Solar Power Plant Indonesia

Bisa dibilang solar panel adalah salah satu hal yang dianggap lumrah di Indonesia, selain menggunakan listrik konvensional. Tapi bagaimana dengan solar Power Plant Indonesia, tentunya ini akan membuat project green power plant di Indonesia, jadi terasa semakin dekat.

Apa itu solar Power Plant

Hadirnya Solar Power Plant Indonesia tentunya jadi salah satu bentuk komitmen pemerintah, untuk mulai mengurangi penggunaan bahan bakar fosil sebagai pembangkit listrik, salah satunya adalah dengan menggunakan tenaga surya.

Sebenarnya pembangkit listrik tenaga surya sudah ada sejak lama, namun juga digunakan dalam skala besar, memang baru direalisasikan belakangan ini. Seperti namanya, Pembangkit Listrik Tenaga Surya / PLTS, adalah pembangkit listrik yang menggunakan tenaga Surya atau sinar matahari.

Cara kerja solar Power Plant

Adapun cara kerja dari solar Power Plant ini kurang lebih sama dengan solar panel umumnya. Dimana energi panas yang dihasilkan oleh matahari akan disimpan dalam sebuah panel, untuk nantinya dialirkan dan kemudian disimpan dalam sebuah tempat.

BACA JUGA  Kontraktor studio podcast Jakarta

Untuk memasang solar panel atau alat untuk menyimpan panas matahari ini, cukup beragam, bisa di atas atap gedung, di tanah lapang atau bisa juga menggunakan sistem mengambang atau floating.

Lokasi solar Power Plant Indonesia

Dibanding dengan PLTB, saat ini PLTS terbilang sudah cukup banyak. Adapun beberapa lokasi PLTS yang ada di Indonesia antara lain :

  1. PLTS Likupang, Sulawesi Utara

Menggunakan 64.420 panel surya yang terhampar di lahan seluas 29 Ha. PLTS ini mampu menghasilkan listrik sekitar 15 MW hingga 21 MW.

  1. PLTS Cirata

Berada di atas bendungan, sehingga menggunakan sistem floating Power Plant Indonesia, atau mengambang. Termasuk salah satu PLTS terbesar di Asia Tenggara dengan kapasitas mencapai 250 GW.

  1. PLTS Kayubihi, Bali
BACA JUGA  objek wisata raja ampat

Tepatnya berada di Kayubihi, Bangli, Karangasem, dengan 500 panel surya, dan berada di lahan seluas 2 Ha, mampu menghasilkan sekitar 200 W.

Selain itu ada juga PLTS lain yang ada di Indonesia, seperti Gili Trawangan, Oelpuah NTT, dan juga kep Seribu. Tertarik untuk mengenal lebih lanjut tentang berbagai energi terbarukan seperti solar, atau yang lainnya, ada baiknya jika Anda langsung mengunjungi website resmi dari PT. PJB di https://www.ptpjb.com/.