Contoh Alat Kesehatan Di Ruang NICU

Kita mengetahui ada beragam ruang yang terdapat di rumah sakit. Khususnya rumah sakit besar yang setingkat dengan rumah sakit milik pemerintah daerah. Diantaranya adalah ruang NICU. Apa itu NICU ? Adalah singkatan dari Neonatal Intensive Care Unit. Yaitu sebuah ruangan yang dikhususkan untuk perawatan intensive pasien Neonat (bayi baru lahir).

Peralatan Medis di Ruang NICU Rumah Sakit

Sepertihalnya ruang Rumah Sakit lainnya, ruang NICU tentu dilengkapi dengan berbagai macam kebutuhan peralatan kesehatan yang tidak sedikit. Khususnya untuk perawatan bayi (Neonatal) ada alat – alat tersendiri yang harus dipenuhi. Berikut ini diantaranya :

# Inkubator Bayi

Diantara sekian banyak kelahiran yang terjadi di rumah sakit, tidak menutup kemungkinan ada kasus – kasus kelahiran prematur. Apa itu kelahiran prematur ? Yaitu bayi lahir sebelum usia kelahiran normalnya. Bayi – bayi prematur dengan kondisi fisik yang lemah serta kesehatan yang belum stabil akan direkomendasikan untuk dirawat di dalam inkubator bayi. Untuk itulah Inkubator Bayi Prematur jadi satu alat yang harus ada di ruang NICU rumah sakit dan klinik.

# Lampu Fototerapi

Masih terkait dengan bayi prematur, ada juga bayi dengan kasus penyakit – penyakit tertentu seperti hyperbilirubinemia atau sering disebut dengan bayi kuning. Hal ini karena bayi prematur dengan usia yang sangat muda. Organ hati (liver) belum bisa berfungsi sempurna untuk memecahkan bilirubin. Dalam hal ini dibutuhkan alat terapi berupa lampu fototerapi.

# Neopuff

Selain itu, ada juga alat khusus yang digunakan untuk membantu pernafasan bayi. Alat ini sering disebut dengan istilah Neopuff atau Babypuff. Fungsi alat ini adalah untuk membantu proses pernafasan bayi dengan gangguan pernafasan yang cukup berat yang berasal dari belum sepurnanya organ paru – parunya.

# Baby Monitor

Kalau di Ruang ICU terdapat alat monitoring parameter kesehatan yang disebut pasien monitor. Di ruang NICU juga terdapat monitor yang fungsinya sama, hanya saja spesifikasinya disesuaikan untuk pasien bayi (Neonatal). Alat ini dapat memantau kesehatan fisik bayi seperti tekanan darah, detak jantung, ekg, dan kadar oksigen dalam darahnya.

Nah itulah sekilas informasi tentang beberapa macam alat medis yang terdapat di ruang NICU sebuah rumah sakit. Selain itu, tentunya ada banyak sekali alat – alat medis lainnya yang digunakan untuk perawatan pasien bayi seperti Ventilator, Infant Warmer dan lain sebagainya.