Manfaat Website untuk Bisnis-Di era modern dan digital ini, semuanya berubah karena peran teknologi dan terutama internet. Salah satunya adalah bisnis yang sangat tua jika dijalankan dengan hati-hati. Maka, tidak heran jika saat ini banyak kegiatan yang dilakukan melalui dua bentuk, offline dan online.

Oleh karena itu, hari ini kita akan membahas manfaat memiliki website bisnis yang sangat banyak digunakan saat ini.

Berbicara tentang keadaan usaha kecil menengah dan yang baru merintis, patut kita syukuri, saat ini semakin banyak pengusaha yang melek internet. Bahkan, banyak orang yang memiliki bisnis yang bisa membuat website sendiri dan memiliki tim untuk mengelola website bisnisnya.

Dulu, masih banyak pemilik usaha kecil yang beranggapan bahwa memiliki website untuk bisnisnya tidaklah penting. Karena mereka masih beranggapan bahwa membuat website itu mahal dan tidak masuk dalam anggaran bisnis. Ada juga orang yang beranggapan karena bisnisnya tidak menggunakan komputer maka website tidak diperlukan.

Walaupun ini adalah kesalahpahaman, karena sebenarnya banyak sekali manfaat membuat website untuk bisnis sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan dan meningkatkan bisnis Anda lebih baik lagi.

Berikut 8 manfaat memiliki website bisnis yang perlu Anda pahami.

1. Meningkatkan gengsi bagi usaha kecil

Manfaat nomor satu dari memiliki situs web untuk bisnis Anda adalah meningkatkan kredibilitas untuk bisnis kecil. Jadi, jika bisnis Anda masih kecil, jangan khawatir karena kredibilitas Anda bisa ditingkatkan melalui website.

Karena di zaman sekarang konsumen semakin banyak menggunakan internet untuk mencari produk atau jasa yang mereka butuhkan. Bisnis kecil Anda akan mendapatkan kredibilitas dengan memiliki website. Tanpa situs web, calon pelanggan akan melihat pesaing Anda yang memilikinya.

Jika Anda sudah memiliki situs web tetapi masih sama, Anda harus mendesain ulang dengan tampilan yang lebih profesional, yang akan membuat bisnis Anda memiliki tingkat kredibilitas yang lebih tinggi.

Dan bagi anda yang menjalankan bisnis rumahan, sangat menguntungkan untuk memiliki website atau website bisnis sendiri karena anda tidak perlu memiliki toko offline (toko fisik) untuk mempromosikan produk atau jasa anda terlebih dahulu. kepada konsumen.

BACA JUGA  Berbagai manfaat memanfaatkan IT Outsourcing

2. Menjangkau target pasar yang lebih luas dan relevan

Manfaat Website untuk bisnis kedua yaitu Untuk Menjangkau target pasar.Kemudian bagi Anda yang memiliki bisnis yang cukup stabil, website akan memungkinkan Anda menjangkau target pasar yang lebih besar.

Baik bisnis Anda menjual produk atau jasa, website akan selalu menjadi alternatif yang menarik untuk mempromosikannya. karena selain mudah diakses, juga menjangkau berbagai pelosok, bahkan jika ada internet di tempat itu.

Sebagai pengecer produk, situs web e-niaga, atau toko online, ini adalah tempat yang tepat untuk mempromosikan produk Anda ke pasar yang lebih luas, karena produk Anda dapat dilihat dan dilihat di seluruh dunia.

Ya, tapi tunggu dulu, jangan berpikir Anda tidak bisa menjual produk atau jasa Anda secara online. Bahkan mie goreng dan mie rebus kini dijual secara online lho!

3. Hemat uang

Sebagai pemilik usaha kecil, Anda mungkin tidak berpikir bahwa Anda memiliki kemampuan untuk membuat situs web yang unik, menarik, atau profesional.

Namun, coba bandingkan biaya pembuatan situs web dengan biaya Anda jika Anda beriklan di koran, ketika Anda dapat melihat pasar potensial yang dapat Anda jangkau untuk sebuah situs web, itu adalah cara yang sangat efektif untuk memperkenalkan bisnis Anda.

Meskipun biaya pembuatan website bervariasi, website bisnis kecil biasanya berharga kurang dari $50 per bulan. Dan akan lebih efisien jika dikonversi setiap tahun. Ingatlah bahwa saat ini semuanya sangat efisien jika dilakukan secara online.

4. Selalu dapat terhubung dengan pelanggan

Nah, keuntungan terbaik memiliki situs web untuk bisnis Anda adalah memungkinkan Anda untuk tetap terhubung dengan pelanggan Anda. Melalui website, Anda dapat memahami keinginan konsumen Anda, bahkan berinteraksi melalui live chat atau telepon.

Juga jauh lebih mudah dan lebih cepat untuk memperbarui informasi produk dan layanan di situs web Anda daripada di materi cetak.

Oleh karena itu, ini adalah cara yang efektif untuk memberi tahu pelanggan Anda tentang produk baru yang akan segera hadir, acara yang akan datang, promosi khusus, atau layanan baru yang akan segera hadir kamu menyarankan.

BACA JUGA  Fitur Yang Ada Pada Situs Naver Serta Sejarah Perkembangannya

Tidak seperti iklan cetak yang cepat ketinggalan zaman, situs web Anda memungkinkan Anda untuk selalu memberikan informasi terkini yang pasti akan dinikmati konsumen.

5. Mudah Diakses

Manfaat kelima memiliki website bisnis adalah mudah diakses. Ya, sebuah website dapat dilihat oleh Anda sendiri, konsumen Anda, calon pelanggan dan pelanggan setia tanpa batasan kapanpun dan dimanapun.

Fitur terbaiknya adalah meskipun toko atau kantor offline Anda tutup, konsumen tetap dapat dengan nyaman melihat produk dan layanan Anda

6. Sebagai sarana katalogisasi produk dan jasa (portofolio)

Manfaat memiliki website adalah sarana katalogisasi produk dan jasa (portofolio). Yah, apa pun jenis bisnis tempat Anda bekerja, situs web adalah tempat yang tepat untuk memamerkan karya Anda.

Dengan menyertakan portofolio atau galeri foto produk, serta testimonial dari pekerjaan yang Anda lakukan, Anda dapat memamerkan apa yang membuat bisnis Anda semakin unik.

7. Hemat waktu

Tahukah Anda, memberikan informasi kepada pelanggan tentu membutuhkan waktu, baik melalui telepon, tatap muka, melalui flyer maupun email.

Berkat katalog online, Anda dapat memberikan lebih banyak informasi tentang produk dan layanan Anda dengan lebih cepat dan efisien.

Setelah situs web Anda dibuat, pelanggan Anda memiliki akses tak terbatas dan itu benar-benar menghemat waktu Anda.

Ya, dan waktu adalah uang! jadi hemat waktu Anda dengan menggunakan situs web untuk bisnis Anda!

8. Tingkatkan layanan pelanggan

Nah, berkat adanya website, pelayanan kepada pelanggan Anda pasti akan meningkat. Terutama dengan menambahkan halaman Q&A, menulis artikel dan blog atau memberikan informasi di newsletter untuk menjawab semua pertanyaan pelanggan.

Baca Juga : Pentingnya website untuk Membangun bisnis