Cara Membuat Jahe Bubuk Instan Tinggal Seduh

Cara Membuat Jahe Bubuk – Jahe merupakan salah satu jenis tanaman herbal atau rempah-rempah yang kaya akan manfaat. Rimpang jahe seringkali dijadikan sebagai bumbu pada masakan maupun sebagai bahan minuman tradisional. Jahe memiliki cita rasa yang agak pedas serta mampu menghangatkan badan.

Tahukah Anda, selain rasanya yang khas, jahe juga mempunyai segudang bagi kesehatan. Di dalam rimpang jahe terkandung zat-zat dengan sifat sebagai antioksidan, antiperadangan, serta dapat memberikan perlindungan maksimal terhadap tubuh.

Selain itu, jahe juga diyakini dapat memberikan reaksi anti-kanker karena mampu menghambat antigen awal yang bisa memicu terjadinya kanker.  Untuk lebih lengkapnya, mari kita simak beberapa manfaat mengonsumsi jahe berikut ini :

Manfaat Mengonsumsi Minuman Jahe

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Dengan mengonsumsi jahe secara rutin, Anda bisa membantu menjaga pencernaan Anda aga tetap sehat. Minuman jahe dipercaya dapat menghindari Anda dari berbagai macam gangguan pencernaan seperti konstipasi atau sembelit.

2. Mengatasi Mual

Selain dapat menjaga kesehatan pencernaan, minuman jahe juga berkhasiat untuk mengatasi rasa mual. Minuman jahe dianggap cukup efektif untuk meredakan mual saat kehamilan, masuk angin, ataupun pasca menjalani operasi maupun kemoterapi.

3. Mengatasi Nyeri Sendi dan Otot | Cara Membuat Jahe Bubuk

Manfaat minuman jahe yang selanjutnya yaitu dapat mengatasi nyeri pada sendi dan otot, terutama setelah menjalani aktivitas yang berat seperti berolahraga.

Manfaat dari minuman ini dapat Anda rasakan karena rimpang jahe mengandung zat yang bersifat sebagai anti inflamasi atau peradangan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mengonsumsi minuman jahe untuk menggatasi nyeri pada sendi dan otot.

4. Meredakan Nyeri Menstruasi

Selain dapat mengatasi nyeri pada sendi dan otot, minuman jahe juga berkhasiat untuk meredakan nyeri datang bulan.

Beberapa penelitian bahkan telah membuktikan bahwa minuman jahe cukup efektif dalam meredakan nyeri datang bulan. Dengan mengonsumsi minuman jahe secara rutin, diyakini mampu memberikan efek relaksasi sehingga mampu mengurangi nyeri pada perut.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol dalam darah yang tinggi dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami gangguan pada jantung. Namun Anda tak perlu khawatir, karena Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi minuman jahe secara rutin.

Minuman jahe diyakini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam darah. Namun, selain itu, Anda juga perlu menerapkan pola hidup yang sehat dengan rajin berolahraga serta menjaga pola makan. Hal ini bertujuan agar Anda terhindar dari segala macam penyakit yang disebabkan oleh kolesterol jahat.

6. Menjaga Kesehatan Mulut | Cara Membuat Jahe Bubuk

Di dalam jahe, terkandung zat-zat anti bakteri sehingga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Senyawa gingerol atau senyawa aktif yang ada di dalam jahe berperan dalam menghambat pertumbuhan bakteri yang ada di dalam mulut dan sekitar gigi.

Tidak ada salahnya Anda mengonsumsi minuman jahe, atau hanya sekedar menggunakannya sebagai obat kumur.

7. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Dengan mengonsumsi minuman jahe, Anda dapat menghindari serta mencegah perkembangan penyakit kanker yang ada di dalam tubuh.

Ada beberapa jenis sel kanker yang dapat Anda cegah dengan mengonsumsi minuman jahe yang satu ini. Diantaranya yaitu kanker prostat, kanker payudara, kanker mulut, kanker usus, dan kanker hati.

8. Meningkatkan Fungsi Otak

Minuman jahe juga diyakini dapat mencegah gangguan dan kerusakan pada otak. Otak merupakan pusat sensorik dan motorik manusia. Oleh karena itu peran otak sangat besar dan perlu kita jaga kesehatannya. Anda bisa mengonsumsi minuman jahe untuk mengoptimalkan fungsi pada otak, terutama pada orang yang sudah lanjut usia.

9. Menurunkan Berat Badan | Cara Membuat Jahe Bubuk

Memiliki berat badan yang ideal merupakan impian bagi semua orang. Tahukah Anda ternyata minuman jahe dapat bermanfaat untuk membantu Anda dalam menurunkan berat badan.

Mengonsumsi minuman jahe dipercaya dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini tentu saja dapat bermanfaat untuk mengendalikan pola makan Anda.

Demikian tadi beberapa manfaat dari minuman jahe. Selain mengonsumsi minuman jahe, Anda juga perlu menerapkan pola makan dan pola hidup yang sehat agar kesehatan tubuh terjaga dengan baik dan optimal.

Baca Juga :

Cara Membuat Jahe Bubuk Instan

Cara Membuat Jahe Bubuk

Ada banyak cara untuk membuat minuman jahe, mulai dari merebus rimpang jahe dengan air, hingga membuatnya menjadi bubuk siap seduh.

Berikut ini merupakan cara membuat jahe bubuk instan siap seduh yang dapat Anda praktekkan di rumah :

Bahan-bahan :

  • 5 ons jahe
  • 4 ons gula pasir
  • Air secukupnya

Cara Membuat :

  1. Langkah pertama, cuci rimpang jahe hingga bersih dan terhindar dari sisa-sisa tanah yang menempel.
  2. Setelah itu, rimpang jahe dikupas dan dipotong menjadi kecil-kecil.
  3. Selanjutnya potongan jahe tersebut dimasukkan ke dalam blender
  4. Tambahkan air secukupnya, kemudian blender hingga halur. Anda juga bisa melakukan proses ini dengan cara manual, yaitu dengan memarut rimpang jahe secara manual.
  5. Setelah dihasilkan jahe yang halus, kemudian ambil sari jahenya dengan cara menyaring air jahe menggunakan kain bersih.
  6. Diamkan sari jahe selama beberapa menit agar serat-serat jahe yang tersisa mengendap di dasar wadah.
  7. Kemudian pisahkan sari jahe dengan endapan putih yang ada di bagian paling bawah wadah.
  8. Selanjutnya, sari jahe dimasukkan ke dalam wajan lalu ditambah gula kemudian masak di atas api sedang. Aduk-aduk secara berkala.
  9. Setelah mendidih, kecilkan api kompor sambil terus diaduk-aduk hingga mengental.
  10. Jika sudah mengental, maka jahe bubuk instan sudah hampir jadi. Aduk terus hingga mengering dan diperoleh bubuk jahe.
  11. Bubuk jahe yang dihasilkan kemudian diblender kembali untuk mendapatkan ukuran serbuk yang lebih halus.
  12. Bubuk jahe instan pun siap dikemas dan bisa langsung diseduh dengan  menggunakan air hangat.

Baca Juga : 

Wah ternyata mudah sekali ya cara membuat bubuk jahe instan siap seduh ini. Yuk tunggu apalagi? Ayo praktekkan cara-cara di atas untuk mendapatkan manfaat dari minuman jahe! Selamat Mencoba!