Masalah Pendidikan di Indonesia Yang Belum Tertangani

Pendidikan menjadi faktor penting untuk kemajuan bangsa dan negara, terlebih untuk memberantas kemiskinan dan pengangguran yang semakin merajalela. Beberapa tahun belakangan, menurut informasi tentang pendidikan di indonesia kondisi pendidikan Indonesia memang tengah berkembang dengan berbagai sistem baru yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan Indonesia. Lalu apa masalah pendidikan di Indonesia saat ini yang belum tertangani?

Beberapa Masalah Pendidikan di Indonesia

  1. Kualitas tenaga pendidik rendah dan terbatas

Memang bagi sekolah-sekolah yang ada di kota, permasalahan ini tidak begitu disadari, namun bagi daerah terpencil tentu menjadi hal yang patut dipertanyakan. Jumlah guru dan tenaga pendidik di wilayah pelosok sangat minim sekali, sehingga terjadi kesenjangan kualitas lulusan peserta didik.

Selain itu, adanya guru honorer dengan gaji yang tidak wajar menjadi minat lulusan keguruan semakin menurun. Bahkan banyak dari mereka yang lebih memilih untuk bekerja di luar bidang pendidikan. Hal inilah yang perlu menjadi perhatian pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan jumlah tenaga pendidik yang berkompeten.

  1. Rendahnya mutu pendidikan
BACA JUGA  5 Rekomendasi Kursus Digital Marketing Online Gratis

Contoh masalah pendidikan di Indonesia yakni kualitas pendidikan itu sendiri yang terbilang cukup rendah. Hal ini terlihat jelas dengan banyaknya sarjana yang menganggur dan bahkan bingung untuk mencari pekerjaan sesuai kompetensinya. Masalah ini juga berkaitan dengan dunia pendidikan yang tidak sesuai dengan dunia kerja atau lapangan pekerjaan yang dibutuhkan.

Belajar memang sebuah kewajiban, namun seiring dengan banyaknya faktor, kini belajar bergeser menjadi ajang untuk mencari pangkat, gengsi, dan mendapatkan gelar. Perlunya mindset yang kuat dan niat untuk selalu menghargai proses menjadi hal yang wajib ditanamkan dalam benak setiap pelajar maupun mahasiswa.

  1. Kekerasan dalam dunia pendidikan

Miris memang mendengar bahwa dalam lingkungan terpelajar masih saja terjadi tindak kekerasan. Apalagi adanya kekerasan dalam dunia pendidikan, yang berawal dari kekerasan fisik, psikis, hingga seksual. Pemerintah dan pihak berkepentingan perlu mencari solusi masalah pendidikan di Indonesia, khususnya dalam kekerasan dalam dunia pendidikan.

BACA JUGA  Kalimat Kompleks Parataktik dan Hipotaktik

Itulah beberapa permasalahan pendidikan di Indonesia yang belum tertangani, untuk informasi tentang pendidikan di Indonesia lainnya bisa Anda akses pada laman https://depoedu.com/ dengan penyajian lengkap dan akurat.