Efek Samping Jamu Kunyit Asam bagi Kesehatan

Yuk simak artikel berikut untuk mengetahui apa saja efek samping yang dapat ditimbulkan dari konsumsi jamu kunyit asam yang berlebihan!

Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Rimpang kunyit bisa digunakan sebagai bumbu pada masakan serta bahan pembuatan jamu tradisional. Pada masakan, kunyit berguna untuk menambahkan aroma serta warna kuning yang menarik. Sementara sebagai bahan jamu, kunyit dapat memberikan khasiat yang baik bagi kesehatan seperti jamu kunyit asam.

Jamu kunyit asam merupakan salah satu minuman sekaligus obat tradisional yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Minuman tradisional ini dapat memberikan beberapa khasiat baik bagi tubuh berkat adanya senyawa kurkumin yang terkandung di dalamnya. Selain senyawa kurkumin, rimpang kunyit juga mengandung beberasa senyawa yang bersifat sebagai antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

Kandungan-kandungan ini mampu meredakan nyeri, mengatasi peradangan, mengurangi rasa mual, mengatasi perut kembung, mengobati alergi, menawarkan racun, menangkal bakteri jahat, mengobati maag, menstabilkan kadar gula darah, menurunkan berat badan, melawan infeksi, mencegah kanker, hingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Intip Juga : Cara Membuat Jamu Kunyit Asam dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Efek Samping Jamu Kunyit Asam bagi Tubuh

Efek Samping Jamu Kunyit Asam bagi Tubuh

Sebenarnya, jamu kunyit asam tergolong aman dan jarang menimbulkan efek samping yang serius bagi kesehatan. Namun, untuk sebagian orang, minuman tradisional yang satu ini dapat menimbulkan efek yang berbahaya bila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Berikut ini beberapa efek samping yang perlu Anda waspadai sebagai akibat dari mengkonsumsi jamu kunyit asam yang berlebihan:

1. Iritasi pencernaan

Meskipun baik untuk pencernaan, jamu kunyit asam dapat mengiritasi pencernaan bila dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini disebabkan karena kunyit memiliki sifat yang dapat merangsang lambung untuk memproduksi lebih banyak asam.

2. Batu ginjal

Rimpang kunyit kaya akan kandungan oksalat. Jika dikonsumsi secara berlebihan, senyawa ini dapat menyebabkan penyakit batu ginjal. Tentu hal ini bisa menimbulkan nyeri yang hebat serta rasa tidak nyaman sebagai akibat adanya batu ginjal.

3. Sakit kepala dan mual

Efek samping berupa sakit kepala dan mual juga bisa terjadi bila jamu kunyit kunyit asam dikonsumsi dalam dosis tinggi atau di atas 450 miligram (mg).

4. Ruam kulit | Efek Samping Jamu Kunyit Asam bagi Tubuh

Konsumsi jamu kunyit asam secara berlebihan juga dapat memicu timbulnya ruam pada kulit. Namun, efek mengonsumsi jamu kunyit asam ini tergolong jarang terjadi.

5. Intoleransi gluten dan penyakit celiac

Efek buruk jamu kunyit asam yang berikutnya yaitu intoleransi gluten dan penyakit celiac. Bubuk kunyit yang dijual di pasaran biasanya mengandung gandum, jelai (barley), serta gandum hitam (rye).

Gluten adalah protein yang biasa ditemukan pada gandum, jelai (barley), serta gandum hitam (rye). Jika kandungan ini dikonsumsi oleh pengidap intoleransi gluten atau penderita penyakit celiac yang alergi terhadap kandungan gluten, maka dapat memperburuk gejalanya. 

6. Kanker

Penggunaan bubuk kunyit dapat menimbulkan efek yang buruk bagi tubuh, terutama jika bubuk kunyit mengandung pewarna makanan jenis metanil yellow atau acid yellow 36. Menurut beberpa penelitian, jika kandungan metanil yellow dikonsumsi secara berlebihan, dapat menyebabkan efek samping berupa kanker.

7. Kontraksi | Efek Samping Jamu Kunyit Asam bagi Tubuh

Bagi para wanita hamil, sebaiknya menghindari konsumsi minuman kunyit. Pasalnya, kunyit dipercaya dapat merangsang kontraksi rahim sehingga dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur dan keguguran.

Jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu secara rutin, maka pastikan Anda telah berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi jamu kunyit asam. Hal ini dikarenakan jamu kunyit asam dapat berinteraksi dengan berbagai jenis obat sehingga dapat menyebabkan efek samping. Beberapa contoh obat-obatan tersebut diantaranya yaitu obat untuk mengobati penyakit menular (seperti HIV, malaria, dan TBC), depresi, asma, alergi, kanker, impotensi, kolesterol tinggi, hipertensi, diabetes, migrain, kejang, dan banyak lagi.

Rimpang kunyit memang dapat memberikan segudang manfaat kesehatan. Namun, hal ini tidak berarti Anda dapat mengonsumsi jamu kunyit asam secara berlebihan. Anda harus mematuhi dosis aman dalam mengonsumsi jamu kunyit asam. Anda juga bisa mengonsultasikan hal ini dengan dokter sebelum mengonsumsi jamu kunyit asam untuk mencegah efek buruk tertentu, terutama jika Anda sedang menjalani perawatan karena memiliki penyakit atau kondisi medis tertentu. Jika diabaikan, efek samping mengkonsumsi jamu kunyit asam terlalu berlebihan ini bisa menimbulkan gejala yang mengganggu hingga berbahaya bagi tubuh.

Intip Juga : Cara Membuat Jamu Temulawak Agar Tidak Pahit | Anti Gagal

Berapa banyak dosis kunyit yang dianjurkan?

Tidak ada rekomendasi resmi tentang seberapa banyak konsumsi kunyit yang aman agar bermanfaat bagi kesehatan. Secara umum, jamu kunyit asam biasanya dikonsumsi sebanyak 250 ml atau satu gelas setiap satu hari. Selain itu, Anda juga dapat melihat dosis yang dianjurkan pada label kemasannya. 

Banyaknya asupan kunyit per hari yang disarankan yaitu sebanyak 3 mg per kilogram berat badan. Sebagai contoh, bagi orang yang memiliki berat badan 50 kg, maka hanya diperbolehkan mengonsumsi kunyit sebanyak 150 mg per harinya.

Sementara itu, dalam suatu penelitian disimpulkan bahwa dosis kunyit sebanyak 3,600 hingga 8,000 mg per hari tidak dapat menyebabkan efek samping yang serius. Namun, pada studi lain menunjukkan bahwa dosis kunyit sebanyak 12,000 mg juga masih bisa ditoleransi. Dosis konsumsi kunyit yang tepat bagi setiap orang itu berbeda-beda, tergantung dengan kondisi kesehatan masing-masing. Untuk lebih amannya, Anda dapat mengonsultasikan hal ini dengan dokter terlebih dahulu.

Demikian beberapa efek samping yang bisa timbul sebagai akibat dari konsumsi jamu kunyit asam yang berlebihan. Semoga artikel ini bisa menjadi sebuah pelajaran berharga serta membuat Anda lebih berhati-hati sebelum memutuskan untuk mengonsumsi jamu kunyit asam secara rutin.