Cara Kerja Panel ATS (Automatic Transfer Switch)

ATS merupakan salah satu jenis panel listrik yang dirangkai dalam rangkaian atau instalasi listrik gedung-gedung besar. Panel ATS memiliki cara kerja yang memastikan bahwa gedung tersebut tetap dialiri listrik meskipun sumber listrik utama dari PLN terputus.

Cara atau Prinsip kerja ATS (Automatic Transfer Switch)

Panel listrik jenis ATS harus dipasang dengan tepat karena memiliki peranan penting dalam rangkaian listrik gedung. Lantas, bagaimana cara atau prinsip kerja dari jenis panel listrik yang satu ini? Berikut ini penjelasan lebih dalam tentang cara kerjanya, yaitu:

1. Cara Kerja Automatic Transfer Switch secara Sederhana

Secara sederhana ATS akan bekerja dengan otomatis ketika aliran listrik dari PLN terputus di suatu gedung. Agar dapat bekerja secara otomatis, ATS harus diatur dengan mode otomatis.

ATS akan memerintahkan AFM untuk menyalahkan genset sebagai pengganti sumber aliran listrik pada gedung tersebut. Artinya, ATS bekerja dengan mengatur perpindahan arus listrik dari dua buah sumber listrik, misalnya PLN dan genset.

BACA JUGA  Mengapa Kamu Harus Melakukan Promosi Produk?

2. Detail Prinsip Kerja Automatic Transfer Switch

Panel ATS bekerja dengan prinsip menggunakan sensor dan sistem AMF (Automatic Main Failure). ATS AMF akan dihubungkan pada sumber daya listrik lainnya selain PLN, misalnya genset berkapasitas besar. Selain genset, panel listrik ini juga bisa dihubungkan dengan sumber listrik lainnya seperti baterai.

Ketika sensor ATS mendeteksi bahwa tidak ada sumber daya listrik PLN yang mengalir pada rangkaian listrik sebuah gedung, maka ATS secara otomatis akan memerintahkan AMF untuk menyalakan genset. ATS pun mengganti sumber listrik dari PLN ke sumber listrik genset untuk dialirkan ke gedung.

Ketika sumber listrik PLN kembali mengalir atau terhubung dan terdeteksi sensor, maka ATS akan secara otomatis meminta AMF untuk mematikan sumber daya listrik dari genset. ATS pun akan kembali memindahkan sumber aliran listrik PLN untuk dapat digunakan rangkaian listrik di gedung tersebut.

BACA JUGA  Menderita Kecemasan Pemasaran Media Sosial? Beberapa Tip untuk Mendapatkan Sebutan di Media Sosial

Panel ATS mampu bekerja dengan prinsip otomatis untuk mengalihkan atau saling menggantikan dua sumber daya listrik, seperti PLN dan genset atau baterai. Gunakan jasa instalasi listrik dari Galleon (https://galleoncy.com/) agar pemasangannya tepat dan ATS dapat bekerja dengan baik serta optimal!