Pembuatan Pot Sabut Kelapa Mudah,Ramah Lingkungan Dan Simple

Tanaman kelapa memiliki banyak manfaat. Seluruh bagian tanaman dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Antara lain adalah bagian sabut kelapa.  Sabut kelapa yang sudah kering dapat dimanfaatkan untuk berbagai kerajinan. Pada kesempatan ini saya akan memberikan contoh pemanfaatan sabut kelapa kering. Sabut kelapa kering dapat dimanfaatkan untuk pembuatan pot gantung, pot gantung yang terbuat dari sabut kelapa ini bersifat lembab dan mudah menyerap air, oleh karena itu pot gantung ini dapat digunakan untuk menanam jenis tanaman pakis seperti kadaka, tanduk rusa, suplir dan lain sebagainya. Selain untuk menananam jenis tanaman pakis juga dapat digunakan untuk menanam angrek, tentunya hal ini akan memberikan kesan yang alami dan elegan pada tanaman anggrek.cocomesh jaring sabut kelapa. Berikut ini saya bagikan cara Pembuatan Pot Sabut Kelapa

Pembuatan Pot Sabut Kelapa

Pembuatan Pot Sabut Kelapa Mudah,Ramah Lingkungan Dan Simple

 

Alat – alat :

  • Pisau
  • Gunting
  • Pisau besar
  • Bor

Bahan – bahan :

  • Sabut kelapa yang sudah kering
  • Tali ijuk

Cara Membuat Pot Sabut Kelapa :

  1. Ambil sabut kelapa dari kulit kelapa yang sudah mengering, kemudian gunakan linggis untuk melepas kulit kelapa agar kupasan sabut tersebut masih tetap terjalin. kalau di pedesaan kulit kelapa biasanya sudah dikuliti sedemikian rupa.jadi kupasan sabut kelapa masih terjalin. Lembarkan sabut kelapa dan potong bagian atas dengan memakai pisau besar. Kamu bisa menggunakan mesin pengolahan sabut kelapa agar lebih mudah.
  2. Tandai bagian bawah dan atas pada setiap belahan dengan menggunakan tipe ex, bagian ini akan dibor untuk mengikat belahan sabut kelapa sekaligus untuk tali ikatan pot.
  1. Borlah secara hati -hati pada bagian yang sudah diberi tanda.
  2. Talikan ijuk pada setiap lubang sabut kelapa sehingga setiap belahan sabut dapat menyatu.
  3. Setelah ikatan dalam terbentuk kemudian silanglah ikatan pada bagian luar, lakukan hal serupa pada seluruh belahan sabut kelapa.Maka jadilah satu ikatan kuat dan membentuk kulit kelapa yang terpancung pada bagian atas
  4.  Pot sabut kelapa siap digunakan untuk menanam tanaman anggrek atau pakis.
BACA JUGA  Peluang Kerja Dan Gaji Teknik Nuklir

Manfaat Sabut Kelapa Dalam Kehidupan Sehari-hari

Ada beberapa manfaat sabut kelapa yang biasa digunakan oleh penduduk sekitar kebun kelapa, berikut diantaranya kami sampaikan dibawah ini

1.Sabut Kelapa Sebagai Bahan Dasar Pupuk Organik

Sabut kelapa mepunyai usur hara dan juga kandungan mineral yang lumayan tinggi dan baik untuk pertumbuhan tanaman, jadi sabut kelapa sangat di rekomendasikan untuk dibuat menjadi pupuk organik.Apalagi pupuk organik yang dibikin dari sabut kelapa memberi 60% air lebih banyak

dibandingkan pupuk biasa.Jadi pupuk organik dari sabut kelapa sangat di rekomendasikan didaerah yang curah hujannya rendah atau daerah yang sedang dilanda kekeringan.Bahkan untuk di  daerah pantai yang berpasir, penambahan cocopeat atau sabut kelapa pada pasir panta, bisa sebagai media tanam

yang ditaburkan begitu saja. Menarik bukan?

2. Sabut Kelapa Sebagai Penetralisir Bau Semen Pada Kolam Yang Baru Dibuat

Kolam ikan yang baru selesai dibuat sering kali meninggalkan bau semen yang kurang enak di cium. Hal ini tentunya membuat budidaya ikan memjadi terhambat.Salah satu cara alami yang bisa untuk menghilangkan bau semen pada kolam yang baru dibuat, yaitu  dengan cara menggunakan sabut kelapa.

Bagaimana caranya?Caranya cukup simple, yaitu cukup dengan menaburkan sabut kelapa atau bisa dicampur dengan dedaunan yang mudah membusuk dan biarkan selama 1 sampai 2 minggudan nantinya Air akan berwarna kecoklatan hingga warna kehijauan.

warna air yang berubah tersebut menandakan kolam sudah siap untuk media ternak ikan.

3. Sabut Kelapa Sebagai Bahan Dasar Kerajinan

Ada juga kerajinan lain yang di buat dari sabut kelapa yang mungkin sudah tidak asing lagi di lingkungan kita, yaitu sabut kelapa sebagai bahan dasar kerajinan atau marchandise Kerajinan dari sabut kelapa ada banyak jenis nya apalagi Indonesia memiliki banyak suku daerah.

BACA JUGA  Peluang Usaha Burger Mini Yang Menguntungkan

Sehingga dapat menghasilkan berbagai macam kerajinan – kerajinan yang unik dari berbagai daerah.tetapi kerajinan dari sabut kelapa  yang cukup diminati banyak orang adalah kerajinan yang berupa dompet, tas, dan souvenir – souvenir untuk dijadikan pajangan dan oleh-oleh di tempat pariwisata.

4. Sabut Kelapa Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Briket

Anda tentu sudah tidak asing mendengar briket berasal dari batubara atau juga tempurung kelapa bukan? Tentunya sekarang, briket juga bisa dibuat dari bahan sabut kelapa. Dan mungkin anda akan terasa asing jika briket berasal dari rumah sabut kelapa.

Briket yang bahan utama nya sabut kelapa ini memiliki sifat yang lebih ramah lingkungan serta anda akan menekan biaya pembuatan, karena biaya produksi briket sabut kelapa lebih murah dibanding dengan briket dari batubara.

cara pembuatan briket sabut kelapa juga mudah karena prosesnya hampir mirip dengan cara pembuatan briket tempurung kelapa.

5. Sabut Kelapa Sebagai Media Pembakar Pengganti Minyak Fosil Atau Juga Kertas

Manfaat umum dari sabut kelapa yaitu seringnya digunakan oleh para pengusaha arang dari tempurung kelapa yang menjadikan sabut kelapa sebagi media pembakaran.Selain sabut kelapa di gunakan sebagai bahan untuk pembakaran.Sabut kelapa juga sering digunakan rumah makan tradisional.

yang masih menggunakan tunggu trasional untuk memasak.Bahkan industri–industri seperti pembuatan keramik dan genteng juga sering menggunakan sabut kelapa, karena sabut kelapa yang sudah kering mudah terbakar dan juga menghasilkan api yang stabil.

Demikian pembahasan cara membuat pot sabut kelapa yang bisa kalian praktikkan sendiri. Semoga dengan menggnakan sabut kelapa dapat mengurangi pemakaian pot plastik dan menjaga kelestarian alam.