Cara Membuat Kerupuk Pangsit Bakso

Hai teman-teman semuanya! Pada kesempatan yang berbahagia kali ini saya akan membagikan resep cara membuat kerupuk pangsit bakso nih yang tentunya dijamin gurih dan juga renyah. Pelengkap dikala sedang makan bakso ini tentnuya sudah tidak asing lagi bukan. 

Tapi apakah bisa dibuat sendiri dirumah? Dan bagaimana ya caranya? Makanya yuk simak terus yaaa. Sebelum ke pembahasan kita pada kali ini yuk simak terlebih dahulu mengenai apa sih sebenarnya pangsit itu. 

Pengertian Pangsit 

Pangsit atau kadang juga biasa disebut dengan wonton merupakan makanan berupa daging cincag yang dibungkus dengann lembaran tepung terigu. Dan kemudian direbus sebentar, pangsit pada umumnya dihidangkan di dalam sup. Bukan hanya direbus saja, pangsit juga bisa digoreng dengan minyak goreng yang banyak seperti kerupuk. Pangsit juga termasuk salah satu jenis dim sum. 

Isian dari pangsit biasanya terbuat dari udang, daging babi, atau juga bisa sayuran. Di indonesia sendiri, isian pangsit biasanya terbuat dari udang atau campuran ayam dan udang dengan tambahan jahe, bawang bombay, atau bawang putih yang dicincang. Bumbu untuk isian pangsitnya bisa berupa kecap asin, saus tiram, dan juga minyak wijen. 

Kulit pangsit sendiri terbuat dari adonan tepung terigu, air, dan juga garam dapur. Adonan kemudian ditipiskan dan dipotong-potong berukuran persegi. Selain bisa dibuat sendiri, kulit pangsit juga bisa dibeli dalam kemasan yang brisi 10 sampai 20 lembar dalam satu kemasan. Disaat membuat siomay, kulit pangsit juga biasanya dipakai sebagai pembungkus daging cincang. 

Di negara kita juga dikenal kulit pangsit goreng tanpa isi. Berbagai makanan Indonesia yang memakai pangsit misalnya adalah pangsit kuah, pangsit goreng, pangsit goreng kuah, mi pangsit dan juga cwie mie. Pada hidangan mi pangsit kuah, pangsit sering dihidangkan secara terpisah dalam mangkuk kecil. Selain itu, pangsit biasanya juga disajikan bersama semangkuk bakso daging sapi. Kebanyakan bakso Malang menggunakan pangsit sebagai tambahan pendamping isi bakso. 

Sejarah Pangsit 

Di Fujian dan sekitarnya, beserta juga Taiwan, makanan ini biasa disebut dengan bian shí atau pian sit dalam bahada Hokkien. Pada daerah Fujian sendiri, ada makanan yang serupa namun berukuran lebih kecil dan biasanya disebut dengan nama bianròu yàn yang isinya terbuat dari daging babi dan juga ubi jalar. 

BACA JUGA  Cara Agar Jualan Makanan Cepat Laku dan Diminati Banyak Orang

Di sebagian besar negara-negara di dunia, nama umum pangsit

 

 adalah wonton. Kata wonton berasal dari nama makanan ini dalam bahasa Kanton. Di dalam bahasa mandarin, makanan ini ditulis sebagai húntun. Di Sichuan dan juga Chongqing, pangsit disebut sebagai chāo shǒu, dan dihidangkan di dalam sup pedas yang berbumbu la you dan andaliman. 

Resep Cara Membuat Kerupuk Pangsit Bakso 

 

1. Resep Pangsit Tanpa Isian 

cara membuat kerupuk pangsit bakso

Bahan-bahan : 

  • 500 gram tepung terigu 
  • 4 sdm tepung sagu/tapioka 
  • 2 sdm mentega (cairkan) 
  • 1 butir telur  
  • 1 sachet royco ayam 
  • Sedikit garam 
  • 1 sdt bubuk cabe/8 buah cabe (Untuk bahan yang satu ini bisa di skip buat anda yang tidak suka pedas) 
  • Secukupnya air hangat untuk mengadon 
  • 10 buah bawang putih 
  • 4 batang daun seledri iris (sisihkan batangnya untuk di haluskan, bisa di skip juga) 
  • 1/2 sdt lada 
  • 1 liter minyak goreng untuk menggoreng 
  • Saya pakai tepung tapioka untuk taburan wadah dan juga adonan 

Cara membuat : 

  1. Langkah yang peratam haluskan bawang putih dan juga batang daun seledri, jangan lupa sisihkan daunnya untuk diiris. 
  2. Campurkan semua bahan kecuali air di dalam wadah besar yang sudah disediakan untuk di adoni. Dan kemudian baru masukkan air sedikit demi sedikit sampai adonan bia diuleni dan kalis. 
  3. Pipihkan adonan dengan menggunakan pasta maker atau juga bisa mengguanakan mesin mie, atau juga bisa dengan mengguanakn botol sampai mendapatkan ketebalan yang diinginkan. 
  4. Panaskan minyak goreng dan goreng kulot pangsit dengan api sedang sampai berwarna keemasan. Kemudian angkat dan tiriskan sampai minyaknya berkurang. 
  5. Dan pangsit pun siap untuk dijadikan makanan pendamping dan cocok sekali untuk dinikmati dengan makanan berkuah seperti bakso. 
  6. Anda juga bisa menyantapnya langsung dan bila anda menyukai rasa pedas anda bisa menaburinya dengan bubuk cabai. Jika hendak untuk dijadikan ide jualan anda bisa menggunakan hand sealer supaya lebih tahan lama kerenyahannya. Anda bisa mendapatkan produk hand sealer ini di Rumah Mesin yang kualitas mutunya sudah terjamin.

2. Cara Membuat Pangsit Bakso Isi Ayam 

cara membuat kerupuk pangsit bakso

Bahan-bahan : 

  • secukupnya Kulit pangsit (resep bisa menggunakan resep diatas) atau juga bisa beli instan 
  • 250 gr daging ayam cincang 
  • 150 gr udang cincang 
  • 2-3 sdm tepung sagu 
  • 1 butir putih telur 
  • 3 siung bawang putih, goreng 
  • 2 siung bawang merah, goreng 
  • 1 sdt merica 
  • 1 sdt garem 
  • 1/2 sdt gula 
  • 1/2 sdt baking powder
BACA JUGA  Aneka Kriteria Jasa Aqiqah di Bandung Terpercaya

Cara membuat : 

  1. Langkah yang pertama siapkan semua bahan-bahannya. 
  2. Kemudian campurkan semua bahan isian ke dalam wadah yang sudah disediakan sampai tercampur merata. 
  3. Jika sudah rata, ambil kulit pangsit dan masukkan isian kurang lebih ½ sampai 1 sendok the. Atau jika hendak disantap bersama keluarga anda juga memasukkan isiannya sebanyak 1 sendok makan. 
  4. Kemudian di setiap sisi kulit pangsit olesi dengan campuran air dan juga tepung untuk merekatkan tiap sisinya. 
  5. Dan pastikan tidak ada yang bocor. Lalu panaskan minyak goreng dan goreng dalam minyak panas dengan menggunakan api sedang sampai berwarna kecoklatan. 
  6. Dan pangsit pun siap untuk disantap dengan berbagai maam hidangan seperti mie, bakso dan lain-lain. 

3. Cara Membuat Kerupuk Pangsit Bakso Ekonomis 

cara membuat kerupuk pangsit bakso

Bahan-bahan : 

  • Kulit pangsit siap pakai 
  • Minyak goreng 

Cara membuat : 

  1. Langkah yang pertama potong-potong kulit pangsit seuai yang diinginkan kemudian pisahkan tiap lembar nya. 
  2. Panaskan minyak goreng dan setelah itu masukkan potongan kulit pangist. 
  3. Goreng kulit pangsit dengan menggunakan api kecil sampai berwarna kuning keemasan kemudian angkat dan tiriskan. 
  4. Dan keripik kulit pangsit pun siap untuk disantap seabagai cemilan ataupun dijadikan pendamping menu lainnya. 

Bagaimana? Mudah bukan? 

Nah itu tadi pembahsan kita pada artikel kali ini yaitu resep cara membuat kerupuk pangsit bakso yang semoga bisa menjadi inspirasi bagi anda yang mungkin hendak membuka usaha jualan bakso. 

Di atas juga sudah saya paparkan sedikit mengenai pengertian pangsit dan juga sejarahnya yang mungkin belum anda tahu. Terimakasih sudah membaca artikel ini.