Cara Kerja Mesin Pencari Google Dalam Meranking Website

Dari informasi yang aku dapatkan dari beberapa artikel, ada tahapan bagaimana cara Google bekerja. Aku coba rangkum dan semoga bermanfaat bagi teman-teman semua.

1. Tahapan Proses Index

Dalam proses indexing ini, Google akan memberitahukan kepada kita website yang mengandung kata kunci atau keyword yang relevan yang sedang kita cari di kolom search Google.

Pada tahapan proses indexing ini, di awali dengan pengumpulan informasi-informasi dari website yang ada dan proses ini dinamakan crawling.

Nah pada proses crawling ini menggunakan kode-kode yang bekerja mengunjungi link-link untuk di jelajahi dan kode ini disebut dengan Spider.

Sudah bisa ditebak darimana Google bisa mengumpulkan semua informasi bukan? Iya benar, dari si Spider yang menjelajahi beberapa link. Karena itu tidak heran segala informasi baik itu berupa alamat, url, judul, isi suatu artikel dan sebagainya dikumpulkan oleh Google ke dalam sebuah data base besar.

Pada tahap proses pengumpulan inilah yang disebut indexing. That’s why, ketika teman-teman mencari sesuatu di Google dengan menggunakan kata kunci, Google langsung memberikan informasi-informasi yang teman-teman butuhkan melalui kata kunci yang relevan.

 

 

Pengen website mu nangkring di halaman satu google ? Coba pakai jasa ini : jasa seo

BACA JUGA  Kelebihan Situs Popbela.com  

 

 

2. Tahapan Proses Algoritma

Sehabis tahap index, selanjutnya adalah tahapan proses algoritma. Dari artikel yang aku sudah baca-baca, yang namanya algoritma itu selalu berubah-ubah setiap waktu, bisa jadi kata kunci yang sudah kita pergunakan pada artikel di website kita dan menduduki posisi terbaik di mesin pencari bisa saja berubah.

Artinya, kita diminta untuk siap dengan segala kondisi perubahan dan tentu mendapatkan kata kunci yang sesuai dengan algoritma Google. Tidak hanya itu, kita perlu membuat artikel yang berkualitas agar bisa tetap tampil di halaman pertama.

Konten atau artikel yang berkualitas inilah menjadi salah satu alasan mengapa Google menyediakan algoritma sedemikian rupa yang cenderung berubah-ubah.

Tidak hanya itu, ada beberapa faktor yang mempengaruhi bagaimana algoritma Google bekerja dalam memberikan peringkat terbaik bagi konten atau artikel yang mengandung kata kunci.

  • Faktor Kata Kunci. Gunanya kata kunci adalah untuk mengidentifikasi sebuah artikel. Oleh sebab itu sangat penting meletakkan kata kunci dengan tepat, sehingga dapat membantu cara kerja algoritma Google dengan baik dan efektif.

Agar kata kunci yang kita gunakan dapat bekerja dengan optimal, kita bisa mencantumkan kata kunci pada judul artikel, pada paragraph awal artikel dan terakhir cantumkan keywords pada link text.

  • Link. Aku pernah ikut kelas mengenai SEO pada blog, di kelas itu diberitahu bahwa jika ada sebuah website yang mendapatkan referensi dari website lain maka website tersebut akan mendapatkan nilai yang bagus di mata mesin pencari Google.
BACA JUGA  Fitur Yang Ada Pada Situs Naver Serta Sejarah Perkembangannya

Bagi para blogger pasti paham bahwa sebuah link itu sering dikaitkan dengan yang namanya PageRank, dimana jika blog kita memiliki PageRank tinggi, sudah pasti bisa mendapatkan kesempatan untuk tampil di halaman awal Google.

Tapi perlu diingat bahwa kata kunci yang tepat tetap menjadi nomor satu untuk bisa mengoptimalkan blog atau website bisnis kita.

Kurang lebih inilah yang aku pahami setelah baca beberapa informasi mengenai proses bagaimana google merangking sebuah keyword. Semangat melakukan riset kata kunci ya teman-teman, aku pun juga masih proses belajar nih.

Semoga artikel aku ini bermanfaat dan see you on my next blog post.