Macam-Macam Masakan Rendang Asli Sumatra Barat

Berbagai Macam Masakan Rendang

Macam-Macam Masakan Rendang – Siapa sih yang suka dengan rendang? Masakan khas dari Minagkabau ini menjadi salah satu hidangan favorit. Sebagai hidangan terenak yang diakui dunia, tentu dengan mudah dapat menemukan rendang di seluruh penjuru Indonesia. Nah, artikel ini akan mengulas tentang macam-macam masakan rendang. Yuk simak!

 

1. Rendang Daging Sapi

Rendang yang dikenal hampir di seluruh dunia ini telah menjadi ikon tersendiri bagi masyarakat Minangkabau. Hidangan bumbu hitam kental yang terbuat dari santan yang dimasak lebih dari 6 jam ini kaya akan bumbu. Daging sapi bertekstur padat adalah bahan utamanya. Hampir di setiap rumah makan dan rumah makan Padang, baik dalam maupun luar negeri, rendang jenis ini selalu disajikan dan menjadi menu utama yang terkenal.

2. Rendang Daging Ayam

Rendang ayam sering disajikan pada pesta adat dan jamuan makan di daratan Sumatera Barat. Dengan banyaknya pesta adat yang diadakan oleh masyarakat ekonomi menengah ke bawah di sana, salah satu masakan yang disajikan adalah rendang ayam. Harga daging ayam yang lebih murah, serta waktu yang dibutuhkan untuk memasak rendang ayam lebih cepat, menjadi alasan utama sajian ini disajikan.

Rendang ayam ini bisa disajikan dengan cara mencincang daging ayam, baik itu digiling, diurai, atau dipotong dengan ukuran yang sesuai dengan selera kalian. Rendang ayam ini bisa ditemukan di beberapa rumah makan padang baik di Sumatera Barat maupun di luar Sumatera Barat.

3. Rendang Daging Bebek

Serupa dengan rendang ayam, rendang bebek juga disajikan di pesta-pesta adat. Menurut catatan BPNB, rendang bebek ini kebanyakan dimasak di daerah Payakumbuh dan sekitarnya. Namun dalam memasaknya, daging bebek direbus atau digoreng terlebih dahulu sebelum dicampur dan dimasak kembali dengan bumbu rendang.

4. Rendang Daging Kambing

Untuk rendang yang menggunakan daging kambing, menurut catatan BPNB sudah langka dan jarang dimasak atau dikonsumsi masyarakat Sumatera Barat.

BACA JUGA  Cara Memulai Usaha Keripik Pisang Rumahan, Dijamin Untung Mengalir!

Namun menurut hasil penelusuran, rendang kambing ini masih dimasak dan dikonsumsi di Kabupaten Agam, seperti Lubuk Basung dan di sebelah timur Kabupaten Agam.

Dibutuhkan keahlian yang mumpuni dalam proses memasaknya agar cita rasa daging kambing tidak kentara. Bumbu halus yang dihaluskan didominasi oleh cengkeh, pala, gardamunggu, dan kemiri kemudian digiling dengan dengan tangan, jika digiling dengan mesin, maka campuran bumbu tidak akan tercampur rata.

5. Rendang Hati dan Paru Sapi

Untuk jenis rendang ini hampir sama dengan rendang sapi. Namun perbedaannya terletak pada bahan utama rendang yaitu hati sapi atau paru-paru sapi yang disajikan dan dipotong-potong.

Potongan hati dan paru-parunya dicampur dengan bumbu rendang, tapi hati-hati jangan sampai tergigit potongan lengkuas atau jahe yang juga berwarna hitam.

6. Rendang Lokan

Resep Rendang lokan (kerang) Anti Gagal | Aneka Resep Paling Dicari

 

 

Rendang jenis ini menggunakan lokan (sejenis kerang yang biasanya hidup di pantai dan di air tawar). Rendang ini dimasak dengan cara khusus, jika tidak dilatih rasa tengik dan pahit Lokan akan merusak cita rasa rendang.

Rendang Lokan ini tumbuh pada masa pemerintahan Pesisir Selatan, Padang Pariaman, Pariaman, Nagari Sasak dan Pasaman Barat, menurut catatan BPNB.

Saat memasak rendang lokan, kunyit diukur sedikit lebih banyak daripada bumbu rendang biasa. Kemudian campuran lengkuas dan jahe dicampur dengan air rebusan lokan. Saat memasak, Lokan ditempatkan dalam bumbu rendang yang hampir matang. Jika memasukkan Lokan terlalu cepat, daging Lokan bisa hancur. Namun jika terlambat, daging Lokan bisa menjadi keras dan sedikit pahit.

7. Rendang Telur

Rendang dengan bahan dasar telur terbagi menjadi dua jenis. Rendang telor pipih mirip kerupuk. Dan rendang telur khas Suliki yang hampir sama dengan rendang hati dan paru-paru.

Rendang telur yang mirip dengan kerupuk sudah banyak dibuat dan menjadi oleh-oleh wajib saat berkunjung ke Kota Payakumbuh, wisata kuliner. Kedua telur rendang ini berbeda cara memasaknya dan cara penyajiannya. Rendang Telur Payakumbuh, dengan irisan tipis telur seperti dendeng dan dimasak sampai kering.

BACA JUGA  Cara Bikin Bubur Sumsum Enak Dan Lembut Sederhana Pastinya

Ada dua cara memasak rendang telur. Pertama dengan cara merebus dan mencampurkan telur rebus yang sudah diiris tipis ke dalam campuran bumbu rendang. Kedua, dengan cara merebus telur beserta bumbu rendang lalu memisahkannya saat telur direbus sedangkan bumbu rendang dimasak hingga kering. Telur kemudian dicampur lagi ke dalam bumbu rendang kering.

Sementara rendang telur khas Suliki dimasak berbeda, serbuk-serbuk rendang yang sudah jadi dimasak terpisah dari telurnya. Telur yang digunakan untuk membuat isian rendang dikocok dengan cabai giling, kunyit giling, lengkuas, dan sedikit kayu manis. Setelah dikocok, adonan telur dimasukkan ke dalam kantong plastik untuk dimasak hingga mendidih. Setelah matang, adonan dipotong kotak-kotak mirip rendang hati atau rendang paru sapi lalu dicampur dengan bumbu rendang.

8. Kalio Jengkol

Rendang dengan bahan dasar Jengkol, tidak dimasak kering seperti rendang lainnya. Rendang jengkol ini biasanya dimasak dengan cara direbus dengan garam. Di Sumatera Barat sendiri, Kalio Jengkol atau yang lebih dikenal dengan Kalio Jariang sangat diminati, menurut catatan BPNB Padang. Dengan kuah yang kental, bumbu yang beraroma, jengkol yang gurih, dan sentuhan sensasi pedas, kalian pasti akan tergoda untuk memakannya.

Nah, itulah macam-macam masakan rendang asli Sumatra Barat, apakah kalian tertarik membuatnya?

Sedikit informasi, sekarang sudah ada mesin parut kelapa mini kecil yang dapat kalian gunakan untuk membuat santan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Untuk mesin yang lainnya kalian bisa mengunjungi rumahmesin.com. Semoga bermanfaat yaa!