Bingung Mau Pilih Souvenir Pernikahan? Berikut Tipsnya

Banyak pengantin yang memandang souvenir pernikahan itu yang perlu ada sebagai tanda Anda dan pasangan langsungkan acara pesta pernikahan. Anggaran kadang jadi masalah untuk beberapa calon pasangan pengantin sesaat gagasan ‘yang penting ada’ akan membuat Anda bingung untuk pilih cenderamata pernikahan apa yang akan Anda beri untuk beberapa tamu undangan. Cenderamata pernikahan tidak cuma ‘sekedar ada dan diberikan’ tetapi jadi tanda terima kasih yang bisa Anda beri ke beberapa tamu yang telah tiba ke acara pesta pernikahan Anda berdua.

Terkecuali Anda memiliki anggaran yang tidak terbatas untuk acara pesta pernikahan Anda, anggaran cenderamata jadi hal khusus yang penting dipikir. Mengapa? Sebab Anda tentu saja perlu mencukupkan cenderamata yang Anda pesan dalam jumlah tamu yang Anda undang. Kekurangan cenderamata ketika beberapa tamu akan tinggalkan tempat hajatan tidak memberi kesan-kesan yang pas dari acara pesta pernikahan Anda tentu saja.

Bingung pilih apa? Tentu. Tetapi coba panduan dari Kotakhantaran.id di bawah ini.

Tentukan Anggaran

Dari awalnya saat Anda membuat anggaran acara pesta pernikahan Anda, janganlah lupa untuk tentukan berapakah kurang lebih anggaran cenderamata pernikahan Anda. Mengapa? Bila Anda terlupa, karena itu secara psikis Anda memikir harus keluarkan dana kembali untuk beli cenderamata. Ini jadikan Anda lebih bingung saat menentukan dan berasa ‘udah dech yang perlu ada’ hingga jadi berkesan asal. Dari anggaran yang telah Anda tetapkan semenjak awalnya, Anda dan pasangan bisa pilih cenderamata yang akan diberi. Tak perlu mahal sebab cenderamata yang mahal tidak jamin menarik atau tidaknya barang itu.

Segi Manfaatnya

Kadang cenderamata pernikahan itu menjadi pajangan atau dipakai untuk setiap hari. Kemungkinan Anda juga pernah mendapatkan cenderamata pernikahan rekan sepekerjaan berbentuk gelas mug. Memiliki bentuk simpel, harga tidak demikian mahal, tetapi Anda bisa memakainya untuk minum kopi atau teh setiap hari. Segi manfaat sebuah cenderamata terkadang menjadi nilai lebih dari kekhasan atau harga dari cenderamata tersebut.

Watak Tamu Undangan

Mengapa watak tamu bisa tentukan cenderamata apa yang dapat Anda membeli? Bila kebanyakkan dari tamu yang diundang ialah rekan seumuran Anda, karena itu cenderamata yang berpenampilan muda dapat Anda tentukan. Tetapi, bila tamunya berawal dari bermacam angkatan, pilih cenderamata dengan segi manfaatnya yang khususnya. Jadi watak tamu undangan juga dapat menolong Anda untuk pilih cenderamata pernikahan yang akan diberi.

Sudah pasti Anda pun perlu pikirkan saat pesan cenderamata dan batas waktu sang supplier menyiapkan cenderamata yang Anda pesan. Saat yang bagus sekurang-kurangnya tiga bulan saat sebelum hari-H, Anda harusnya tentukan cenderamata apa yang akan Anda pesan.

Meskipun banyak opini yang berbicara jika cenderamata pernikahan itu tidak diwajibkan dalam hajatan, tetapi ini menjadi adat di mana tiap tamu akan pulang dengan cenderamata pernikahan. Apa saja yang Anda tentukan untuk diberi, beberapa tamu Anda pasti menerimanya dengan suka hati. Tetapi, janganlah sampai Anda kekurangan cenderamata dan beberapa tamu pulang dengan tangan kosong. Sebab memberikan cenderamata ialah tanda terima kasih Anda untuk mereka.