Cara Membuat Kerajinan Celengan dari Botol Bekas

Mungkin masih banyak yang tahu kalau botol bekas dapat dilihat belum celengan bukan?.Nah,berikut saya akan memberikan sedikit tips cara membuat kerajinan celengan dari botol bekas di bawah ini.

Cara membuat celengan dari botol bekas

Celengan yang terbuat dari botol bekas biasanya menjadi metode pembelajaran bagi anak-anak untuk mulai menabung secara bertahap. Namun di sisi lain, praktik ini juga dapat bermanfaat dalam mengurangi jumlah sampah botol plastik yang berserakan di sekitar rumah. dan jika dibiarkan akan menyebabkan pencemaran lingkungan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk mengubah botol air mineral bekas menjadi celengan juga cukup mudah dan murah untuk didapatkan. Berikut adalah alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat celengan dari botol bekas.

Alat dan bahan yang dibutuhkan 

  • Botol bekas

Pastikan sebelum Anda mulai membuat celengan dari botol bekas, Anda perlu menyiapkan satu bahan utama untuk membuat celengan ini yaitu botol bekas.

  • Pisau atau pemotong

Pisau atau pemotong akan membantu Anda dalam membuat celengan dari botol bekas. Karena ada beberapa tahapan yang melibatkan proses pemotongan dan pembuatan lubang. Fungsi dari lubang tersebut tentunya untuk memasukan uang ke dalam celengan.

  •  Lem atau selotip

Lem atau selotip ini bekerja sebagai lem yang membantu merekatkan tutup botol dan menguncinya agar tidak mudah terbuka. Bahkan, lebih baik jika menggunakan lem, seperti lem jenis Alteco, yang memiliki daya rekat yang kuat.

  • Kertas pembungkus atau potongan kain
BACA JUGA  Praktisi Pembuatan Ruang Studio Musik Terbaik di Jakarta

Kertas pembungkus atau potongan kain digunakan untuk bagian luar botol. Botol biasanya berwarna transparan yang kurang menarik jika dijadikan tempat pajangan apalagi celengan. Oleh karena itu, pilih dan siapkan kertas atau potongan kain yang kamu anggap paling bagus dan menarik.

  • Cat semprot (opsi)

Cat semprot sebenarnya bisa menjadi pilihan jika Anda tidak bisa mendapatkan kertas kado atau potongan kain yang menurut Anda menarik. Dengan menggunakan cat semprot ini, warna botol air mineral bekas sebenarnya lebih tahan lama.

Cara membuat celengan dari botol bekas

1. langkah pertama dengan mengeringkan botol dengan kain kering dan bersih. Pastikan tidak ada kotoran yang tertinggal di botol.

2. Langkah selanjutnya adalah menutup botol agar tidak mudah dibuka dan dilepas dengan lem yang ada sebelumnya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, alasan menutup botol adalah agar Anda tidak “gatal” membuka celengan saat perlu membeli sesuatu.

3. Kemudian langkah selanjutnya adalah mengebor lubang untuk memasukkan uang. Pada titik ini, bantuan pisau atau pemotong yang diperlukan untuk mengebor lubang di botol plastik yang agak tebal. anda bisa mengatur posisi lubangnya sesuai selera.

BACA JUGA  Usaha Ternak Modal 200 Ribu saja yang Miliki Omset Besar!!!

4. Lanjut ke langkah terakhir pembuatan celengan dari botol bekas yaitu finishing. Level ini seharusnya mempercantik celengan dari luar. Anda bisa menggunakan bahan yang sudah Anda siapkan, seperti kertas kado atau potongan kain. Jika tidak, Anda bisa menggunakan opsi terakhir yaitu cat semprot.

Manfaat Botol Bekas di Jadikan Celengan

Manfaat botol bekas di jadikan celengan adalah sebagai pembelajaran bagi anak-anak untuk mulai menabung secara bertahap,dan menjadikan lingkungan bersih dari sampah botol plastik serta menumbuhkan kreaktifitas anak akan kerajinan dari botol bekas.

Baca Juga: Cara Bikin Kerajinan dari Botol Bekas

Dari cara membuat kerajinan celengan dari botol bekas di atas dapat kita praktekkan di rumah maupun di lingkungan masyarakat agar sampah botol plastik dapat bermanfaat bagi kita serta menjadikan lingkungan menjadi bersih dari sampah botol plastik bekas.