Manfaat tempe bagi kesehatan yang belum kamu ketahui

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas manfaat tempe bagi kesehatan yang belum kamu ketahui,penasaran kan?yuk simak artikel kali ini

cara membuat tempe bacem

Orang Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Tempe merupakan salah satu jenis makanan yang sangat populer dan paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Tempe, yang juga merupakan makanan asli Indonesia, adalah makanan padat nutrisi yang terbuat dari kedelai yang difermentasi.
Kisah Tempe sendiri diyakini berasal dari Jawa Timur. Produksi tempe sudah berlangsung sejak abad ke-18 dan tentunya tidak terlepas dari kedatangan bangsa Cina yang membawa serta teknik memasak tahu, sehingga orang Jawa mencoba mengolah kedelai dengan caranya sendiri. Tempe adalah salah satu makanan yang paling mudah ditemukan.
Ada beberapa jenis olahan tempe yang biasa disantap orang Indonesia, yaitu tempe goreng, tempe goreng, telur dadar, tempe bacem dan lain sebagainya. Bisa dibilang tempe merupakan makanan favorit yang dijadikan sebagai pendamping nasi. Ternyata selain rasanya yang enak, tempe mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. itu penjelasan sedikit tentang tempe, sekarang saya akan memberikan manfaat tempe bagi kesehatan.

Manfaat Tempe Bagi Kesehatan

1. Sumber protein

berfungsi dengan cara memelihara jaringan otot dan menghasilkan enzim proteolitik yang dapat memecah rantai protein sehingga dapat diserap oleh tubuh. Kandungan gizi tempe telah terbukti memiliki kualitas yang lebih baik daripada kedelai, karena kadar protein yang larut dalam air meningkatkan aktivitas enzim proteolitik. Enzim proteolitik dapat memecah rantai panjang protein menjadi zat yang dapat dicerna tubuh.
Tempe juga mengandung lebih sedikit lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, besi, tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, piridoksin, biotin, vitamin B12 dan retinol lebih banyak daripada daging. Oleh karena itu, tempe sering digunakan sebagai protein pengganti daging.

2. Kandungan kalsium yang tinggi

Selain tinggi protein, tempe juga tinggi kalsium. Tempe bisa menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan kalsium selain susu. Sebuah penelitian menyebutkan kandungan kalsium dari empat potong tempe setara dengan satu gelas susu sapi.Setiap 100 gram sajian susu mengandung 125 mg kalsium, sedangkan setiap 100 gram tempe mengandung hingga 155 mg kalsium.
Mesin Keripik Tempe adalah alat untuk membuat keripik tempe, yang mana fungsi utama mesin ini adalah untuk meajang atau menyeset tempe.Rajangan atau sesetan tempe yang dihasilkan akan lebih teratur atau relatif sama ukuran ketipisannya.Untuk Kecepatan prosesnya pun bisa dikatan sangat singkat, sehingga waktu dan tenaga anda akan bermanfaat dan tidak terbuang sia sia.

3. Antioksidan radikal bebas

Paparan tubuh dari waktu ke waktu memiliki berbagai efek yang tidak baik bagi tubuh, salah satunya dapat menyebabkan kanker. Tubuh sangat membutuhkan antioksidan untuk menangkal radikal bebas tersebut. Ternyata, antioksidan yang dibutuhkan tubuh bisa didapatkan dari mengonsumsi tempe.
Tempe mengandung antioksidan isoflavon yang berperan dalam memerangi radikal bebas. Antioksidan ini dapat membantu mencegah berbagai penyakit degeneratif seperti penyakit arteri koroner, tekanan darah tinggi, diabetes, dll, dan juga dapat mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker prostat dan kanker payudara.

4. Sumber Vitamin B12

Vitamin B12 ditemukan dalam daging, ayam, ikan, dan susu. Tempe merupakan satu-satunya sumber vitamin B12 yang berasal dari tumbuhan karena mengandung 0,0017 mg vitamin B12. Vitamin ini dibutuhkan oleh tubuh karena memiliki fungsi antara lain produksi sel darah merah, membantu proses sintesis DNA, mengaktifkan asam folat, menjaga kesehatan sistem saraf, dan menjaga fungsi otak. Oleh karena itu, tempe bisa menjadi pilihan makanan vegan untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12.

5. Menurunkan

Kolesterol darah tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Namun Anda tidak perlu khawatir karena mengkonsumsi tempe dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda.
Tempe kedelai secara alami mengandung senyawa yang disebut isoflavon. Isoflavon ini berperan sebagai penurun kolesterol jahat atau LDL. Senyawa niasin dalam tempe juga dianggap sebagai pengontrol kolesterol dan baik untuk Anda yang memiliki risiko lebih tinggi terkena serangan jantung atau stroke yang disebabkan oleh kolesterol LDL
itu beberapa manfaat tempe bagi kesehatan, kalian juga harus tau rumah mesin juga punya mesin keripik tempe. bagi kalian yang tidak pengen ribet-ribet membuat keripik tempe bisa menggunakan mesin tersebut terimakasih
BACA JUGA  Cara Membuat Chicken Teriyaki Ala Hokben