Kegunaan Sabut Kelapa Untuk Tanaman dan Kehidupan Sehari – Hari

Kegunaan Sabut Kelapa Untuk Tanaman – Kelapa ialah sejenis tumbuhan palma yang masyhur sebagai tanaman serbaguna. Hampir keseluruhan pokok kelapa yang juga dikenali sebagai nyiur kelapa atau kerambil, buah, daun, dan batang bisa dimanfaatkan untuk kegunaan harian manusia. Pada kali ini kita akan membahas manfaat dan kegunaan sabut kelapa untuk tanaman dan kehidup sehari-hari.

Sabut kelapa ialah hasil sampingan dari industri kelapa. Sebiji buah kelapa mempunyai berat kurang lebih 0.4 kg sabut dengan kapasitas 30% serat atau gentian. Sabut kelapa sendiri terdiri dari serat dan gabus. Serat yang diproses dari sabut kelapa tinggi akan kandungan lignin dan rendah dengan kandungan selulosa menjadikannya kuat dan bertahan lama.

Pemrosesan sabut kelapa boleh dilakukan dengan dua cara yaitu secara pengeretan (retting) atau bisa juga dengan cara pengisaran (milling).  Secara umum, cara pengeretan boleh dikategorikan menjadi beberapa jenis seperti air, embun, enzim, kimia dan mekanikal digunakan untuk menceraikan jaringan polisakarida pektin yang mengikat serat pada batang agar mendapatkan serat secara individu.

Tempoh pengeretan yang lebih pendek akan menghasilkan serat yang berkualitas lebih tinggi. Namun, kajian mendapati pengeretan terbaik ialah hasil gabungan kimia dan enzim.  Pengeretan sabut kelapa memerlukan masa 4-12 bulan untuk menghasilkan serat yang baik, panjang, dan putih bersih.

Namun, dengan kemajuan teknologi pada masa kini, proses ini bisa dilakukan se-efisien mungkin dengan bantuan enzim dan kimia. Cara pengisaran pula terbagi menjadi dua yaitu cara pengisaran basah (wet milling) dan pengisaran kering (dry milling).

Pengisaran basah akan menghasilkan serat yang panjang, pendek, dan berwarna coklat. Pengisaran kering juga bisa dilakukan tanpa proses perendaman atau sabut hanya dibasahkan sedikit saja untuk menghasilkan serat yang pendek, kasar, dan berwarna coklat. Berikut manfaat yang diperoleh kegunaan sabut kelapa untuk tanaman

BACA JUGA  Lamaran di Tempat Favorit Pasangan Paling Romantis di Dunia

Kegunaan Sabut Kelapa

1. Pertanian

Gambut atau habuk sabut kelapa ialah bahan yang dihasilkan dari sabut kelapa yang telah diproses dan dihancurkan untuk dijadikan sebagai medium tanaman untuk membantu tumbesaran pokok. Serbuk sabut kelapa atau yang biasa disebut secara komersial sebagai cocopeat ialah salah satu media penanaman yang baik karena nilai pH, konduktiviti elektrik, dan sifat kimia yang lain sudah sesuai sebagai media penanaman.

Namun, kadar upaya simpan air yang tinggi menyebabkan kadar pengudaraan cocopeat menjadi rendah yang menyebabkan akar kekurangan oksigen. Oleh karena itu, media lain turut ditambahkan dalam media cocopeat seperti perlite dan sekam padi yang dibakar untuk mengurangi masalah kekurangan oksigen dalam akar.

2. Tanah Perlombongan

Serat kelapa juga bisa digunakan untuk menambak tanah bekas lombong. Kegiatan perlombongan telah menyebabkan perubahan pada struktur fizikal dan kimia tanah yang menyebabkan kegiatan pertanian tidak sesuai jika dijalankan di kawasan ini. Selain itu, risiko terjadinya hakisan dan pengendapan tanah lebih tinggi di kawasan bekas lombong.

Dalam hal ini, serat kelapa digunakan di lereng-lereng kawasan perlombongan untuk mengurangi kejadian hakisan pada tanah yang ditimbun pada kawasan bekas lombong karena serat kelapa untuk menyerap dan menyimpan airnya tinggi.

Selain itu, serat kelapa yang murah dan bermanfaat dalam jangka masa panjang kerana akan menjadi humus apabila terurai. Setelah penimbunan tanah dilakukan, kawasan lombong ini baru bisa ditanam dengan tanaman penutup bumi seperti legum dan rumput untuk mengembalikan struktur fizikal dan kimia tanah yang sesuai standar untuk kegiatan pertanian.

3. Industri Tekstil

Serat kelapa merupakan satu-satunya serat dari buah-buahan yang boleh digunakan dalam industri tekstil. Antara produk yang dapat dihasilkan dari serat kelapa ialah seperti tikar, tali, karpet, dan pengisi tilam.

BACA JUGA  Cara Membuat Bakso Urat Dengan Blender Yang Dijamin Enak Dan Kenyal Banget

4. Perabot

Kandungan lignin dan selulosa dalam sabut kelapa menjadikannya sesuai sebagai bahan alternatif dalam pembuatan papan partikal.

5. Automotif

Kesesuaian serat atau gentian kelapa telah dieksploitasi dalam bidang automatif dalam pembuatan kusyen kereta, tilam, maupun perabotan.

6. Pembuatan Kuih

Dalam pembuatan kuih tradisional seperti akok, bika, dan juga bahulu, sabut kelapa bisa dijadikan sebagai bahan bakar untuk menghasilkan kuih yang lebih beraroma.

7. Pembuatan Silika

Abu sabut kelapa mengandung 62.43% Kalium oksida (K2O), 17.9% Silikon dioksida (SiO2) dan 8.79% Kalsium oksida (CaO), yang berguna dan berpotensi menghasilkan silika yang bagus. Silika dipakai dalam banyak industri, namun penghasilan silika (Si02) yang tulen dan berkualitas tinggi memang mahal kerana takat leburnya yang tinggi. Oleh sebab itu, pengekstrakan silika dari sisa pertanian seperti sabut kelapa ialah salah satu alternatif untuk mengurangi kos pengeluaran silika.

8. Rawatan Air Buangan dan Lain-Lain

Sabut kelapa juga digunakan sebagai activated carbon yang berpotensi sebagai bahan penyerap yang baik dan dapat membantu masalah rawatan air buangan. Sabut kelapa juga bisa dibakar untuk menghalau nyamuk di kawasan kampung.

Kegunaan sabut kelapa lainnya seperti dibuat cocomesh, sebagai bahan untuk menetralkan air dan bau simen, penapis air sederhana dan bahan mentah penyala. Teknik pemprosesan sabut kelapa telah membantu petani untuk mendapat pendapatan tambahan kerana berpotensi untuk menjadi serat kelapa, cocopeat, papan partikal dan lain sebagainya. Anda juga bisa membeli berbagai produk hasil olahan sabut kelapa di Rumah Sabut.