Tips Pemberian Pakan Untuk Domba

Sistem penggemukan domba terbagi menjadi 3 metode, yaitu dry lot fattening, pasture fattening, dan kombinasi antara dry lot fattening dan pasture fattening. Metode dry lot fattening, domba yang digemukkan biasanya ditempatkan di dalam kandang sepanjang waktu. Pakan diberikan kepada domba di dalam kandang. Pada metode pasture fattening, domba digembalakan di padang pengembalaan. Ternak domba yang digemukkan dengan metode ini berada di padang pengembalaan sepanjang waktu. Kandang yang ada hanya berfungsi sebagai tempat berteduh pada malam hari atau pada waktu matahari bersinar sangat terik. Seluruh pakan domba didapat dari hijauan yang ada di padang pengembalaan. Sementara metode ketiga adalah penggambungan cara pertama dan cara ketiga. Ada dua cara dalam metode penggemukan ini. Cara pertama dengan menggembalakan domba pada musim hujan saat rumput tumbuh subur dan mengandangkannya ketika musim kemarau tiba. Cara kedua dengan menggembalakan domba pada pagi hingga sore hari. Sementara pada malam hari, domba-domba dikandangkan.

Penggemukan domba merupakan upaya untuk memacu pertumbuhan domba sehingga diperoleh bobot badan yang optimal. Agar proses penggemukan domba berjalan dengan tahapan yang benar. Penggemukan di sini dilakukan selama 3 bulan. Sistem penggemukan dilakukan secara fredot. Hal-hal teknis yang dilakukan selama penggemukan diantaranya pemberian pakan.

Biaya pakan merupakan biaya produksi terbesar kedua setelah biaya pembelian bakalan. Biaya pakan mencapai 12%, sedangkan biaya pembelian bakalan mencapai 82% dari total biaya produksi. Biaya produksi lain yaitu obat-obatan, tenaga kerja, listrik, telepon, dan sewa kandang hanya 6% dari total biaya produksi.

BACA JUGA  Pilihan Model Kaos Partai yang Cocok Untuk Digunakan

Cara Pemberian Pakan

Manajemen pemberian pakan yang tepat akan menentukan keberhasilan usaha penggemukan karena cukup besarnya alokasi biaya produksi yang digunakan untuk pakan. Pakan yang diberikan harus memenuhi kebutuhan nutrisi domba yang digemukkan. Domba akan tumbuh sesuai dengan potensi genetiknya jika diberi pakan dengan nutrisi yang cukup. Jenis pakan yang diberikan pada domba ada dua macam, yaitu hijauan dan konsentrat yang diberikan secara terpisah serta pakan komplit. Perbedaan pakan tersebut akan memberikan perbedaan pertumbuhan harian.

Pemberian pakan konsentrat/pakan komplit dimulai dari jumlah yang sedikit, sedangkan pakan berserat diberikan dalam jumlah banyak. Secara pelan-pelan, jumlah pemberian konsentrat/pakan komplit ditingkatkan seiring dengan penurunan jumlah pakan berserat. Setiap kali ada penambahan jumlah konsentrat/pakan komplit, kesehatan domba perlu diamati termasuk masalah-masalah yang mungkin timbul. Apabila tidak terjadi gangguan, pemberian dapat diteruskan hingga target jumlah pemberian pakan yang diinginkan sebanyak 100% tercapai.

Jumlah pakan yang diberikan disesuaikan dengan kemampuan domba dalam mengonsumsi pakan

Rumput memang diberikan secara ad libitum, Namun, untuk efektivitas dalam pencernaan hijauan tersebut, sebaiknya rumput diberikan pada pukul 13.00. Pemberian rumput sebaiknya dilakukan sedikit demi sedikit agar tidak banyak yang tercecer. Meskipun demikian, ketika rumput dalam tempat pakan sudah habis, sebaiknya langsung ditambahkan/diisi lagi.

BACA JUGA  Jasa SEO untuk Trafik Maksimal Website

Pemberian konsentrat dilakukan kembali pada pukul 15.00. jika rumput belum habis, pemberian konsentrat dilakukan dengan cara menaburkannya sedikit demi sedikit di atas rumput agar rumput habis dikonsumsi pada pukul 16.00 keesokan harinya.

Pemberian pakan komplit. Pakan komplit adalah pakan ternak yang mengandung nutrisi yang lengkap sesuai dengan kebutuhan ternak. Untuk penggemukan, pemberian pakan komplit bisa dilakukan untuk mempercepat laju pertumbuhan. Jika domba hanya diberikan pakan komplit, jumlah yang diberikan selama penggemukan rata-rata 1 kg/ekor/hari. Pada awal penggemukan, jumlah pakan komplit yang diberikan sekitar 0,8 kg/ekor/hari. Jumlah tersebut secara bertahap ditambah hingga 1,2 kg/ekor/hari pada akhir masa penggemukan. Pakan komplit ini diberikan dua kali dalam sehari, yaitu pagi dan sore hari.