Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Saat Menggunakan Absensi Online Gratis

Lupa password atau sandi saat akan login adalah salah satu hal yang sering dialami. Sudah berkali-kali mencoba mengingat tapi tak kunjung berhasil login. Lalu, bagaimana cara mengatasi lupa kata sandi saat menggunakan absensi online gratis seperti Appsensi?

Langkah-langkah saat Forgot Password

Forgot Password atau lupa sandi adalah salah satu hal yang sangat menjengkelkan. Apalagi jika posisinya sedang urgent dan butuh segera untuk login Appsensi agar bisa segera absen. Tak perlu panik, Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pilih dan klik Forgot Password pada menu Sign In
  • Masukkan alamat email yang telah didaftarkan
  • Buka email untuk menerima reset password
  • Klik link yang tertera pada email
  • Masukkan kata sandi baru
  • Klik Save
  • Sistem akan menampilkan “you can now sign on with your new password” jika berhasil mengganti kata sandi lama dengan kata sandi baru

Meskipun cara ini sangat mudah dilakukan, namun alangkah baiknya jika Anda mengantisipasi kejadian lupa password dengan mencatat di buku catatan atau note di smartphone. Sehingga ketika lupa dengan kata sandi saat akan login, Anda langsung bisa membuka catatan tersebut.

Masalah yang Sering Terjadi Saat Mengganti Password

Tak jarang beberapa pengguna mungkin tidak bisa menemukan email untuk link reset password yang baru. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena bisa jadi email tersebut tidak masuk ke folder utama inbox email. Ada kemungkinan email berakhir di spam atau junk mail.

Selain kemungkinan tersebut, teliti kembali alamat email yang telah dituliskan. Bisa jadi Anda salah dalam menulis alamat email sehingga sistem tidak bisa mengirim link pada email yang telah ditulis. Jika Anda juga tidak bisa mengingat alamat email yang digunakan, coba ubah dengan alamat email baru.

Proses mengubah alamat email pada Appsensi dapat dilakukan melalui aplikasi mobile maupun situs website. Caranya cukup dengan memilih menu Account, lalu klik Edit, dan pilih email address. Selanjutnya Anda bisa mengisinya dengan alamat email yang baru.

Hal-hal tersebut mungkin akan sering dialami jika tidak memiliki back up data saat mendaftarkan akun di absensi online gratis Appsensi. Namun, semua bisa teratasi dengan mudah melalui cara-cara tersebut di atas.