Perlengkapan Usaha Jus Buah Yang Harus Diketahui, Apa Saja?

Jika Anda ingin memulai usaha jus buah, maka Anda juga harus mengetahui perlengkapan usaha jus buah. Usaha jus buah merupakan usaha rumahan yang banyak diminati oleh pebisnis pemula, karena mudah untuk dijalankan, modal yang minim, serta bisa dibuka dimana saja. Keuntungan usaha jus buah juga sangatlah menggiurkan jika ditekuni dengan baik.

Sebelum membuka atau memulai usaha ini, Anda harus tahu terlebih dahulu alat-alat apa saja yang digunakan untuk membuka bisnis jus buah. Agar nantinya Anda bisa memperkirakan berapa modal usaha yang harus dikeluarkan untuk usaha ini.

Perlengkapan Usaha Jus Buah Yang Harus Diketahui, Apa Saja?

Berikut ini adalah beberapa perlengkapan usaha jus buah yang harus Anda miliki :

1. Perlengkapan Usaha Jus Buah : Blender

Perlengkapan pertama yang harus Anda punya pastinya adalah blender. Dalam pembuatan jus buah tentunya blender akan sangat dibutuhkan. Blender ini nantinya akan digunakan untuk menghaluskan buah yang akan dijadikan jus.

Untuk blender, Anda tidak butuh yang terlalu mahal untuk membuka usaha jus buah. Anda bisa membeli blender dengan harga murah mulai dari 300 ribuan. Dengan harga sebesar itu Anda akan bisa mendapatkan blender dengan kualitas yang bagus.

2. Mesin Cup Sealer

Perlengkapan Usaha Jus Buah

Perlengkapan selanjutnya yang harus Anda punya adalah Mesin sealer atau mesin pengemas plastik. Mesin ini adalah salah satu jenis mesin yang wajib dimiliki jika ingin membuka usaha jus buah. Harga mesin cup sealer ini tidak terlalu mahal. Anda mungkin hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar 700.000 ribu rupiah untuk membeli alat ini. Anda bisa membeli alat ini di online store maupun di offline store.

Mesin ini nantinya akan berguna untuk menutup kemasan cup secara rapat, sehingga jus yang dibawa oleh pelanggan tidak akan tumpah-tumpah lagi. Namun, untuk mengoperasikan mesin cup sealer, Anda perlu menggunakan aliran listrik. Sehingga ketika listrik padam, Anda harus memberikan penutup cup manual untuk kemasan jus buah Anda.

3. Perlengkapan Usaha Jus Buah : Lemari Etalase

Lemari etalase sangat dibutuhkan untuk usaha jus buah. Lemari ini nantinya akan berfungsi sebagai tempat buah. Pilihlah lemari etalase yang bening, agar para pelanggan bisa mengetahui jenis buah apa saja yang Anda tawarkan.

Khusus untuk lemari etalase ini, Anda bisa memilih sesuai dengan ukuran yang ingin Anda buat. Beberapa lemari etalase jus buah di kota-kota besar memiliki ukuran yang panjang. Namun jika Anda hanya ingin membuat usaha jus buah kecil-kecilan, maka Anda bisa membeli lemari etalase kecil seharga 200 ribu itu pun sudah cukup.

BACA JUGA  Apakah Harus Sering Mengganti Isi Freo ac Yang Bocor?

4. Gelas Cup

Untuk kemasan jus buah, Anda bisa menggunakan kemasan gelas cup. Harganya yang murah namun aman ketika digunakan sebagai wadah minuman, membuat kemasan cup menjadi favorit semua pengusaha minuman.  Anda bisa membeli kemasan gelas cup ini di toko plastik di pasar tradisional atau di toko online.

5. Perlengkapan Usaha Jus Buah : Sedotan

Perlengkapan selanjutnya yang harus Anda lengkapi adalah sedotan. Kemasan cup tentunya tidak akan lengkap jika tanpa sedotan. Karena minuman dengan kemasan cup tidak akan bisa diminum jika tidak ada sedotan. Sedotan memiliki fungsi untuk melubangi bagian atas cup, sehingga nantinya minuman dalam cup bisa diminum dengan baik.

Anda bisa membeli sedotan ini di tempat yang sama dengan Anda membeli cup. Pilihlah sedotan yang agak panjang, supaya nantinya ujung sedotan bisa mencapai bagian dasar cup.

6. Termos Es Batu

Perlengkapan Usaha Jus Buah

Perlengkapan selanjutnya adalah termos es batu. Mengapa termos dibutuhkan?Termos es batu sangat dibutuhkan untuk menyimpan es batu ketika berjualan nanti. Jus adalah salah satu jenis minuman yang paling sering diminum saat dingin. Dan tidak pernah ada konsumen yang meminta jus buah dalam keadaan hangat. Karena banyak orang yang menyukai jus buah dingin, maka Anda perlu untuk menyediakan termos es batu.

Untuk termos es batu, Anda tidak perlu yang terlalu besar. Cukup punya dengan ukuran sedang atau kecil saja, sesuaikan dengan jumlah cup jus yang dapat Anda jual setiap harinya. Harga termos es batu ini juga terbilang cukup murah. Tidak sampai 100 ribu rupiah, Anda akan bisa memperoleh termos baru untuk menyimpan es batu Anda.

7. Perlengkapan Usaha Jus Buah : Meja

Perlengkapan yang dibutuhkan selanjutnya dalam usaha jus buah adalah meja. Meja nantinya akan digunakan untuk untuk meletakkan semua alat dan bahan untuk membuat jus buah. Untuk meja bisa Anda sesuaikan dengan keinginan atau sesuaikan dengan lapak Anda.

Anda juga bisa menggunakan meja bekas yang tidak digunakan di rumah untuk ditaruh di lapak Anda. Dengan begitu Anda akan lebih hemat untuk biaya modal. Jika Anda ingin membeli meja baru sesuaikan saja dengan modal yang ada.

BACA JUGA  Kandungan Gizi Daging Sapi per 100 gram

8. Alat-Alat Dapur

Tentunya untuk membuka usaha jus buah, nantinya Anda akan perlu beberapa peralatan dapur seperti, sendok, pisau, gelas untuk mengukur takaran air dan lain sebagainya. Untungnya alat-alat dapur ini tidak perlu Anda beli lagi, karena Anda sudah biasa memakai peralatan dapur ini di rumah Anda.

Namun jika Anda rasa perlu membeli baru, maka hal itu juga bukanlah masalah. Sesuaikan saja dengan modal yang Anda punya.

9. Perlengkapan Usaha Jus Buah : Banner dan Kertas Menu

Perlengkapan Usaha Jus Buah

Perlengkapan selanjutnya yaitu banner dan kertas menu adalah salah satu perlengkapan penting yang harus dimiliki oleh pengusaha jus buah. Hal ini dikarenakan banner mempunyai fungsi untuk memberitahukan kepada orang-orang sekitar mengenai keberadaan gerai jus buah Anda.

Disisi lain kertas menu juga hal penting yang harus ada, agar nantinya calon pelanggan Anda bisa tahu jus apa saja yang Anda tawarkan, dan berapa harga jus buah tersebut. Tentu saja kertas menu ini akan sangat membantu agar para pelanggan tidak merasa kebingungan.

10. Kantong atau Wadah Plastik

Perlengkapan terakhir yang harus Anda lengkapi adalah kantong plastik. Kantong plastik perlu disediakan, agar para pelanggan bisa membawa jus buah dengan mudah dan aman. Siapkanlah kantong plastik dengan ukuran kecil atau sedang terlebih dahulu, karena biasanya jarang ada orang yang membeli jus buah dalam jumlah banyak sekaligus.

Nah itulah tadi 10 perlengkapan usaha jus buah yang harus dimiliki oleh pengusaha jus buah. Sebenarnya modal untuk membuka usaha jus buah tidak terlalu besar, karena untuk membuka usaha ini Anda bisa menggunakan sebagian peralatan yang sudah ada di rumah. Dan Anda juga bisa membuka usaha jus buah ini di depan rumah Anda.

Namun, jika Anda memilih untuk membuka usaha jus buah dengan menggunakan lapak dan berjualan di lokasi dekat keramaian. Tentu nantinya Anda harus mengeluarkan biaya lebih untuk membeli atau menyewa lapak.

Apapun opsi yang Anda pilih nantinya, jangan lupa untuk selalu merencanakan bisnis Anda dengan matang. Untuk menjalankan bisnis ini, Anda bisa bekerja sama dengan layanan pesan antar makanan online seperti shopee, gojek, grab, dan lain sebagainya. Tetap semangat dan semoga artikel ini bermanfaat!.