Cara Ampuh Atasi Asam Lambung Naik yang Wajib Anda Ketahui

Ada berbagai cara ampuh atasi asam lambung naik yang perlu kalian ketahui, terutama jika kalian menderita penyakit GERD. Jika tidak segera diobati atau ditangani, penyakit yang sering ditandai dengan gejala mual, muntah, dan nyeri ulu hati ini dapat mengganggu aktivitas bahkan kualitas hidup penderitanya.

Peningkatan asam lambung bisa muncul kapan saja, namun lebih sering terjadi saat malam hari. Terutama bila pada saat makan malam yang mendekati waktu tidur. Karena pada saat tidur posisi berbaring, asam lambung lebih mudah naik ke kerongkongan.

Cara Ampuh Mengatasi Asam Lambung Naik

cara ampuh atasi asam lambung naik

Pertolongan pertama saat asam lambung naik dilakukan dengan mengatasi asam lambung yang naik adalah dengan menghindari faktor pemicunya. Hindari mengonsumsi minuman yang berkafein serta makanan pedas, asam, serta berlemak. Hal ini bisa memicu naiknya asam lambung secara meningkat.

Selain menghindari faktor pemicu, gejala akibat asam lambung naik juga bisa diatasi dengan beberapa cara, yaitu:

1. Longgarkan Celana yang Digunakan

Cara ampuh atasi asam lambung naik adalah dengan melonggarkan celana yang sedang digunakan. Apabila mengalami masalah asam lambung saat menggunakan celana ketat, kalian dapat melonggarkan celana atau membuka kancing celana yang dikenakan. Tindakan ini dilakukan untuk mengurangi tekanan pada lambung, sehingga keluhan asam lambung yang meningkat bisa sedikit mereda.

2. Tegakkan Posisi Tubuh

Bila keluhan asam lambung naik terja di saat kalian sedang berbaring, maka segeralah lakukan berdiri atau duduk dengan posisi tegak. Posisi tubuh yang tegak dapat mengurangi tekanan pada katup antara kerongkongan dan lambung, sehingga meredakan gejala penyakit asam lambung.

BACA JUGA  Cara Jualan Frozen Food Untuk Pemula

3. Meninggikan Posisi Kepala saat Tidur

Asam Lambung akan sering dirasakan saat malam hari ketika tidur. Oleh karena itu, ketika merasa keluhan saat ingin tidur, tidurlah dengan posisi kepala lebih tinggi dari badan. Posisi ini dipercaya bisa meredakan keluhan asam lambung meningkat.

4. Berbaring Menghadap Kiri saat Asam Lambung Naik

Selain meninggikan posisi pada saat tidur kalian juga dapat melakukan posisi tidur dengan menghadap ke arah kiri. Tidur dengan posisi menghadap ke samping diduga dapat mengurangi keluhan akibat asam lambung yang meningkat.

5. Mengonsumsi Minuman untuk Asam Lambung

Cara ampuh atasi asam lambung naik selanjutnya, adalah dengan cara konsumsi minumam untuk asam lambung. Kalian dapat mencegah dan mengobatinya dengan cara minum nutriflakes.

Beberapa minuman yang dapat meredakan asam lambung, sebgai berikut:

1. Air Putih

Air putih merupakah salah satu minuman yang dapat meredakan asam lambung. Minuman ini dapat meningkatkan kesehatan pencernaan sehingga mengonsumsinya juga dapat meringankan gejala penyakit asam lambung.

2. Jahe

Jahe diketahui bisa digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi asam lambung yang naik. Hal ini dikarenakan jahe memiliki sifat anti inflamasi, sehingga mengonsumsinya dapat mengurangi gejala naiknya asam lambung.

Bahkan, jahe juga bisa digunakan untuk meredakan sakit perut dan gangguan pencernaan lainnya, seperti diare. Kalian bisa mengonsumsi air rebusan jahe secukupnya, disarankan untuk tidak mengonsumsinya melebihi 8 gelas sehari.

3. Air Kelapa

Air kelapa mengandung kalium yang dipercaya mampu membantu menurunkan asam lambung karena menetralkan pH atau tingkat keasaman. Kalian bisa mendapatkan manfaat air kelapa untuk asam lambung secara maksimal, pastikan kalian mengonsumsinya tanpa tambahan gula atau pemanis buatan.

BACA JUGA  Konsep Usaha Mie Ayam Online yang Simple

6. Mengonsumsi Buah dan Sayur saat Asam Lambung Naik

Meski tidak bisa menyembuhkannya, namun mengonsumsi sayur dan buah bisa meringankan gejala penyakit asam lambung. Namun, tidak semua jenis sayur dan buah baik dikonsumsi penderita GERD.

Sayuran yang dianjurkan dikonsumsi oleh penderita penyakit asam lambung adalah kembang kol, brokoli, kentang, bayam, kangkung, asparagus, dan mentimun. Sedangkan untuk buah-buahan, pilihlah buah-buahan yang tidak memiliki rasa asam seperti pisang, pepaya, semangka, melon, dan alpukat.

7. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet juga dianggap dapat membantu meredakan keluhan karena naiknya asam lambung. Aktivitas mengunyah permen karet diduga dapat merangsang produksi air liur yang membantu mengencerkan dan membersihkan asam lambung di kerongkongan, membantu meredakan gejala asam lambung.

8. Mengonsumsi Obat Asam Lambung

Jika berbagai cara sederhana di atas telah dilakukan dan tidak efektif untuk mengatasi gejala asam lambung naik, kalian bisa mengonsumsi obat asam lambung, seperti antasida. Obat jenis ini mampu menetralkan asam lambung. Antasida tergolong obat yang dijual bebas, namun kalian harus mengonsumsinya sesuai aturan yang tertera pada kemasan atau sesuai dengan anjuran dokter.