Memanfaatkan Sabut Kelapa menjadi Barang yang Bernilai Jual!

Hingga saat ini, memanfaatkan sabut kelapa masih sangat terbatas pada industri-industri mebel dan kerajinan rumah tangga dan belum diolah menjadi produk teknologi. Limbah sabut kelapa juga potensial digunakan sebagai penguat bahan baru pada komposit. Beberapa keistimewaan dari pemanfaatan sabut kelapa sebagai bahan baru rekayasa adalah menghasilkan bahan baru komposit alam yang ramah lingkungan dan mendukung gagasan pemanfaatan serat sabut kelapa menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi dan teknologi yang tinggi.

Memanfaatkan Sabut Kelapa menjadi Barang yang Bernilai Jual

1. Pembuatan Sapu Ijuk

Sapu ijuk merupakan salah satu jenis dari peralatan rumah tangga yang tidak bisa lepas dari kehidupan bersih-bersih khusushnya bagi ibu rumah tangga ataupun asisiten rumah tangga. Ya, sapu ijuk adalah salah satu jenis sapu yang dibuat dengan menggunakan limbah dari pengolahan kelapa, yaitu sabut kelapa.

Sabut kelapa yang sudah kering biasanya akan diolah dan dimanfaatkan sedemikian rupa. Yang pada akhirnya nanti akan terbentuk menjadi serabut-serabut tipis, yang diikat dan dijadikan satu menjadi bentuk sapu ijuk, yang sering digunakan sehari-harinya.

2. Media Pembakaran Pengganti Kertas

Bagi anda yang sering membuat arang dari batok kelapa, pasti juga sering memanfaatkan sabut kelapa sebagai salah satu media untuk membakar batok kelapa tersebut. Ternyata, di restoran restoran padang juga menggunakan sabuut kelapa sebagai alat pembakaran yang bertujuan untuk pengganti kertas. Hal tersebut disebabkan karena sifat alami dari sabut kelapa itu sendiri yang mudah terbakar dan bisa menghasilkan api yang baik.

BACA JUGA  Cara Membuat Makanan Dari Aci Dan Terigu Enak Abis

3, Pembuatan Pupuk Organik

Siapa yang menyangka, ternyata manfaat sabut kelapa juga bisa diolah dan juga dimanfaatkan menjadi salah satu jenis pupuk organik. Pupuk organik yang dibuat dengan menggunakan sabut kelapa ini mampu untuk menyimpan air 60% lebih banyak dibandingkan dengan pupuk biasa. Hal tersebut tentu saja akan sangat bermanfaat bagi daerah yang memiliki curah hujan yang rendah atau daerah yang sedang mengalami kekeringan.

Selain itu, sabut kelapa juga miliki kandungan unsur hara dan juga mineral yang sangat baik untuk pertumbuhan dari tanaman, sehingga memang sangat cocok untuk dijadikan sebagai salah satu bahan pembuatan pupuk organic.

4. Pembuatan Kerajinan Tangan

Indonesia merupakan salah satu negara yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa. Dengan berbagai macam suku bangsa ini, Indonesia juga memiliki berbagai macam jenis kerajinan tangan yang tentunya unik dan juga menarik. Salah satu kerajinan tangan yang menarik yaitu memanfaatkan sabut kelapa yang dibuat menjadi bentuk tas, dompet, dan juga bentuk-bentuk hiasan yang lainnya.

kerajinan dari sabut kelapa

5. Pembuatan Cocomesh

Cocomesh adalah salah satu bentuk olahan dari manfaat sabut kelapa yang berbentuk seperti jaring-jaring. Cocomesh ini biasanya dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya longsor pada daerah yang memiliki undakan.

Karena sifat material dari cocomes yaitu mampu menyimpan air dalam waktu yang cukup lama, menyebabkan permukaan tanah yang ditutup oleh material ini terjaga kelembababannya sehingga bisa meminimalisir terjadinya bencana longsor pada suatu daerah. Anda bisa mencoba membuat dan jual cocomesh yang tentunya bisa menambah cuan!

BACA JUGA  Jasa peredam suara ruangan

6. Sebagai Bahan Baku Spring Bed dan juga Jok

Bagi anda yang mungkin belum mengatahui bahwa beberapa jenis jok dan juga spring bed alias tempat tidur dibuat dengan menggunakan bahan dasar yang diolah dari sabut kelapa. Sabut kelapa terlebih dahulu harus diolah menjadi coco fiber yang berupa serat-serat sabut kelapa.

Setealah itu dibuat menjadi satu dengan bentuk lembaran, yang kemudian disupplai ke pabrik jok mobil ataupun pabrik spring bed untuk kemudian dijual ke pasaran.

7. Pembuatan Keset

Manfaat lainnya dari sabut kelapa yang perlu anda ketahui atau bahkan anda sudah mengetahui yaitu dimanfaatkan sebagai pembuatan keset. Keset ini ternyata memiliki bahan baku yang hampir sama dengan sapu ijuk dan juga coco fiber. Biasanya keset dari sabut kelapa akan diletakkan diluar rumah.

Nah, itu tadi beberapa manfaat dari sabut kelapa yang perlu anda ketahui. Jadi jangan ragu lagi untuk memanfaatkan sabut kelapa ya, karena disamping itu ternyata sabut kelapa juga bermanfaat danĀ  bisa dijadikan barang yang bernilai jual. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat!