Cara Membuat Briket Arang Sekam

Di artikel kali ini akan saya jelaskan cara membuat briket arang sekam dan potensi peluang usaha menjalankan usaha ini. Briket arang sekam menjadi salah satu bahan bakar masa depan yang dimana bahan bakar ini dapat ditemukan di sekitar kita dan lebih ramah lingkungan.

Peluang Usaha Briket Arang Sekam

Briket merupakan bahan bakar alternatif yang digunakan dalam proses memasak, terutama saat memanggang makanan. Briket dapat dibuat dari batok kelapa, kayu, atau sekam padi. Tempurung kelapa sangat cocok sebagai bahan pembuatan briket karena mudah diperoleh dan tempurung kelapa sering kurang dimanfaatkan.

Proses pembuatan briket arang tempurung kelapa sangat sederhana, apalagi jika anda menggunakan mesin briket arang kelapa akan lebih mudah untuk mengolah tempurung kelapa menjadi briket.

Briket arang kelapa menghasilkan lebih banyak panas daripada briket arang, dan briket arang kelapa juga lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan asap.

Anda dapat memilih briket arang kelapa sebagai bisnis Anda karena Anda menjalankan bisnis briket ini yang dapat Anda jalankan di rumah dan bahan bakunya tidak sulit ditemukan. Bahan sudah tersedia alat – alat untuk membuat briket dari batok kelapa.

Modal yang dibutuhkan dalam memulai bisnis briket arang kelapa tidak terlalu besar, sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk lekas memulai bisnis briket arang kelapa. Berawal dari niat dan semangat pantang menyerah menjadikan ini suatu keharusan bagi para pengusaha.

Toko briket arang kelapa tidak memakan banyak tempat, tapi setidaknya siapkan sedikit ruang yang lebih longgar karena ada kemungkinan jika Anda menggunakan mesin pembuat briket.

BACA JUGA  Pakan Kambing Fermentasi Kering

Saat menjual atau mendistribusikan briket arang tempurung kelapa, Anda dapat menggunakan media online atau memasarkannya di daerah Anda. Dengan menggunakan Internet, Anda dapat menjangkau konsumen yang lebih luas karena Internet sekarang digunakan oleh banyak orang.

Potensi pasar briket arang tempurung kelapa sangat besar terutama di pasar luar negeri seperti Eropa dan Asia Timur, di negara-negara tersebut briket sangat banyak digunakan untuk memasak, memanggang dan lain-lain.

Cara Membuat Briket Arang Sekam dengan Mesin

cara membuat briket arang sekam

Untuk membuat briket arang, beberapa hal perlu dipersiapkan, antara lain bahan baku, peralatan dan proses mesin, serta ilmu atau teknologi pembuatan briket arang.

Bahan:

  • Arang sekam
  • pati
  • air

Ada beberapa metode pembuatan arang, antara lain pirolisis dan pembakaran melalui drum tertutup. Bedanya, proses pirolisis menghasilkan asap cair, sedangkan drum pembakaran tertutup asapnya dikeluarkan.

Alat dan mesin:
Untuk membuat briket dapat dilakukan secara manual atau otomatis, untuk mempermudah proses produksi, mesin otomatis menjadi pilihan yang umum. Alat dan mesin, antara lain.

  • Mesin pemindah arang
  • Mesin Penyusutan Arang
  • Alat / Mesin Arang Apung / Diskmill
  • Mesin engaduk adonan
  • Mesin Pengurang Adonan Arang
  • Alat pencetak briket
  • Oven briket
  • Mesin pemotong briket

Kunjungi juga:  Rumah Mesin

Proses Pembuatab Briket Arang dengan Mesin

1. Pengarangan
Tempurung kelapa dibuat dari arang dengan cara dimasak manual melalui tong kemudian (dibakar) dan ditutup sampai ada sedikit ventilasi di dalam tong arang. atau melalui proses pirolisis, dimana casing dimasukkan ke dalam tangki pirolisis dalam keadaan tertutup, kemudian asap tersebut dikondensasikan menjadi asap cair.

BACA JUGA  Pentingnya Digital Marketing Agency Untuk Suatu Bisnis

2. Pengayakan arang
Proses ini sangat penting, arang yang diperoleh harus diayak terlebih dahulu untuk menghilangkan debu. Banyak debu pada arang mengurangi nilai kalor briket

3. Meremukkan arang
Proses ini merupakan salah satu cara untuk mengecilkan ukuran arang agar proses pembuatan tepung menjadi lebih mudah

4. Penepungan
Arang, yang dibuat dengan pembakaran manual atau pirolisis, kemudian ditaburi dengan disk mill

5. Campuran media
Tepung tempurung kelapa yang sudah disaring kemudian dicampur dengan lem kanji. Ditambahkan tepung batok kelapa sebanyak 2,5% pada saat pencampuran dengan lem kanji.

6. Pengulenan adonan
Proses menguleni adonan arang adalah untuk melumatkan bahan sehingga menghasilkan kualitas cetakan yang lembut, halus, dan sempurna.

7. Mencetak briket arang
Setelah bahan tercampur rata, kemudian dimasukkan ke dalam panci briket lalu di oven dan dikeringkan. Ini adalah bagian dari mesin press briket

8. Memotong arang briket
Briket yang sudah dibentuk kemudian dipotong-potong sesuai kebutuhan

9. Penganinan
Proses ventilasi hasil cetakan briket bekerja sedemikian rupa sehingga kekuatan briket sempurna dan tidak mudah pecah.

10. Oven
Proses ini berfungsi untuk mengeringkan briket dan mengurangi kadar asap briket.

Jadi itu tadi artikel tentang cara membuat briket arang sekam dan sedikit ulasan peluang usaha briket ini. Semoga artikel ini dapat berguna buat kamu yang ingin membuka usaha briket ini, tertarik buat mencobanya?