Cara Ternak Sapi Simental Agar Cepat Gemuk

Cara ternak sapi simental РCara ternak sapi Simmental ini sudah banyak diterapkan di masyarakat. Namun kebanyakan sapi persilangan. Simmental adalah sapi persilangan Simmental. Nah kali ini Nonaternak akan membahas cara beternak sapi Simmental khusus untuk pembibitan dan penggemukan.

Beternak sapi itu mudah lho! Jangan biarkan diri Anda diremehkan tentang berbagai cara untuk mengembangkan bisnis daging sapi Anda. Salah satu ternak yang menjanjikan adalah sapi Simmental.

Cara beternak sapi Simmental tidak jauh berbeda dengan jenis sapi lainnya. Sapi simmental sebenarnya memiliki beberapa nama.

Di Australia sapi ini disebut Fleckvieh, di Prancis disebut Pie Rouge dan di Indonesia disebut Simmental atau sapi logam. Sekarang, mari kita telusuri semua informasi tentang sapi Simmental ini.

Cara Ternak Sapi Simental

Di Indonesia jenis ini sudah populer dan dikembangkan oleh banyak peternak, jenis ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan sapi lokal Indonesia. Sapi Simmental jantan dan betina dewasa harus memiliki ukuran yang berbeda.

Tentunya sapi simental ni, membutuhkan mesin pencacah agar lebh gampang dibuat pangan hewan ternak. Untuk mencacah rumput buat pangan ini Anda bisa menggunakan mesin pencacah rumut, mesin ini sangat mudah untuk digunakan dan dipakai

Ada sapi yang targetnya bisa mencapai 1.150 kg, sedangkan betina mencapai 800 kg untuk sapi Simmental dewasa. Ini adalah ulasan lengkap yang harus Anda lihat!

1. Pemilihan Bibit Sapi Simental

Jika menginginkan sapi Simmental yang baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain kondisi tubuh sapi, serviceability, dll yang erat kaitannya dengan kesehatan sapi Simmental tersebut.

BACA JUGA  Kelebihan video perusahaan profil

Sedangkan calon betina memperhatikan masalah kesehatan keturunannya, kemiringan vulva tidak terlalu ke atas, terdapat 4 puting susu, bentuk ambing sapi relatif besar dengan bentuk yang simetris.

Pemilihan sapi potong harus sangat hati-hati dan diperhatikan karena tidak semua sapi Simmental dapat berkembang dengan baik saat digemukkan dari segi bobot badan.

Pada masa pasca Idul Adha di Indonesia, pemilihan bibit sapi sering dilakukan agar Idul Adha tahun berikutnya layak dijual untuk keperluan tersebut.

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam memilih sapi simmental adalah memilih umur ternak sekitar 2-3 tahun, umur 2 ditandai dengan jumlah gigi geraham maksimal 4.

2. Kandang Sapi Simental

Jika ingin membuat lumbung Simmental, ada persyaratan kandang tertentu yang harus dipenuhi. Tujuannya agar dapat mencapai keberhasilan dalam produksi ternak dari segi kenyamanan kandang.

Kandang sapi simmental membutuhkan kandang yang tidak jauh berbeda dengan ternak lainnya yaitu bahan pembuatan kandang terbuat dari kayu atau bambu yang kokoh dan tahan lama. Letak atau posisi lumbung Simmental yang digunakan harus lebih tinggi dari tanah sekitarnya.

Saluran udara (ventilasi) dan drainase di dalam dan di luar kandang juga harus ditopang dan diisi. Adapun ukuran kandang sapi Simmental adalah sebagai berikut:

  • Untuk betina dewasa berukuran 1,5 x 2 meter
  • Untuk pejantan dewasa berukuran 1,8 x 2 meter per ekor
  • Untuk pedet atau pedet ukurannya 1,5 x 2 meter/ekor.

3. Pakan Sapi Simental

Pakan ternak metalik atau simmental dapat berupa suplemen vitamin, mineral dan urea. Sedangkan makanan utamanya berupa pakan ternak atau rumput, kacang-kacangan atau limbah pertanian, konsentrat, bekatul, beras dan ampas tahu.

BACA JUGA  7 Universitas Keguruan Terbaik di Indonesia

Jumlah pakan sapi Simmental per hari adalah sebagai berikut:

  • Jenis pohon 35-47 kg, cocok untuk ukuran dan bobot hidup sapi Simmental.
  • Untuk pakan konsentrat 2 sampai 5 kg per hari.
  • Jika perlu pakan tambahan dapat digunakan dengan jumlah 30-50kg/hari.

4. Cara Ternak Sapi Simental

Cara perawatan sapi simmental atau sapi logam pada dasarnya sama dengan teknik sapi lokal di Indonesia pada umumnya. Namun untuk mencapai kualitas atau hasil yang baik tentunya perlu memperhatikan beberapa hal mengenai pengelolaan ternak yang baik.

Anda juga perlu bersabar untuk merawat dan memberikan pakan yang bernutrisi baik untuk sapi. Tujuannya agar sapi dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan daging yang berkualitas. Cara penggemukan sapi Simmental ini memerlukan pertimbangan yang matang.

Agar lebih praktis dan lebih baik dalam pencacahan untuk pakan ternak sapi simental ini, Anda harus mempunyai mesin pencacah rumput yang ini. Nah, itulah cara ternak sapi simental yang perlu anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.