Resep Bolu Kemojo Mini Anti Gagal dan Mudah

Resep bolu kemojo mini, pecinta kuliner tradisional pasti mengetahui makanan ini. Bolu kemojo terkenal dengan rasanya yang dominan manis dan berbau pandan, karena bahan utama bolu kemojo adalah daun pandan. Membuat bolu kemojo juga mudah, kamu bisa memprakekkannya sendiri menggunakan resep dibawah ini.

Apa Itu Bolu Kemojo Mini ?

Indonesia merupakan negara besar yang memiliki banyak sekali keberagaman, contohnya adalah makanan tradisional. Bukan hanya satu atau dua, tapi Indonesia memiliki banyak sekali makanan tradisional dari berbagai daerah. Salah satunya adala bolu kemojo yang berasal dari Riau.

Biasanya bolu kemojo menjadi hidangan utama setiap melakukan acara adat, tentu bolu kemojo dihidangkan dengan jumlah yang sangat besar. Masyarakat terutama ibu – ibu akan bersama – sama membuat bolu kemojo, untuk dihidangkan kepada semua orang yang berpartsipasi di dalam acara adat tersebut.

Tidak hanya di acara adat saja, tapi bolu kemojo sering di jual di pasar. Orang yang berkunjung kedaerah Riau pasti akan sering menemui makanan ini, walaupun bolu kemojo adalah makanan tradisional tapi peminat dari kue ini cukup banyak.

Disini kita akan memperlihatkan resep bolu kemojo mini yang tentu sangat simple untuk mempraktekannya.

Ciri Khas Bolu Kemojo

Bolu kemojo memiliki ciri khas yang sangat dikenal oleh masyarakat Riau ataupun luar daerah Riau, nama dari bolu kemojo merupakan nama yang berasal dari bunga kemboja. Pasti saat mendengar nama bolu kemojo, kamu akan teringat dengan salah satu bunga ini.

BACA JUGA  cara bikin nasi kuning tanpa santan

Bukan hanya nama, tapi bentuk dari bolu kemojo adalah bunga kamboja. Selain memiliki ciri khas bunga kamboja bolu kemojo juga memiliki ciri khas berwarna hijau yang berasal dari daun pandan dan daun fuji, kedua bahan tersebut merupakan menu bahan utama dari bolu kemojo.

Bolu kemojo memiliki sejarah yang sangat panjang kamu bisa mencari tahu sendiri di internet maupun aplikasi – aplikasi lainnya. Kebanyakan dari penyuka bolu kemojo sudah mengetahui sejarahnya, mungkin kamu bisa membuka usaha bolu kemojo.

Resep Bolu Kemojo Mini

1. Bolu Kemojo Mini

resep bolu kemojo mini

Bahan – Bahan :

  • 150 gr gula tepung gula
  • 3 butir telur
  • 50 gr margarin dilelehkan
  • 600 ml santan
  • 280 gr terigu
  • 1 sdt garam halus
  • 12 lembar daun pandan

Cara Membuat Bolu Kemojo Mini :

  1. Langkah pertama cuci bersih daun pandan, iris tipis – tipis lalu masukkan ke blender. Tambahkan santan dan blender hingga halus, saring ke panci lalu peras daun yang tertinggal di saringan. Tambahkan garam lalu masak hingga mendidih sambil diaduk supaya santan tidak pecah, matikan kompor lalu dinginkan.
  2. Masukkan telur ke dalam mangkuk mixer, tambahkan gula. Hidupkan mixer dengan speed tinggi hingga mengembang dan putih, matikan mixer. Tambahkan terigu dalam 3 tahapan sambil mixer dengan speed rendah hingga tercampur rata. Tambahkan santan pandan dan margarin leleh, mixer hingga tercampur rata.
  3. Panaskan cetakan kue lumpur dengan api kecil hingga benar – benar panas. Olesi cetakan dengan margarin agak tebal menggunakan kuas, masukkan adonan hingga hampir penuh lalu tutup cetakan hingga permukaan kue mengering dan bagian bawah kue berwarna coklat keemasan. Keluarkan kue dgn cara mencongkel dgn gagang sendok. Ulangi langkah hingga adonan habis.
BACA JUGA  Jasa pembuatan studio musik terbaik

Bagaimana? Mudah bukan resep bolu kemojo mini? Kamu bisa membuatnya dirumah menggunakan bahan – bahan yang aman, perlu ketelitian dan ketekunan untuk membuatnya agar menjadi bolu kemojo yang enak dan manis. Selamat mencoba dan semoga berhasil!