Tips Menanam Biji Jambu Mete

Makanan yang kaya vitamin C adalah buah-buahan. Salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin C yaitu buah jambu mete. Kandungan vitamin C dalam kacang mete dikatakan lebih tinggi dibandingkan dengan buah jeruk. Cara menanam biji jambu mete juga sangatlah mudah. Kali ini saya akan memperkenalkan cara menanam bibit jambu mete.

Apakah Anda akrab dengan kacang mete? Nama lain jambu mete adalah jambu monyet. Jambu jenis ini ditandai dengan biji pada buahnya yang membengkak di bagian luar buah yang menggantung. Dari biji tersebut, kita dapat melihat bahwa bahan biji tersebut merupakan utama dalam pembuatan kacang mete,Untuk mengupas mete anda dapat menggunakan Alat pengupas mete

Di daerah pedesaan , jambu mete ini sering digunakan hanya sebagai rujak. Bahkan kacang mete harganya sangat tinggi. Ini adalah kesempatan bagus untuk menanam jambu mete di kebun Anda. Tanaman ini juga bisa digunakan untuk sebagai tanaman peneduh. Jika Anda ingin tahu cara menanam biji jambu mete, silakan simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Jambu Mete

Jambu mete atau biasa disebut oleh masyarakat sebagai jambu monyet (Anacardium occidentale).Jambu ini adalah spesies tumbuhan dalam keluarga Anacardiaceae, yang berasal dari negara Brazil, yang juga memiliki “buah” yang dapat dimakan. Dari kacang mete, kacang mete, kacang mete, atau kacang mete lebih dikenal; Bijinya biasanya dikeringkan dan dipanggang untuk membuat berbagai makanan ringan.Untuk mengolah mete anda dapat menggunakan alat pengupas mete

BACA JUGA  Cara Usaha Pinang Kering Beginilah Caranya!

Secara botani, tumbuhan ini tidak berkerabat dengan jambu biji (Myrtaceae) atau kacang-kacangan (Fabaceae), tetapi bahkan lebih berkerabat dekat dengan mangga (batang Annacardiaceae).

Cara Menanam Biji Jambu Mete

cara menanam biji jambu mete

1.Persiapan Menanam Biji Jambu Mete

Bibit jambu biji ini bisa langsung ditanam atau disimpan maksimal 7-12 bulan, tergantung varietas dan lokasi penyimpanan. Misalnya, benih yang disimpan dalam karung goni dapat berkecambah dengan baik bahkan setelah lebih dari 6 bulan penyimpanan.

Sebelum disemai ke media tanam, biji jambu biji harus disortir sesuai petunjuk di atas. Tujuannya adalah untuk memilih benih yang memiliki benih yang masih hidup dan berkualitas baik serta untuk memisahkan benih yang mati.

2.Persemaian Biji

Siapkan pot atau polybag. Siapkan substrat pembibitan dengan perbandingan tanah 2:1 dengan pupuk kandang/kompos. Setelah pembawa tercampur dengan baik, masukkan ke dalam polybag atau pot sampai mengisi seluruh volume.

Kemudian tanam biji jambu biji, satu biji cukup di setiap pot. Kemudian taburkan pestisida, seperti furadan, di bagian depan pot atau polybag untuk mencegah semut atau rayap menyerang. polybag yang pembesaran ini kemudian diletakkan di tempat yang teduh di dekat sumber air untuk kemudahan dalam perawatan.

BACA JUGA  Pentingnya Wearpack Karyawan yang Nyaman

3.Perawatan Benih

Selama masa perkecambahan awal, biji jambu biji selalu membutuhkan perawatan yang tepat untuk mendukung pertumbuhannya. Anda perlu menyirami benih tanaman dua kali sehari untuk menjaga lingkungan tumbuh tetap lembab.

Buang rumput yang tumbuh di kantong plastik agar tidak mempengaruhi pertumbuhan tanaman jambu mete. Anda juga diharuskan melakukan pemupukan sebulan sekali agar kesuburan media tanam tetap terjaga dengan baik. Bibit jambu biji dapat dipindahkan ke lapangan setelah 5-6 bulan.

4.Penanaman Biji

Waktu terbaik untuk menanam jambu mete adalah pada awal musim hujan, yaitu pada bulan November hingga Desember. Jarak tanam yang ideal adalah antara 5 x 5 m dan 8 x 8 m. Pemindahan tanaman sebaiknya dilakukan pada pagi hari sebelum jam 9 pagi.

Pastikan bahwa sistem akar tanaman tidak rusak parah selama transplantasi. Untuk mengurangi penguapan, Anda juga bisa memotong bagian daun tanaman. Setelah bibit bulu monyet berhasil ditanam, tutupi area di sekitar pangkal batang dengan mulsa untuk mempertahankan kelembapan.