Cara Memasak Orek Tempe Kering Yang Enak Dan Lezat

Pada artikel kali ini saya akan membagikan beberapa cara memasak orek tempe kering yang enak dan lezat. Tapi sebelum itu, tahukah kamu apa itu tempe dan apa saja manfaat tempe? yuk simak sampai selesai penjelasanya.

Definisi Tempe

definisi tempe

Tempe adalah sebuah menu olahan makanan yang tidak asing di Indonesia. Terdapat berbagai resep olahan tempe dan tahu kekinian yang mudah untuk dibuat sehingga hampir semua orang menyukai dan mengkonsumsi tempe.

Tidak hanya mudah untuk ditemukan dan harganya yang cukup terjangkau, tempe menjadi menu andalan bagi banyak orang karena praktis dan enak. Tak hanya itu saja, tempe ini juga mengandung banyak manfaat yang baik untuk tubuh.

Tempe ini berasal dari kedelai yang direndam, dimasak, dan dibiarkan berfermentasi. Kandungan protein yang ada pada tempe ini terbilang cukup tinggi.

Terdapat berbagai macam metode dalam pembuatan tempe.Namun, teknik pembuatan tempe di Indonesia secara umum terdiri dari berbagai tahapan yaitu perebusan, pengupasan, perendaman dan pengasaman, pencucian, inokulasi dengan ragi, pembungkusan, dan fermentasi.

Pada saat ini, banyak pengrajin tempe menggunakan mesin klecep kedelai untuk memisahkan kedelai dari kulitnya karna lebih praktis dan tidak membutuhkan banyak tenaga sehingga dapat mempercepat laju produksi.

Resep Masakan Orek Tempe Kering

1. Resep Tempe Orek Kering Sederhana

Bahan-Bahan:

  • 1 papan tempe segar (30 cm)
  • 3 buah bawang putih
  • 5 buah bawang merah
  • 3 cm lengkuas
  • 5 buah cabe merah, iris miring
  • 1/2 buah tomat merah
  • 2 ruas asam jawa, seduh dalam 1/2 gelas air hangat
  • 1/2 buah gula merah
  • 1/2 sendok makan garam
  • 2 sendok makan kecap manis

Cara Membuat Resep Tempe Orek Kering:

  1. Langkah pertama potonglah tempe kecil-kecil memanjang, tidak perlu terlalu tipis. Goreng tempe sampai matang tapi jangan terlalu kering Tumis irisan bawang putih hingga harum, masukan juga bawang merah, cabe, tomat, lengkuas hingga harum.
  2. Pastikan bawang putihnya matang agar rasanya lebih nikmat. Kalau sudah tercium bau harum, masukkan irisan gula merah juga garam.
  3. Setelah mulai mengental, masukkan tempe, aduk-aduk hingga bumbunya merata, di atas api kecil.
  4. Setelah bumbunya rata, tuangi air asam diatas api sedang, lalu tutup sebentar 3 menit. Koreksi rasa, sajikan.

Manfaat Tempe bagi Kesehatan Tubuh

manfaat tempe

1. Sumber Protein yang Baik

Tempe ini memiliki kandungan protein yang jauh lebih tinggi dari pada daging sapi. Karena hal tersebutlah, tempe sering kali dijadikan sebagai makanan pengganti daging. Banyak sekali vegentarian atau vegan yang memakan tempe untuk memenuhi kebutuhan proteinnya. Setiap 100 gram tempe mengandung 20 gram protein.

Jumlah ini bahkan mampu untuk memenuhi kebutuhan protein harian mencapai 34 persen bagi orang dewasa. Selain berfungsi untuk melindungi jaringan otot, protein berfungsi untuk menghasilkan enzim proteolitik yang mampu memecah rantai protein, sehingga dapat diserap oleh tubuh.

2. Mengandung Antioksidan Tinggi

Manfaat selanjutnya, tempe berperan menjadi antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh yang bisa menyebabkan berbagai gangguan pada tubuh, hingga menjadi penyebab kanker. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya kandungan isoflavon serta nutrisi lain di dalam tempe. Peran tempe sebagai antioksidan sudah terbukti jauh lebih ampuh jika disandingkan dengan kedelai yang direbus biasa.

3. Aman untuk Pengidap Diabetes

Tempe aman dikonsumsi para pengidap diabetes. Pengidap diabetes ini tidak mudah untuk memilih menu makanan guna untuk mencegah naiknya kadar gula dalam darah. Tempe mengandung isoflavon dan serat yang dapat mengontrol kestabilan gula darah, dan dapat memperbaiki resistensi insulin dalam tubuh. Selain baik untuk dikonsumsi para pengidap penyakit diabetes, tempe juga bisa untuk membantu menurunkan risiko diabetes.

Baca juga: Cara membuat telur dadar panggang

Itulah pembahasan artikel kali ini mengenai beberapa cara memasak orek tempe kering yang enak dan lezat. Sampai jumpa di artikel-artikel saya yang selanjutnya.