Apa Tugas Perawat Home Care?

Pada dasarnya perawatan pasien yang dilakukan di rumah jauh lebih efektif dibandingkan harus di rawat di rumah sakit. Saat ini banyak masyarakat yang menginginkan jasa layanan kesehatan home care untuk membantu merawat pasien di rumah hingga pulih. Terlebih untuk pasien lansia yang menderita penyakit-penyakit berat, kronis ataupun pasca operasi dan membutuhkan pengawasan yang intensif secara medis. Layanan home care ini juga mempermudah Anda, saat mempunyai kepentingan mendesak dan sulit membagi waktu untuk merawat pasien. Berikut ini tugas perawat home care yang perlu Anda ketahui, simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Tugas pelayanan home care

Tugas jasa perawat home care biasanya membantu untuk menyiapkan dan membantu pasien pada saat makan, memandikan, mencuci rambut, mencuci pakaian hingga menemaninya dalam mengerjakan aktivitas pasien. Layanan lainnya yang bisa diberikan oleh jasa home care yakni layanan medis, seperti memasang kateter, selang sonde, IV terapi, dan sebagainya. Peran perawat dalam layanan tersebut, bertanggung jawab terhadap nutrisi pasien supaya terpenuhi. Mulai dari asupan gizi, jadwal pemberian obat, dan berbagai keperluan yang dibutuhkan pasien. Selain itu, perawat juga memberikan perhatian dan juga pengawasan penuh terhadap kesehatan pasien. Namun, sebelum memesan jasa home care, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu yang menangani penyakit pasien untuk mendapatkan pelayanan yang terbaik. Agar tugas dan peran sebagai suster layanan home care bisa berjalan dengan baik. Pasien perlu hati-hati dalam memilih suster yang tepat untuk merawat pasien hingga pulih. Pastikan Anda mengetahui latar belakang, take record dari perawat yang akan melayani pasien terlebih dahulu sebelum memilih perawat tersebut.

  1. Syarat menjadi perawat home care
BACA JUGA  Manfaat Madu untuk Kesehatan Jantung

Adapun untuk menjadi perawat home care ini tidak bisa sembarangan, harus memenuhi syarat yang telah ditentukan. Suster yang diperbolehkan dalam layanan home care merupakan tenaga medis yang profesional. Tentunya telah menyelesaikan studi keperawatannya dan memiliki STR (Surat Tanda Registrasi), SIP (Surat Izin Praktek), serta memiliki sertifikat pelatihan home care. Selain itu juga memiliki pengalaman kurang lebih 3 tahun berprofesi sebagai perawat.