Intip Cara Kerja dari Trafo Transformator

Sebuah trafo transformator merupakan alat yang penting dalam sebuah rangkaian distribusi listrik untuk pemenuhan kebutuhan energi umum. Alat ini cukup mudah dikenali karena memiliki bentuk yang khas berupa tabung atau kotak yang terpasang pada bagian tertentu dalam sebuah rangkaian distribusi listrik dari PLN. Bagaimana sebuah trafo bekerja dan menjadi bermanfaat dalam pemenuhan kebutuhan listrik publik? Berikut ini jawabannya.

Mengenal Isi Bagian Trafo

Sebuah trafo transformator memiliki beberapa bagian utama yang bisa dengan mudah dikenali dan bekerja sebagai elemen utama peralatan tersebut. Bagian – bagian tersebut adalah :

  • Kumparan Primer atau Np yang menjadi titik masuknya tegangan dari rangkaian luar.
  • Kumparan Sekunder atau Ns yang menjadi titik keluar tegangan menuju rangkaian keluar
  • Inti Magnetik yang terbuat dari lapisan plat dinamo dengan susunan yang berlapis.
BACA JUGA  Jenis Energi Baru Terbarukan di Indonesia

Ketiga elemen trafo transformator tersebut bekerja bersama – sama menghasilkan efek menaikkan atau menurunkan tegangan listrik dalam proses distribusi listrik.

Cara Kerja Trafo Transformator

Fungsi trafo transformator bisa diperoleh ketika elemen – elemen tersebut bekerja menurunkan atau menaikkan tegangan listrik ketika ada aliran listrik arus AC masuk ke bagian kumparan primer. Masuknya aliran listrik tersebut menimbulkan medan magnet yang kekuatannya dipengaruhi oleh besar arus listrik yang mengalir. Semakin besar arus listrik yang mengalir maka kekuatan medan magnet yang terjadi juga akan semakin kuat.

Terjadinya fluktuasi medan magnet yang muncul akibat aliran listrik AC ini akan menghasilkan induksi Gaya Gerak Listrik atau GGL yang terjadi pada bagian kumparan sekunder. Efek yang muncul dari proses ini adalah pelimpahan daya listrik yang berasal dari kumparan primer menuju kumparan sekunder. Ketebalan atau jumlah kumparan trafo yang berbeda akan menghasilkan efek naik atau turunnya tegangan ketika terjadi pelimpahan daya listrik dari kumparan primer ke kumparan sekunder pada sebuah trafo.

BACA JUGA  Kapal Penumpang Penyebrangan

Hal inilah yang kemudian menghasilkan fungsi sebuah trafo untuk menaikkan atau menurunkan tegangan listrik dalam sebuah rangkaian distribusi listrik. Sebuah trafo transformator  dalam rangkaian distribusi listrik kemudian memiliki fungsi sebagai bagian rangkaian kontrol, pengatur frekuensi dan distribusi serta transmisi listrik.