Cara Menggoreng Tempe Mendoan Agar Tidak Benyek Berminyak

Tempe mendoan terkadang cara memasaknya dinilai tricky karena jika salah teknik dapat membuat olahan menjadi sangat lembek. Maka dalam artikel ini akan mengulas cara menggoreng tempe mendoan yang baik dan benar.

Tips Memilih Minyak Goreng

cara menggoreng tempe mendoan

Untuk dapat menggoreng tempe mendoan dengan baik, kita harus menggunakan minyak goreng yang berkualitas pula. Ini ulasannya!

1. Komposisi

Gunakan minyak goreng dengan komposisi yang baik. Bacalah dengan seksama pada label yang terdapat pada kemasannya. Hindari minyak goreng dengan kadar lemak yang tinggi. Salah satu jenis komposisi yang harus Anda hindari adalah minyak jenuh dan hydrogenated oil.

2. Warna

Warna minyak goreng yang jernih dan bening menandakan minyak layak untuk digunakan. Pastikan untuk memilih minyak goreng dengan ciri warna tersebut. Jangan menggunakan minyak goreng curah yang terlihat keruh.

3. Aroma

Aroma khas yang dimiliki minyak goreng menunjukkan minyak goreng tersebut layak konsumsi. Hal ini dikarenakan minyak goreng yang tidak layak biasanya memiliki aroma apek yang tak sedap. Jika minyak tersebut dikonsumsi, risiko gangguan kesehatan dapat meningkat.

4. Tidak Mudah Beku

Minyak yang mengandung banyak lemak jenuh biasanya dapat dengan mudah mengendap dan beku. Dengan hal ini, maka pilihah minyak goreng yang tidak mudah beku.

5. Menyerupai Air

Pilihlah minyak goreng yang tidak lekat. Minyak goreng yang menyerupai air tidak akan terlalu banyak terserap oleh makanan, sehingga makanan yang dihasilkan lebih sehat.

Cara Menggoreng Tempe Mendoan yang Tepat

Agar tidak terlalu lembek dan terasa berminyak atau greasy, tempe mendoan perlu digoreng menggunakan teknik tertentu. Tempe mendoan yang digoreng setengah matang ini sering kali meninggalkan sensasi tidak nyaman dimulut karena kesalahan teknik menggoreng.

BACA JUGA  Resep Nugget Ayam Lezat Yang Bikin Ketagihan

Tempe mendoan yang baik adalah yang memiliki kematangan pas dan tidak terlalu lembek. Luarnya sedikit garing dengan dalamnya yang masih setengah matang merupakan bentuk tempe mendoan yang perfect. Berikut ini 3 tips yang dapat Anda adaptasi untuk menggoreng tempe mendoan dengan hasil yang memuaskan.

1. Gunakan Minyak yang Banyak

Kunci utama dalam menggoreng tempe mendoan adalah dengan menggunakan minyak yang ‘agung’ atau banyak. Pengunaan minyak dengan jumlah ini biasanya disebut sebagai teknik deep frying. Teknik deep frying menjadikan waktu menggoreng lebih singkat, sehingga dapat mengehemat waktu. Teknik ini biasanya digunakan untuk membuat makanan memiliki tekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Tentu saja teknik ini sangat cocok untuk memasak tempe mendoan. Anda harus memastikan tempe mendoan terendam selama proses menggoreng ini untuk hasil yang bagus.

2. Gunakan Suhu Sedang Hingga Tinggi

Dengan menggunakan minyak bersuhu rendah, tempe mendoan akan lebih banyak menyerap minyak, sehingga hasil produk pun akan sangat greasy. Sehingga gunakan minyak panas bersuhu tinggi.

3. Balik Sekali Saja

Balik tempe sekali saja. Pastikan permukaan tempe garing kemudian balik untuk menggoreng permukaan satunya. Hal ini digunakan untuk mengurangi terjadinya penyerapan minyak berlebih. Serta, hal ini digunakan untuk menjaga tekstur dalam tempe mendoan agar tetap lembut dan tidak terlalu garing.

BACA JUGA  Cara Menjalankan Usaha Keripik Tempe, Keuntungan Maksimal

Baca juga : Mesin Perajang Keripik Tempe

Cara Membuat Tempe Mendoancara menggoreng tempe mendoan wajan

Setelah mengetahui cara menggoreng tempe mendoan yang baik, mari kita mengulas cara membuat tempe mendoan sebagi berikut.

Bahan – bahan :

  • 1 papan tempe
  • 4 sendok makan tepung beras
  • 2 gelas tepung terigu
  • 2 sendok makan tepung tapioka
  • 2 batang daun bawang
  • 300 ml air
  • minyak secukupnya

Bahan bumbu halus :

  • 8 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 2 sendok teh ketumbar
  • garam secukupnya

Cara membuat :

  1. Iris tempe secara tipis dengan bentuk sesuai selera.
  2. Kemudian sisihkan sembari membuat adonan bumbu.
  3. Ulek halus seluruh bahan bumbu halus yang ada, jika sudah cukup halus kemudian sisihkan.
  4. Masukkan bumbu halus ke dalam wadah.
  5. Tambahkan tepung beras, tapioka, dan terigu bersamaan dengan daun bawang yang diiris menyerong, kemudian masukkan air secukupnya.
  6. Aduk adonan pelapis hingga merata.
  7. Celupkan irisan tempe ke adonan, balur hingga menutupi seluruh bagian tempe.
  8. Goreng dengan menggunakan tips cara menggoreng tempe mendoan di atas.
  9. Angkat tempe mendoan kemudian disajikan.

Kesimpulan

Untuk mendapatkan hasil tempe mendoan yang sempurna gunakan cara menggoreng tempe mendoan yang baik dan benar pula. Gunakan minyak berkualitas tinggi juga untuk menjaga nilai gizi olahan. Sekian dan terima kasih.