menjadi terlalu matang dan mengering. Juga, letakkan termometer oven di dekat makanan dan atur suhu pengeringan.

Untuk mendapatkan sirkulasi udara yang baik, Anda dapat membuka pintu oven hanya sekitar 5-10 cm, lalu letakkan kipas angin di dekatnya untuk meningkatkan sirkulasi.

4. Pengeringan Memanfaatkan Sinar Matahari

Biasanya, sistem pengeringan matahari sering digunakan untuk mengeringkan makanan seperti kerupuk. Namun, tidak disarankan untuk mengeringkan sayuran atau buah, terutama di tempat yang memiliki kelembapan tinggi dan suhu malam yang dingin.

Jika Anda tinggal di suhu ruangan yang tepat, maka makanan dapat mengering dalam waktu 3-4 hari. Anda juga harus memperhatikan makanan yang dijemur di bawah sinar matahari agar bisa terkena sinar matahari langsung di siang hari dan memastikan kelembapannya kurang dari 20 persen.

5. Pengeringan dengan Udara | Sayuran Kering Instan

Metode pengeringan selanjutnya adalah dengan menggunakan udara. Bisakah ini bekerja? Tentu saja ya, karena penjemuran ini memanfaatkan ruangan dengan ventilasi yang baik sehingga memiliki sirkulasi udara yang baik untuk menjemur makanan.

Cara ini biasanya menggunakan ruang loteng karena memiliki penyaringan udara yang baik. Pengeringan udara biasanya digunakan untuk sayuran, bumbu dapur, cabai, dan jamur.

Prosesnya adalah mengikat herba atau cabai menjadi satu atau dirangkai dan biarkan hingga kering. Anda dapat memasukkan makanan ke dalam kantong kertas untuk menghindari debu dan kotoran lainnya.

Tips dan Cara Membuat Sayuran Kering Instan

Beberapa Metode Pembuatan Sayuran Kering Instan

1. Ratakan Sayuran Sebelum Dijemur

Meskipun hal ini tidak terlalu diperlukan, meratakan sayuran sebelum dikeringkan dapat membuat warnanya tampak lebih cerah, mencegah vitamin hilang, dan membuat sayuran lebih segar meskipun sudah dikeringkan.

Jangan lupa untuk merebus sayuran terlebih dahulu sebelum dikeringkan tetapi jangan sampai terlalu layu atau lunak.

2. Keringkan hanya satu jenis makanan

Hal ini cukup penting untuk diperhatikan karena ketika sayuran atau buah dicampur dalam 1 proses pengeringan, rasanya menjadi tercampur dan tidak sama lagi.

3. Jangan Takut Mengeringkan Makanan yang Dimasak

Bahkan jika buah atau sayuran sudah matang, Anda tidak perlu khawatir karena masih bisa mengering. Tujuan dari pengeringan ini adalah untuk membuat makanan bertahan lebih lama.

Pastikan makanan yang akan Anda keringkan bebas dari jamur berbahaya. Juga jauhkan jamur dari dehidrator karena dapat mencemari makanan.

4. Suhu setiap makanan berbeda

Saat mengeringkan makanan, pastikan untuk mengatur suhu yang sesuai untuk makanan. Selain suhu yang tepat, waktu pengeringan setiap jenis makanan juga harus diperhatikan.

Karena beberapa makanan yang berbeda akan membutuhkan waktu dan suhu yang lebih lama juga.

5. Penyimpanan yang baik

Makanan kering harus disimpan dalam wadah atau wadah yang tertutup rapat agar teksturnya tetap kering dan terhindar dari serangga dan bakteri.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kantong plastik ziplock atau kaleng sebagai wadah penyimpanan.

Pastikan untuk menyimpan makanan kering sesuai dengan jenisnya. Mencampur berbagai jenis makanan kering akan membuat rasa menyatu dan mengurangi kualitas.

Nah, menari bukan cara membuat sayuran kering instan menggunakan tips dan cara diatas. Jangan lupa untuk mempraktekkan dirumah masing-masing yaa.. Semoga bermanfaat dan Sampai jumpa di artikel menarik berikutnya ^^