Mengenali Elemen dan Peranan Alat Musik Rebab dalam Kesenian

Berbicara mengenai kesenian, ada beberapa tipe alat musik tradisionil dan kekinian yang dapat digunakan secara tunggal atau sebagai pendamping. Kemungkinan kamu tidak asing dengan wujud alat musik dimainkan dengan senar, khususnya gitar. Tetapi, ini kali silahkan mengulas mengenai alat musik bersenar yang lain yakni rebab.

Mengenali Elemen dan Peranan Alat Musik Rebab dalam Kesenian

Alat musik rebab ialah alat musik gesek dari material dasar kayu dan batok kelapa yang mempunyai 2 buah dawai. Di Indonesia, rebab dikenali sebagai salah satunya alat musik ansambel tradisionil dalam karawitan. Alat musik tradisionil di Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa tengah, dan Bali. Tetapi, rebab sebetulnya datang dari daratan Arab yang memiliki arti busur. Kamu bisa juga mendapati rebab di Persia dan Malaysia sisi timur.

Wujud alat musik rebab serupa dengan biola dan langkah memainkan juga sama yakni dengan digesek (kordofon). Ada dua tipe alat musik rebab yang terpopuler yakni rebab batang dan kabuli rebab. Rebab batang mempunyai kaki di bagian bawahnya hingga dapat dimainkan dalam status berdiri. Beda hal dengan kabuli rebab dimainkan dengan diambil.

Walau ada dua tipe yang lain, wujud alat musik rebab sama juga. Pada umumnya, memiliki bentuk dipisah jadi dua sisi khusus yakni watangan dan pantatan. Menurut pemula yang menyaksikan dari wujud fisiknya saja, kamu dapat menyaksikan sisi batang dan pinggirnya. Untuk memperjelasnya, berikut elemen yang ada pada alat musik rebab.

BACA JUGA  Panduan Dan Langkah Pendirian PT di Indonesia

– Watangan ialah sisi leher yang berperan sebagai pegangan. Sisi ini umumnya dibuat berbahan kayu atau gading gajah. Di bagian ujungnya ada dua telinga kayu untuk menyangkutkan dawai atau senar.

– Bathokan yakni sisi bawah watangan yang dibuat dari kayu atau batok kelapa dan tertutup selaput berbahan kulit binatang. Sisi ini berperan sebagai kotak resonansi dan ada standard di bagian bawahnya.

– Sikilan ialah kaki rebab yang dapat digunakan sebagai dudukan rebab yang bisa menyentuk tanah.

– Senggreng sebagai penggesek umumnya dibuat dari kayu dan bulu-bulu ekor rebab yang bisa dihubungkan pada kayu dan seperti busur.

Tinggi rebab yang biasa dipakai umumnya memiliki ukuran 75 cm dan dimainkan dengan penggesek dalam sikap duduk bertimpuh. Berdasar keyakinan warga melayu Riau, rebab bahkan juga perlu penuhi beberapa ketentuan supaya hasilkan kualitas yang baik.

Dalam penyeleksian kayu, rebab cuman dapat dibikin dari kayu nangka, sena, atau belimbing. Waktu pemangkasan kayu pun tidak bisa dilaksanakan di siang hari atau masuk waktu Maghrib. Tehnik pemangkasan kayu jangan dilaksanakan secara sungsang dan kayu-kayunya jangan dilangkahi sesudah ditebang.

Dalam beragam peluang, alat musik tradisionil seperti rebab kerap dipakai sebagai pendamping adat tradisi tertentu. Kemungkinan kamu pernah menyaksikan rebab pada acara tv. Nach, peranan alat musik rebab yang dapat diketemukan pada aktivitas di bawah ini.

1. Pendamping pada atraksi wayang seperti wayang kulit dan wayang kedok kulit ciri khas Betawi.

BACA JUGA  Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Tanpa Direndam

2. Pendamping sinden saat menyanyi dalam acara atraksi karawitan dan gamelan.

3. Menginterpreasikan irama gamelan sebagai penyelaras cengkok vokalis lelaki dan sinden pada beberapa acara gamelan.

4. Instrument dalam ritus “Main Puteri” di wilayah Kelantan, Terengganu, dan Malaysia Timur. Ritus itu mempunyai tujuan buat memberi pengobatan untuk beberapa orang yang sakit. Umumnya, beberapa pemain rebab akan diundang ke rumah sakit karena dipercayai bisa menolong mengobati penyakit yang tidak bisa sembuh oleh dokter.

5. Dimainkan dalam acara atraksi teatrikal “Makyong” di Melayu Riau. Posisi alat musik rebab mempunyai nilai tinggi karena pembikinannya ditata dengan beberapa ketentuan yang jangan dilanggar. Umumnya ada ornament-ornamen di bagian tubuh rebab dan ornament mahkota di bagian kepalanya.

Nach, itu banyak hal mengenai alat musik rebab yang dapat kamu kenali sebagai salah satunya kebudayaan tradisionil. Alat musik melodis ini lebih banyak dipakai sebagai instrument pengirim dalam beragam aktivitas kesenian. Rebab dikatakan sebagai cikal akan cello dan biola saat masuk ke Eropa. Karenanya, silahkan lestarikan alat musik rebab di Indonesia!

 

Baca juga manfaat bermain gitar
Kunjungi juga Chord Gitar Indonesia