Yuk Intip Cara Membuat Tumis Daging Sapi Bawang Bombay

Banyak artikel yang pernah membahas tumis daging sapi bawang bombay. Karena memang sebagian orang banyak yang menyukainya. Daging sapi pun banyak difavoritkan. Rasanya yang lumayan manis dan juga gurih.

Sebelumnya kita pernah membahas resep bawang bombay. Sekarang kita akan padukan bawang bombay sebagai bumbu dalam masakan tumis daging sapi. Simak penjelasannya !

Tumis Daging Sapi

Tumis Daging Sapi

Daging sapi mengandung zat besi, sumber protein, seng, vitamin B12, omega 3, vitamin B6, fosfor dan masih banyak lagi. Makanya, konsumsi daging sapi sangat bermanfaat untuk kesehatan. Namun tentunya dengan porsi yang cukup agar olahan daging sapi bermanfaat bagi tubuh.

Resep daging sapi di Indonesia hampir tak terhitung banyaknya. Baik masakan tradisional dari berbagai daerah seperti hal nya dengan tumis daging sapi ini. Dengan hidangan yang bervariasi dengan juga resep yang modern dari berbagai negara.

Daging sapi ini diolah dengan bumbu yang menimbulkan rasa yang enak dan juga berkhasiat bagi tubuh. Semua hidangan daging sapi ini bisa disajikan dengan nasi putih hangat yang berasal dari negara Indonesia.

Agar tidak bosan dengan olahan daging sapi yang sama, kelola menu olahan daging sapi dengan bijak. Anda tidak perlu terlalu paham resep mana yang harus dicoba dan cara membuat daging sapi yang enak dan sederhana.

Tumis daging sapi memang sangat layak untuk difavoritkan . Karena memang rasanya yang enak dan gurih serta membuatnya tidak terlalu sulit. Bahkan anak-anak kecil banyak yang menyukainya hingga orang dewasa. Banyak yang menjual tumis daging sapi di warung-warung.

Hingga restoran dan hotel-hotel yang mewah pun juga menjualnya. Daging sapi ini sangat banyak sekali manfaatnya. Simak artikel berikut !

Manfaat Daging Sapi

1. Kaya Protein dan Zat Besi

Protein hewani yang terdapat pada daging sapi berguna untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, sehingga meningkatkan fungsi otak. Zat besi berperan sebagai agen pengikat oksigen dalam tubuh, mendukung proses metabolisme dan menjaga suhu tubuh tetap stabil.

2. Dapat Mencegah Stroke dan Diabetes

Sel saraf dalam tubuh membutuhkan banyak oksigen. Dengan mengonsumsi daging sapi secara rutin dan mengolahnya dengan benar, kadar insulin bisa tercapai, sehingga terhindar dari risiko diabetes.

3. Meningkatkan Sistem Imun

Pola makan dan nutrisi pada daging sapi sangat baik untuk semua orang, terutama mereka yang aktif beraktivitas. Karena dapat meningkatkan sistem imun atau sistem imun tubuh, maka tidak mudah terserang penyakit.

4. Menjaga Berat Badan Ideal

Daging sapi tinggi protein. Karena itu, daging sangat dianjurkan untuk orang yang sedang berdiet, karena protein dapat membakar kalori, yang dapat meningkatkan metabolisme dan menekan rasa lapar. Pilih daging sapi dengan sedikit lemak atau bebas lemak untuk nutrisi yang lebih optimal.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Protein dalam daging sapi dapat mempercepat penyembuhan luka. Salah satu penyebab paling umum dari infeksi luka adalah tersumbatnya suplai oksigen ke jaringan yang rusak. Kekurangan mineral dapat menunda pembentukan dan perbaikan jaringan.

Mineral memainkan peran penting dalam penyembuhan karena berperan dalam mendistribusikan oksigen dalam darah.

6. Membantu Fungsi Jantung

Dengan penyajian yang tepat, daging sapi tanpa lemak sangat baik untuk kesehatan jantung. Makan daging sapi dengan olahan yang tepat seperti memasak atau memanggang bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan mineral dan nutrisi pada daging sapi dapat membantu meregenerasi kulit dengan cara mencegahnya dari kusam, menghilangkan flek hitam di wajah, dan mencegah penuaan dini. Agen antikanker dalam daging juga dapat mencegah tumbuhnya kanker, termasuk kanker kulit.

Tumis Daging Sapi Bawang Bombay

Bahan-bahan :

  • 500 gram daging sapi
  • 1 buah bawang bombay
  • Bawang putih dikupas menggunakan mesin pengupas bawang
  • 1 ruas jahe
  • 5 buah cabai hijau besar
  • Cabai hijau keriting 5 buah
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1/2 sendok teh garam, gula, merica bubuk
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sendok makan kecap asin
  • Minyak wijen 1 sendok makan

Cara Membuat Tumis Daging Sapi Bawang Bombay :

  1. Rendam daging dalam kecap manis, kecap, dan minyak wijen.
  2. Diamkan di lemari es minimal 1 jam, lebih lama lebih baik.
  3. Potong cabai menjadi irisan diagonal. Jahe geprek. Cincang bawang putih hingga halus. Potong besar bawang bombay.
  4. Panaskan minyak goreng, goreng bawang putih dan bawang bombay yang harum, lalu tambahkan jahe dan cabai hijau.
  5. Kemudian tambahkan daging yang sudah direndam dan saus utuh. Campur dengan baik.
  6. Tambahkan saus tiram. Campur dengan baik.
  7. Lalu tambahkan garam, gula dan merica.
  8. Tambahkan air secukupnya agar daging matang sempurna, empuk dan tidak gosong.
  9. Masak sampai saus berkurang tergantung selera. Koreksi rasa.
  10. Daging sapi gorengnya bisa disajikan untuk makan siang bersama keluarga tercinta

Demikian merupakan artikel tumis daging sapi bawang bombay. Semoga dapat bermanfaat dan membantu untuk kalian semua. Selamat untuk mencobanya di rumah.