3 Faedah Green Tea untuk Rambut yang Lebih Sehat

Sebagai salah satunya teh yang bermanfaat untuk kesehatan badan, faedah teh hijau rupanya dapat dipakai untuk rambut Anda. Apa manfaat yang ditawari oleh teh yang ditenarkan dari negara Tiongkok ini?

3 Faedah Green Tea untuk Rambut yang Lebih Sehat

Faedah Green Tea untuk rambut

Teh hijau sebagai dari hasil olahan daun teh yang berasal tanaman Camellia sinensis. Dikenali untuk sumber anti-oksidan polifenol yang kuat, teh hijau kerap dipakai dalam produk perawatan rambut karena dipandang cukup bermanfaat.

Inilah beberapa faedah yang dijajakan teh hijau untuk kesehatan rambut Anda.

1. Menolong menahan kerontokan rambut

Salah satunya faedah teh hijau untuk rambut ialah menolong menahan kerontokan rambut. Kerontokan rambut ialah keadaan yang sempat dirasakan oleh semuanya orang. Biasanya, keadaan ini disebabkan karena banyak hal, seperti depresi, diet, atau peralihan hormon.

Kandungan teh hijau yang kaya katekin rupanya menolong tekan pembangunan hormon dihidrotestosteron. Hormon androgen yang umumnya berkadar yang lumayan tinggi pada pria ini dikenal sebagai pemicu kerontokan rambut.

Oleh karenanya, katekin yang terdapat di dalam teh hijau bisa menolong menahan kerontokan rambut dengan tekan produksi hormon androgen pada tubuh Anda.

Walau begitu, riset lebih tehnis berkenaan dampak teh hijau untuk menangani permasalahan kerontokan masih perlu dilaksanakan. Khususnya berkenaan jumlah dan waktu penggunaannya.

BACA JUGA  Cara Kerja Termometer Digital

2. Memberikan dukungan perkembangan rambut

Rupanya, selainnya menahan kerontokan, teh hijau dapat memberikan dukungan perkembangan rambut Anda. Menurut sebuah riset dari jurnal Phytomedicine, elemen khusus polifenol pada teh hijau, yaitu epigallocatechin-3-gallate (EGCG), dipandang bisa percepat rambut tumbuh.

Ini karena EGCG berperanan sebagai penyebab perkembangan rambut dengan menggairahkan folikel rambut dan menahan kerusakan di kulit dan sel rambut.

Karenanya, penemuan ini jadi salah satunya factor kenapa teh hijau kerap dipakai pada produk perawatan rambut, terutamanya untuk menangani kerontokan.

Namun, perlu ditegaskan kembali apa dampak teh yang memiliki kandungan anti mikroba ini dapat digunakan untuk orang yang alami kerontokan rambut karena hormon.

3. Menolong penuhi gizi rambut

Selainnya menangani kerontokan dengan percepat perkembangan rambut, rupanya faedah teh hijau untuk rambut yang lain ialah penuhi gizi rambut.

EGCG yang terdapat di dalam teh hijau menghalangi kegiatan hormon yang menjadi satu diantara pemicu kerontokan rambut. Disamping itu, teh hijau menolong memperlancar saluran darah yang percepat perkembangan rambut.

Penemuan ini ditunjukkan oleh beberapa periset dari University of Witten-Herdecke. Mereka mengutarakan jika kandungan polifenol pada minuman teh hijau tingkatkan saluran darah di kulit dan pendistribusian oksigen ke otak sejumlah 29%.

BACA JUGA  Cara Membuat Jamu Temulawak Agar Tidak Pahit | Anti Gagal

Manfaat itu benar-benar punya pengaruh pada perkembangan rambut karena oksigen dan gizi yang dikirimkan ke kulit bisa menggairahkan folikel rambut. Dengan minum teh hijau, keperluan gizi kulit kepala Anda jadi tercukupi dan rambut menjadi lebih sehat.

Panduan mengoptimalkan faedah teh hijau untuk rambut
Bagaimanakah cara memanfaaatkan teh bermanfaat ini untuk rambut? Inilah beberapa triknya memakai teh hijau untuk rambut Anda:

Keramas dengan shampo dan conditioner konsentrat teh hijau

Salah satunya langkah mengoptimalkan faedah teh hijau untuk rambut ialah pilih shampo dan conditioner yang memiliki kandungan konsentrat daun itu.

Janganlah lupa untuk memoleskan shampo dan conditioner teh hijau sampai akar rambut Anda dan gosok dengan perlahan-lahan. Bila memakai conditioner atau masker teh hijau, diamkan sepanjang 3-10 menit sesuai perintah produk perawatan.