Bumbu Kecap Daging Kambing

Bumbu kecap daging kambing. Cara membuat sate kambing ini bisa dibilang masih lebih mudah daripada membuat sate ayam yang umumnya menggunakan bumbu kacang. Resep sate kambing bumbu kecap ini hanya menggunakan bahan dasar kecap manis saja. Rasa daging kambingnya yang khas membuat daging kambing sudah memiliki rasa gurih yang alami, jadi meskipun hanya menggunakan bumbu-bumbu dasar saja, sate kambing ini sudah terasa lezat dan nikmat.

Untuk membuat sate kambing dengan kematangan yang pas memang gampang-gampang susah, apalagi kalau Anda tidak cermat saat melakukan pembakaran, seringkali yang terjadi adalah bagian luar satenya gosong sebelum bagian dalamnya matang.

Tips cara membuat bumbu kecap daging kambing ini juga sangat mudah untuk diikuti, bahkan bagi Anda yang biasanya tidak hobi masak sekalipun. Jadi pas sekali bagi yang mempunyai stok daging kambing segar di rumah dan ingin membuat resep sate kambing bumbu kecap ini.

 

Tips Membuat Sate Kambing Yang Empuk

1.Menggunakan Tepung Kanji

Salah satu cara agar sate kambing terasa empuk adalah dengan menggunakan tepung kanji. Caranya setelah daging kambing ditusuk-tusuk, lumuri dengan tepung kanji. Biarkan beberapa saat, lalu digoyangkan agar tepung kanjinya hilang. Dengan cara ini maka daging kambingnya akan terasa lebih empuk.

2. Menggunakan Daun Pepaya

Selain tepung kanji, daun pepaya juga cukup efektif untuk bisa membuat daging kambing menjadi empuk. Caranya daging kambing yang masih utuh dan belum ditusuk, bungkus dengan daun pepaya selama kurang lebih 20-30 menit. Kalau sudah, cuci bersih daging kambing tersebut.

3. Menggunakan Air Kelapa

Salah satu cara untuk bisa menghilankan bau prengus atau bau amis dari daging kambing ini adalah dengan menggunakan air kelapa. Dengan merendam daging kambing dalam air kelapa, maka daging akan menjadi empuk dan bau prengusnya akan berkurang

4. Menggunakan Nanas

Kupaslah buah nanas, kemudian diparut. Campur parutan nanas itu dengan daging kambing dengan cara melumurinya. Tapi jangan terlalu lama, karena daging kambingnya malah menjadi hancur.

 

Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing

  1. Sebelum dimasak, daging kambing disiram dengan tetesan air jeruk nipis secara merata. Kalau tidak ada jeruk nipis, bisa menggunakan daun jeruk limau.
  2. Selain air jeruk nipis, bisa juga dengan menggunakan daun jambu klutuk. Caranya daun jambu klutuk itu ditumbuk, kemudian lumuri pada daging kambing sebelum dimasak.
  3. Seringkali kita mencuci daging kambing sebelum dimasak dengan maksud untuk menghilangkan bau prengusnya, padahal sebetulnya tidak akan berpengaruh. Justru sebaiknya Anda langsung mengolah daging kambing yang baru disembelih tanpa mencucinya terlebih dahulu. Bau amis atau prengus itu akan berkurang dengan sendirinya kalau dimasak dengan benar (sampai meresap, tanak, dan cukup waktu).
BACA JUGA  Cara Menanam Rumput Gajah

 

Cara Memotong Daging Kambing Untuk Sate

Sebelum memulai membuat sate kambing, ada baiknya Anda perlu memperhatikan beberapa tips memotong daging untuk sate. Kalau dilihat sekilas memotong daging memang terlihat sangat mudah, tapi kalau salah memotongnya, justru akan membuat hasil olahan daging itu sendiri menjadi alot atau keras, apalagi untuk olahan sate.

Berikut cara memotong daging untuk sate:

  • Potong daging memanjang searah dengan seratnya.
  • Potong dadu berlawanan dengan arah serat
  • Tusukkan potongan dadu dengan arah serat secara horizontal, supaya daging tidak mudah lepas dari tusuk sate

 

Resep Sate Bumbu Kecap Daging Sapi

bumbu kecap daging kambing

Bahan-bahan

  • 500 gr daging kambing
  • 10 siung bawang putih
  • 1 sdm ketumbar
  • 10 butir kemiri
  • 250 gr gula merah
  • 2 sdt garam
  • 4 butir bawang merah
  • Kecap
  • Cabai (sesuai selera)

 

Cara Membuat Sate Bumbu Kecap Daging Kecap

  1. Langkah pertama adalah memotong daging kambingnya berbentuk dadu. Perhatikan cara memotong dagingnya sesuai dengan yang sudah kami beri tipsnya diatas supaya sate kambing yang dihasilkan mempunyai tekstur yang empuk dan enak.
  2. Haluskan bumbu-bumbu yang diperlukan seperti bawang putih, ketumbar, kemiri, gula merah, dan garam.
  3. Kemudian rendam daging kambing dengan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan tadi.
  4. Tusuk daging kambing dengan menggunakan tusuk dari bambu, Anda juga bisa membuat tusuk sate sendiri dengan menggunakan mesin tusuk sate. Satu hal yang harus diperhatikan adalah dalam setiap tusukan usahakan jangan terlalu rapat karena akan mempengaruhi proses pembakaran.
  5. Bakar sate kambing sampai matang dengan sesekali diolesi kecap manis, tapi jangan terlalu banyak karena akan membuat dagingnya menjadi cepat gosong.
  6. Supaya tambah sedap, Anda bisa mengiris cabai dan bawang merah tipis-tipis lalu campur dengan kecap manis.
  7. Sajikan sate kambing dengan bumbu kecap tersebut.
BACA JUGA  Jenis dan Bahan Stiker yang Digunakan Stiker Decal dengan Cutting Sticker

 

Tips Mengolah Daging

Daging kambing merupakan salah satu sumber bahan olahan daging yang paling populer di Indonesia setelah daging sapi dan ayam. Rasa dan teksturnya yang khas membuat banyak orang yang menyukainya. Namun ada satu hal yang menyulitkan dalam mengolah daging kambing ini yang mana jika pengolahannya tidak cukup baik, justru membuat rasa daging kambing yang telah diolah menjadi masakan menjadi apek dan berbau tidak sedap.

Untuk mengatasi hal ini, maka ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Berikut adalah beberapa tips dan cara mengolah daging kambing supaya tidak bau apek yang bisa Anda lakukan:

Gunakan Bumbu Kari

Rebuslah daging kambing dan bumbu kari dengan perbandingan 1 kilogram daging kambing : 10 gram bubuk kari. Banyaknya bumbu kari yang dicampurkan kedalam rebusan daging kambing disesuaikan dengan banyaknya jumlah daging kambing.

Gunakan Cuka

Rebuslah 1 liter air bersama dengan daging kambing dan cuka dengan perbandingan 1 kg : 50 gram. Biarkan air hingga panas dan mendidih lalu angkat daging kambing dan tiriskan airnya untuk kemudian diolah sesuai selera.

Gunakan Jeruk Nipis

Cara ini mungkin yang paling banyak digunakan orang. Caranya adalah dengan menyiramkan potongan daging kambing dengan air perasan jeruk nipis sebelum dibuat menjadi masakan. Jika memang Anda tidak memiliki jeruk nipis, Anda juga bisa menggantinya dengan jeruk limau.

Gunakan Daun Jambu Biji

Untuk menghilangkan bau apek pada daging kambing, Anda juga bisa menggunakan daun jambu biji. Caranya adalah dengan meremas daun jambu biji bersama dengan potongan daging kambing yang akan diolah.