Membuat Briket Arang Batok Kelapa yang Mudah dan Simple

Batok kelapa atau biasa disebut tempurung kelapa sering kali hanya dibiarkan begitu saja, padahal bisa digunakan untuk membuat briket arang batok kelapa. Caranya juga cukup mudah tidak terlalu rumit.

Batok kelapa merupakan bagian dari buah kelapa yang berwujud endokrin, keras, serta dilapisi sabut kelapa. Bagian kelapa ini umumnya digunakan untuk bahan kerajinan, bahan bakar, serta briket tempurung kelapa.

Batok kelapa yang sudah diolah bisa menghasilkan nilai tambah yang sangat tinggi. Batok kelapa mempunyai potensi yang besar serta praktis dalam penggunaannya. Bentuknya yang bulat serta keras memudahkan para pengrajin batok kelapa untuk membuat kerajinan tangan.

Membuat Briket Arang Batok Kelapa yang Mudah

 

Membuat Briket Arang Batok Kelapa yang Mudah dan Simple

Briket tempurung kelapa ialah salah satu bahan bakar alternatif yang mempunyai berbagai keunggulan apabila digunakan. Beberapa keuntungannya yaitu hemat atau ekonomis, aman serta ramah lingkungan.

Briket tempurung kelapa mempunyai sifat mudah terbakar, tahan lama dan juga menghasilkan energi panas yang tinggi, jadi kalau dibandingkan dengan bahan bakar lainnya, briket tempurung kelapa ini sudah jelas lebih hemat.

Pengolahan briket ini tidak dengan menambahkan bahan kimia jadi ketika digunakan tidak mengeluarkan asap serta abunya tidak beterbangan. Dengan menggunakan briket ini, kamu tidak perlu khawatir lagi dengan noda hitam, karena briket tidak akan meninggalkan noda diperalatannya.

Bahan Pembuatan

1. Arang batok kelapa

2. Tepung kanji

BACA JUGA  Cara Membuat Bolu Coklat Lumernya Sampek Nagih

3. Air

Peralatan

1. Mesin bubuk arang

2. Pencetak briket

3. Mesin pengaduk adonan

4. Briket oven

Cara Membuat Briket Arang Batok Kelapa

1. Proses Pengarangan

Arang batok kelapa dibuat dengan cara manual yaitu dengan menggunakan tong kemudian dibakar kemudian ditutup sampai hanya tinggal tersisa sedikit ventilasi di tong arang.

Proses pengarangan ini juga bisa menggunakan proses pirolisis, yaitu batok kelapa dimasukkan dalam tangki pirolisis tertutup setelah itu dikondensasikan secepatnya supaya mendapatkan asap cair.

2. Proses Pengepungan

Arang yang sudah dihasilkan melalui proses pembakaran manual atau melalui proses pirolisis ini kemudian dihancurkan menggunakan bantuan mesin diskmill.

3. Proses Penyaringan

Kalau sudah melalui proses peremukan arang, maka wadah pengayakan bisa menghasilkan arang batok kelapa dengan ukuran yang lebih lembut dan juga lebih halus. Arang batok kelapa ini kemudian diayak menggunakan filter 50 mesh.

4. Proses Pencampuran Media

Tepung batok kelapa ini lalu diguncang menggunakan air dan lem pati. Ketika proses pengadukan ini kamu bisa menambahkan lem pati sebanyak 2,5% dari tepung tempurung kelapa.

5. Proses Cetak Briket Arang Batok Kelapa

Kalau semua bahan tadi sudah tercampur merata, maka lakukanlah proses printing yaitu menggunakan print.

6. Proses Pengeringan

Keringkan briket arang batok yang sudah dicetak dengan menggunakan oven disuhu 650 derajat celcius dalam waktu 2 jam, pengeringan ini juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan bantuan dari sinar matahari. Briket arang batok kelapa pun siap untuk dikemas dan juga dipasarkan.

BACA JUGA  Kontraktor renovasi kantor daerah Jakarta utara Recomended

Kelebihan Penggunaan Briket Batok Kelapa

1. Lebih murah atau ekonomis.

2. Tidak beresiko meledak atau terbakar seperti halnya kompor minyak tanah serta kompor LPG.

3. Panas yang tinggi serta terus menerus akan sangat baik bagi pembakaran yang membutuhkan waktu lama.

4. Tidak akan menimbulkan suara apa pun, jadi tidak merusak peralatan memasak.

5. Ramah lingkungan serta aman bagi kesehatan, terlebih untuk ibu rumah tangga yang lebih sering memasak di dapur.

Penggunaan Arang Batok Kelapa

Arang batok kelapa adalah salah satu dari tempat penyimpanan energi alternatif yang bisa diisi ulang yaitu dengan menggunakan tenaga angin, akumulator, adaptor, atau pun alat lainnya.

Energi listrik yang ada dalam arang batok kelapa diukur dengan menggunakan amperemeter dan voltmeter. Serta digunakan sesuai kebutuhan yaitu sebagai berikut.

1. Sumber Energi Listrik

2. Sumber Penerangan

Mesin-mesin yang digunakan dalam pembuatan briket arang adalah mesin briket segala bahan diantaranya yaitu mesin pembubuk arang/diskmill, mesin pencampur adonan briket, mesin oven briket, dan lain sebagainya.